Program Edukasi Penyuluhan dan Demonstrasi “Mata Sehat Remaja Hebat” bagi Siswa SMAN 1 Blahbatuh Gianyar untuk Mencegah Kelelahan Mata pada Remaja

Penulis

  • Ni Luh Putu Dewi Puspawati STIKes Wira Medika Bali, Denpasar, Indonesia
  • I Nyoman Asdiwinata STIKes Wira Medika Bali, Denpasar, Indonesia
  • A.A. Istri Dalem Hana Yundari STIKes Wira Medika Bali, Denpasar, Indonesia
  • Ni Luh Nova Dilisca Dwi Putri STIKes Wira Medika Bali, Denpasar, Indonesia
  • Didik Prasetya STIKes Wira Medika Bali, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.8

Kata Kunci:

Kelelahan Mata, Penyuluhan, Remaja

Abstrak

Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan dalam berbagai sector kehidupan manusia termasuk pendidikan. Pembelajaran secara daring mejadi solusi terbaik untuk proses belajar mengajar sekaligus mencegah terjadinya transmisi local COVID-19 di area sekolah. Tatap muka secara daring menggunakan perangkat digital dapat membawa dampak seperti computer vision syndrome atau kelelahan mata yang dapat menganggu proses belajar dan mengajar. Siswa SMAN 1 Blahbatuh Gianyar juga mengikuti pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Pembelajaran ini meningkatkan penggunaaan perangkat digital yang membuat siswa riskan mengalami kelelahan mata. Berkenaan dengan itu maka tim pengabdian masyarakat melakukan edukasi untuk pencegahan kelelahan mata pada siswa SMA. Metode dilakukan dengan ceramah, diskusi dan demonstrasi dengan siswa menggunakan media zoom. Kegiatan diikuti oleh 74 siswa SMAN 1 Blahbatuh. Setelah diberikan penyuluhan sebagian peserta mampu menyebutkan tanda dan gejala kelelahan mata dan cara pencegahannya. Kesimpulannya penyuluhan dengan media online dapat meningkatkan pengetahuan siswa SMA mengenai kelelahan mata dan pencegahannya.

Referensi

Aldukhayel, A., Baqar, S. M., Almeathem, F. K., Alsultan, F. S., & AlHarbi, G. A. (2022). Digital Eye Strain Caused by Online Education Among Children in Qassim Region, Saudi Arabia: A Cross-Sectional Study. Cureus, 14(4), 5–13. https://doi.org/10.7759/cureus.23813

Alghamdi, W. M., & Alrasheed, S. H. (2020). Impact of an educational intervention using the 20/20/20 rule on Computer Vision Syndrome. African Vision and Eye Health, 79(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.4102/aveh. v79i1.554

Anggrainy, P., Lubis, R. R., & Ashar, T. (2020). The effect of trick intervention 20-20-20 on computer vision syndrome incidence in computer workers. Oftalmologicheskii Zhurnal, 1(1), 22–27. https://doi.org/10.31288/oftalmolzh202012227

Dewi, M. A. K., Rahmi, F. L., Saubig, A. N., & Julianti, H. P. (2021). the Effect of “Permata-Ku” Exercises on the Improvement of Computer Vision Syndrome Score. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 10(2), 128–131. https://doi.org/10.14710/dmj.v10i2.29524

Dossari, S. K., AlZahrani, R., Alutaibi, H., Al Shuhayb, B., Alsultan, T., Albenayyan, H. A., & Al Furaikh, B. F. (2022). The Effect of Online Education on Healthy Eyes of Saudi Teachers in the COVID-19 Pandemic: A Local Study. Cureus, 14(5). https://doi.org/10.7759/cureus.24721

Fatoni, Arifiati, N., Nurkhayati, E., Nurdiawati, E., Fidziah, Pamungkas, G., Adha, S., Purwanto, A., Julyanto, O., Azizi, E., & Irawan. (2020). University Students Online Learning System During COVID-19 Pandemic: Advantages, Constraints and Solutions. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(7), 570–576.

Puspawati, N. L. P. D., & Muliawati, N. K. (2022). Kelelahan Mata pada Mahasiswa Keperawatan Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Caring: Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 6(1), 6–14. https://doi.org/https://doi.org/10.36474/caring.v6i1.240

Rahayu, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Demonstrasi Teknik Showing-Doing-Telling Dengan Melipat Menggunakan Media “ KACA .” Audiensi: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 63–71. https://ejournal.uksw.edu/audiensi/article/view/6247/2076

Sabarudin, Mahmudah, R., Ruslin, Aba, L., Nggawu, L. O., Syahbudin, Nirmala, F., Saputri, A. I., & Hasyim, M. S. (2020). Efektivitas Pemberian Edukasi secara Online melalui Media Video dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan Pencegahan COVID-19 di Kota Baubau. Jurnal Farmasi Galenika (Galenika Journal of Pharmacy) (e-Journal), 6(2), 309–318. https://doi.org/10.22487/j24428744.2020.v6.i2.15253

Wati, W. (2021). Hubungan Penggunaan Media Elektronik dengan Keluhan Di Mata Remaja dengan Pembelajaran Online Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Merdeka, 1(1), 108–114.

Widyaningrum, E. A., Sugiyartono, Kumala Sari, P., Tri, E., Lailatun, U., Fauziah, R., & Badiaturisa, M. (2021). Efektivitas Penyuluhan Online Melalui Grup Whatsapp Terhadap Peningkatan Pengetahuan Swamedikasi Yang Aman Di Masa Pandemi. In F. R. Nurkhalim (Ed.), Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat IIK Bhakti Wiyata Kediri“Sinergitas Perguruan Tinggi Dan Masyarakat Menghasilkan Lingkungan Sehat Dan Tangguh” (pp. 54–62). IIK BW Press. https://prosidingonline.iik.ac.id/index.php/senias/article/view/200

Diterbitkan

23-08-2022

Cara Mengutip

Puspawati, N. L. P. D., Asdiwinata, I. N. ., Yundari, A. I. D. H., Putri, N. L. N. D. D. ., & Prasetya, D. (2022). Program Edukasi Penyuluhan dan Demonstrasi “Mata Sehat Remaja Hebat” bagi Siswa SMAN 1 Blahbatuh Gianyar untuk Mencegah Kelelahan Mata pada Remaja. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.54082/jippm.8