Sosialisasi Bidang Sains dan Teknik untuk Santri Pondok Daarul Ahsan Tangerang

Penulis

  • Milawati Lusiani Ilmu Keperawatan, Universitas Faletehan, Indonesia
  • Djejen Nahrowi Teknik Elektro, Universitas Faletehan, Indonesia
  • Dede Brahma Arianto Informatika, Universitas Faletehan, Indonesia
  • Nur Kharismawati Utami Arsitektur, Universitas Faletehan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.791

Kata Kunci:

Sosialisasi, Sains, Teknik

Abstrak

Pondok pesantren Daarul Ahsan adalah salah satu pondok pesantren di Indonesia yang terletak di kabupaten Tangerang, Banten. Pondok pesantren ini mengadopsi sekolah formalitas berbasis agama. Namun pada dasarnya santri dan santriwati di pondok pesantren Daarul Ahsan lebih banyak diajarkan tentang ilmu agama. Melihat dari perkembangan zaman yang terus berubah bidang sains dan teknik menjadi salah satu peminatan yang semakin banyak dibutuhkan pada dunia kerja. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mendukung integrasi pendidikan sains dan teknik dengan kurikulum pesantren di Pondok Pesantren Daarul Ahsan. Melalui metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan ceramah, praktik, dan survei lapangan, tim pengabdi memberikan pelatihan tentang bidang sains dan teknik, termasuk pengenalan jurusan teknik, gambaran dunia kerja, serta seminar kecerdasan buatan. Data dikumpulkan melalui kuesioner Pretest-Post-test berbasis Google Form untuk mengukur peningkatan pemahaman santri. Integrasi ini tidak hanya memperkuat kompetensi ilmiah santri tetapi juga kemampuan mereka menghubungkan sains dengan nilai-nilai agama, membentuk sikap kritis dan terbuka. Kegiatan ini menjadi model inovatif bagi pesantren dalam menjawab tantangan era globalisasi.

Referensi

Achmad, M. (2021). INTEGRASI SAINS DAN AGAMA : Peluang dan Tantangan bagi Universitas Islam Indonesia. 2(1), 50–68.

Edi Kuswanto, Parjono Parjono, K. A. ari. (2021). Integrated Strategic System; Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerdi Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19,. 1, 1–10.

Hajita, M. (2024). Paradigma Integrasi Agama Dan Sains Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 265–289. https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.6614

Haris, M. A. (2023). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Pesantren Di Era Society 5.0 (Peluang Dan Tantangannya Di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 49–64. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3616

Hendri Hermawan Adinugraha, Ema Hidayanti, and A. R. (2018). Fenomena Integrasi Ilmu Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. 1, 1–24. https://www.researchgate.net/publication/331041387_Fenomena_Integrasi_Ilmu_di_Perguruan_Tinggi_Keagamaan_Islam_Negeri_Analisis_Terhadap_Konsep_Unity_of_Sciences_di_UIN_Walisongo_Semarang

Irawan, I., Aripin, J., & Priatna, T. (2023). Pengelolaan Sains dan Teknologi di Pesantren. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 378–386. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.3293

Johan, B., Husnah, F. M., Puteri, A. D., Hartami, H., Rahmah, A. A., & Adnin, A. R. J. (2024). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam dalam Konteks Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 13. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.758

Khotimah, N., & Muslimah, M. (2023). Globalisasi dan Implikasinya bagi Inovasi Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 328–340. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.700

Marzuki, M., Santoso, B., & Ghofur, M. A. (2021). Penguatan Peran Pesantren untuk Membangun Pertahanan Umat Islam Indonesia di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3(November), 269–278. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.154

Muid, A., Arifin, B., & Karim, A. (2024). DIGITAL (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islah Bungah Gresik). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 512–530. https://doi.org/10.34001/an.v6i2.228.

Mujahidin. (2021). Pondok Pesantren, Lembaga Pendidikan, Dakwah 31. SYIAR; Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 31–44. https://media.neliti.com/media/publications/359395-peran-pondok-pesantren-sebagai-lembaga-p-d0acc8b4.pdf

Putri, F. R. (2020). Integrasi Ilmu Pengetahuan (Sains) dan Ilmu Agama Islam. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 11(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/wa.v6i1.4848

Rosyidin, M. A., Pendidikan, P., & Islam, A. (2021). Pesantren sebagai tempat berkembangnya ajaran agama Islam memiliki peran penting sebagai pusat peradaban Islam di masa lampau . Dari pesantren lahir cendikiawan- cendikiawan muslim , tokoh pejuang kemerdekaan , berbagai seni , tokoh pembaruan. 4(1), 53–73.

Tual, A. K., Maluku, P., Rahantan, A., Notanubun, J., Ngamel, Y. A., & Mosse, J. (2025). Pelatihan Metode Penelitian Survei di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ( STIT ). 5(3), 755–762.

Wicaksono, D. S. (2021). PERANAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGHADAPI GENERASI ALPA DAN TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN ERA SOCIETY 5.0. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.

Diterbitkan

28-06-2025

Cara Mengutip

Lusiani, M., Nahrowi, D., Arianto, D. B., & Utami, N. K. (2025). Sosialisasi Bidang Sains dan Teknik untuk Santri Pondok Daarul Ahsan Tangerang. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 139–146. https://doi.org/10.54082/jippm.791