Sosialisasi Bidang Sains dan Teknik untuk Santri Pondok Daarul Ahsan Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.791Kata Kunci:
Sosialisasi, Sains, TeknikAbstrak
Pondok pesantren Daarul Ahsan adalah salah satu pondok pesantren di Indonesia yang terletak di kabupaten Tangerang, Banten. Pondok pesantren ini mengadopsi sekolah formalitas berbasis agama. Namun pada dasarnya santri dan santriwati di pondok pesantren Daarul Ahsan lebih banyak diajarkan tentang ilmu agama. Melihat dari perkembangan zaman yang terus berubah bidang sains dan teknik menjadi salah satu peminatan yang semakin banyak dibutuhkan pada dunia kerja. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mendukung integrasi pendidikan sains dan teknik dengan kurikulum pesantren di Pondok Pesantren Daarul Ahsan. Melalui metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan ceramah, praktik, dan survei lapangan, tim pengabdi memberikan pelatihan tentang bidang sains dan teknik, termasuk pengenalan jurusan teknik, gambaran dunia kerja, serta seminar kecerdasan buatan. Data dikumpulkan melalui kuesioner Pretest-Post-test berbasis Google Form untuk mengukur peningkatan pemahaman santri. Integrasi ini tidak hanya memperkuat kompetensi ilmiah santri tetapi juga kemampuan mereka menghubungkan sains dengan nilai-nilai agama, membentuk sikap kritis dan terbuka. Kegiatan ini menjadi model inovatif bagi pesantren dalam menjawab tantangan era globalisasi.
Referensi
Achmad, M. (2021). INTEGRASI SAINS DAN AGAMA : Peluang dan Tantangan bagi Universitas Islam Indonesia. 2(1), 50–68.
Edi Kuswanto, Parjono Parjono, K. A. ari. (2021). Integrated Strategic System; Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerdi Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19,. 1, 1–10.
Hajita, M. (2024). Paradigma Integrasi Agama Dan Sains Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 265–289. https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.6614
Haris, M. A. (2023). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Pesantren Di Era Society 5.0 (Peluang Dan Tantangannya Di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 49–64. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3616
Hendri Hermawan Adinugraha, Ema Hidayanti, and A. R. (2018). Fenomena Integrasi Ilmu Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. 1, 1–24. https://www.researchgate.net/publication/331041387_Fenomena_Integrasi_Ilmu_di_Perguruan_Tinggi_Keagamaan_Islam_Negeri_Analisis_Terhadap_Konsep_Unity_of_Sciences_di_UIN_Walisongo_Semarang
Irawan, I., Aripin, J., & Priatna, T. (2023). Pengelolaan Sains dan Teknologi di Pesantren. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 378–386. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.3293
Johan, B., Husnah, F. M., Puteri, A. D., Hartami, H., Rahmah, A. A., & Adnin, A. R. J. (2024). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam dalam Konteks Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 13. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.758
Khotimah, N., & Muslimah, M. (2023). Globalisasi dan Implikasinya bagi Inovasi Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 328–340. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.700
Marzuki, M., Santoso, B., & Ghofur, M. A. (2021). Penguatan Peran Pesantren untuk Membangun Pertahanan Umat Islam Indonesia di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3(November), 269–278. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.154
Muid, A., Arifin, B., & Karim, A. (2024). DIGITAL (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islah Bungah Gresik). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 512–530. https://doi.org/10.34001/an.v6i2.228.
Mujahidin. (2021). Pondok Pesantren, Lembaga Pendidikan, Dakwah 31. SYIAR; Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 31–44. https://media.neliti.com/media/publications/359395-peran-pondok-pesantren-sebagai-lembaga-p-d0acc8b4.pdf
Putri, F. R. (2020). Integrasi Ilmu Pengetahuan (Sains) dan Ilmu Agama Islam. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 11(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/wa.v6i1.4848
Rosyidin, M. A., Pendidikan, P., & Islam, A. (2021). Pesantren sebagai tempat berkembangnya ajaran agama Islam memiliki peran penting sebagai pusat peradaban Islam di masa lampau . Dari pesantren lahir cendikiawan- cendikiawan muslim , tokoh pejuang kemerdekaan , berbagai seni , tokoh pembaruan. 4(1), 53–73.
Tual, A. K., Maluku, P., Rahantan, A., Notanubun, J., Ngamel, Y. A., & Mosse, J. (2025). Pelatihan Metode Penelitian Survei di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ( STIT ). 5(3), 755–762.
Wicaksono, D. S. (2021). PERANAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGHADAPI GENERASI ALPA DAN TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN ERA SOCIETY 5.0. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Milawati Lusiana, Djejen Nahrowi, Dede Brahma Arianto, Nur Kharismawati Utami

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.