Pelatihan Manajemen Media Sosial bagi Wirausaha Muda untuk Mendukung UMKM Lokal di Jawa Timur

Penulis

  • Dias Satria Ekonomi dan Perbankan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Aqshal Haikal Antasyah Akbar Ekonomi dan Perbankan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Amabel Nabila Ekonomi dan Perbankan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Rurin Kurniasari Ekonomi dan Perbankan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.169

Kata Kunci:

Digitalisasi, Media Sosial, Teknologi

Abstrak

Indonesia termasuk dalam pasar ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, akan tetapi masih terdapat berberapa tantangan digitalisasi yang dihadapi oleh Indonesia khususnya yang berkaitan dengan tingkat literasi dan/atau skills yang dimiliki oleh SDM Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pendampingan dan pelatihan bagi wirausaha muda dalam pemanfaatan dan manajemen teknologi digital khususnya yang berkaitan dengan pemasaran, serta meningkatkan kompetensi digital khususnya manajemen sosial media dikalangan wirausaha muda yang ada di Jawa Timur. Pelatihan dengan metode pemaparan materi baik terkait dengan design, fotografi, video, dan lain sebagainya sampai dengan praktek dan pendampingan langsung oleh para pemateri. Hasil dari pelatihan ini adalah meningkatnya kompetensi digital di kalangan wirausaha muda di Jawa Timur dapat semakin berkembang dan memiliki daya saing yang baik khususnya dalam segi manajemen dan pemanfaatan sosial media.

Referensi

Falahat, M., Ramayah, T., Soto-Acosta, P., & Lee, Y.-Y. (2020). SMEs internationalization: The role of product innovation, market intelligence, pricing and marketing communication capabilities as drivers of SMEs’ international performance. Technological Forecasting and Social Change, 152, 119908. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.119908

Isensee, C., Teuteberg, F., Griese, K.-M., & Topi, C. (2020). The relationship between organizational culture, sustainability, and digitalization in SMEs: A systematic review. Journal of Cleaner Production, 275, 122944. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.122944

Matarazzo, M., Penco, L., Profumo, G., & Quaglia, R. (2021). Digital transformation and customer value creation in Made in Italy SMEs: A dynamic capabilities perspective. Journal of Business Research, 123, 642–656. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.10.033

Nafisah, S., Anggraeni, A. D., & Pentury, H. J. (2022). PKM Pemberdayaan Perempuan Melalui Peningkatan Keterampilan Literasi Digital dan Entreprenurship. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(3), 408–415.

Sambiono, I. A. F. D., Shiddiqi, F., & Ukamah, S. (2021). Transaksi E-Commerce Sebagai Pertahanan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Islam. Jurnal Imtiyaz, 5(02).

Setyaningsih, R., & Utama, S. N. (2022). PENDAMPINGAN LITERASI DIGITAL UNTUK PENGEMBANGAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT DESA BITING. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12), 3265–3278.

Yuwana, S. I. P. (2020). Coronanomics: Strategi revitalisasi umkm menggunakan teknologi digital di tengah pandemi covid-19. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(1), 47–59.

Diterbitkan

28-10-2023

Cara Mengutip

Satria, D., Akbar, A. H. A. ., Nabila, A. ., & Kurniasari, R. . (2023). Pelatihan Manajemen Media Sosial bagi Wirausaha Muda untuk Mendukung UMKM Lokal di Jawa Timur. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 523–532. https://doi.org/10.54082/jippm.169