Penguatan Kompetensi Pancasila bagi Guru PPKn di MGMP PPKn Kabupaten Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.10Kata Kunci:
Globalisasi, Kompetensi Pancasila, Nilai-Nilai Pancasila, Penguatan PancasilaAbstrak
Globalisasi telah memberikan pengaruh yang luar biasa, salah satunya adalah munculnya degradasi moral dan implementasi nilai-nilai Pancasila yang terjadi pada siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah. Masalah ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru PPKn Kabupaten Sukoharjo dalam mendidik dan membangun moral Pancasila pada diri siswa. Untuk itulah diperlukan penguatan kompetensi Pancasila bagi guru PPKn Kabupaten Sukoharjo sebagai modal penting dalam mengedukasi, mendistribusikan, dan menyemaikan nilai-nilai Pancasila kepada para siswa di sekolahnya masing-masing. Metode pengabdian yang digunakan adalah FGD (Forum Discussion Group) antara guru PPKn yang tergabung dalam MGMP PPKn Kabupaten Sukoharjo dengan Pusat Studi Pengamalan Pancasila UNS. Hasil dari kegiatan ini adalah sebelum guru menuntut siswa bersikap pancasilais, para gurulah yang harus memberikan keteladanan Pancasilais lebih dahulu. Guru PPKn harus memiliki segenap kompetensi Pancasilais baik pedagogik, profesional, maupun sosial. Dalam kata lain, guru PPKn di Sukoharjo harus berlatih secara berkelanjutan untuk pancasilais secara teoritis, sikap maupun tindakan, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Guru adalah garda terdepan yang memiliki posisi strategis dalam mengedukasi dan memberikan keteladanan mengenai nilai-nilai luhur di dalam 5 sila Pancasila. Beberapa sikap pancasilais yang harus terus digembleng pada diri seorang guru PPKn (dan seluruh guru pada umumnya) yaitu taat pada Tuhan, pekerja keras, bertanggung jawab, adil, peduli, memiliki rasa cinta tanah air, dan berkomitmen menjaga persatuan Indonesia.
Referensi
Budisutrisna. 2006. Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu. Jurnal Filsafat Vol. 39, Nomor 1. UGM, Yogyakarta.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021a). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103–115.
Irwan & Monica Tiara. 2021. Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Pada Pembelajaran PPKn Dalam Meningkatkan Ketahanan Pribadi Guru Sekolah Menengah Pertama Remote Area Di Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat. Jurnal Ketahanan Nasional, 27 (3), 398-416. http://dx.doi.org/ 10.22146/jkn.68636
Nur Khosiah. 2020. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas Probolinggo. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6, (1), 84-100
Noor MS. Bakry, 1994, Orientasi Filsafat Pancasila, Liberty, Yogyakarta.
Novita, Muhammad Mona, Dayu Rika, & Eska Prawisudawati. 2021. Kepribadian Guru PPKn Sebagai Role Model Untuk Memperkuat Moral Siswa Dan Penguatan Program Pendidikan Karakter. Seminar Nasional Pendidikan ke-4 FKIP Universitas Lampung Tahun 2021
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Suhadi, 1980, Rafila, Tiga Serangkai, Solo.
Kattsoff Louis O.,. 1996. Element of Philosophy, Alih Bahasa Soejono Soemargono, Pengantar Filsafat, Tiara Wacana, Yogyakarta.
Wahyudi, W. (2017). Peran Kader Bela Negara Di Kawasan Perbatasan Dalam Dinamika Hubungan Lintas Batas Negara: Studi Tentang Peran Forum Bela Negara di Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 7(3), 19–40. https://doi.org/10.33172/jpbh.v7i3.227
Siahaan, Parlaungan Gabriel and Simamora, Roy Martin. 2017. Penguatan Kompetensi Guru Ppkn Terhadap Nilai-Nilai Pancasila Pada Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah. Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oktober 2017 di Medan.
Yulia Nuraeni & Dinie Anggraeni. 2022. Peran Guru Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6 (1), 1432-1439
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Bramastia Bramastia, Leo Agung S, Triyanto Triyanto, H Purwanta, Mibtadin Mibtadin, Dadan Adi Kurniawan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.