Peningkatan Kompetensi Digital Pelaku UMKM melalui Seminar dan Workshop: Pengalaman di Kelurahan Belian, Kepulauan Riau

Penulis

  • Humaira Humaira Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Padang, Indonesia
  • Meri Azmi Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Padang, Indonesia
  • Ronal Hadi Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Padang, Indonesia
  • Taufik Gusman Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Padang, Indonesia
  • Roni Putra Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Padang, Indonesia
  • John Friadi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Batam, Indonesia
  • Nurhatisyah Nurhatisyah Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Batam, Indonesia
  • Diana Titik Windayati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Batam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.652

Kata Kunci:

Digitalisasi, Kompetensi Digital, Media Promosi, UMKM, Workshop

Abstrak

Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menghadapi tantangan rendahnya kompetensi digital dalam memanfaatkan teknologi sebagai alat pemasaran di era digital. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kegiatan Seminar dan Workshop Digitalisasi UMKM dilaksanakan di Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kepulauan Riau. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi digital pelaku UMKM melalui pembekalan teori dan praktik. Metode kegiatan mencakup seminar untuk memberikan pemahaman dasar tentang digital marketing dan workshop untuk melatih keterampilan praktis, seperti desain konten media sosial, pembuatan logo usaha, hingga kreasi lagu promosi. Kegiatan ini melibatkan 50 peserta, yang masing-masing menghasilkan media promosi digital sebagai luaran. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan digital peserta. Selain itu, kegiatan menghasilkan luaran berupa media promosi digital, publikasi ilmiah, dan dokumentasi kegiatan sebagai bentuk penyebaran dampak program. Dampak jangka panjang dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM serta menjadi model pemberdayaan berbasis digital yang dapat direplikasi di wilayah lain.

Referensi

Erfin, Y., Setyanugraha, H., & Hasibuan, A. (2022). Digital literacy and its impact on MSME performance: A case study in Cirebon. Journal of Digital Economy, 9(2), 231-245. https://doi.org/10.1109/JDE.2022.789456

Syukri, M., & Sunrawali, S. (2022). Strategies for improving digital marketing skills in MSMEs. Journal of Business Marketing, 14(3), 119-133. https://doi.org/10.1109/JBM.2022.123456

This format follows APA guidelines for citing journal articles. Adjust the links and details based on the actual sources you have.

Rahmawati, E., & Wulandari, S. (2022). Pengaruh pelatihan digital marketing terhadap kemampuan UMKM dalam meningkatkan daya saing. Jurnal Teknologi dan Manajemen, 15(3), 210-221.

Suhartini, E., & Fitria, R. (2021). Efektivitas pelatihan berbasis teknologi untuk UMKM dalam meningkatkan keterampilan digital. Jurnal Pengembangan UMKM, 9(4), 50-62.

Susilo, B., Tan, K., & Utami, R. (2021). Tren digitalisasi UMKM dan dampaknya terhadap strategi pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 99-108.

Widiastuti, A., & Saputra, H. (2023). Tantangan UMKM dalam menerapkan digitalisasi di era globalisasi. Jurnal Usaha Mikro dan Kecil, 8(2), 115-125.

Diterbitkan

15-12-2024

Cara Mengutip

Humaira, H., Azmi, M., Hadi, R. ., Gusman, T., Putra, R., Friadi, J. ., Nurhatisyah, N., & Windayati, D. T. . (2024). Peningkatan Kompetensi Digital Pelaku UMKM melalui Seminar dan Workshop: Pengalaman di Kelurahan Belian, Kepulauan Riau. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 283–288. https://doi.org/10.54082/jippm.652