Pelatihan Kewirausahaan Digital melalui Workshop bagi Remaja Yayasan Rumah Harapan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Penulis

  • Aprilia Puspasari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Irwan Raharja Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Popon Rabia Adawia Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Asep Dony Suhendra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.777

Kata Kunci:

Dunia Digital, Kewirausahaan, Pelatihan

Abstrak

Dunia kewirausahaan melalui tehnologi digital mulai berkembang dengan pesat. Hal ini membuka peluang khususnya bagi remaja didalam memulai bisnis tanpa terikat batasan geografis maupun modal. Fenomenanya masih banyak remaja yang belum memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam bidang tehnologi digital untuk pengembangan usahanya. Hal ini disebabkan kurangnya akses dan informasi mengenai pelatihan kewirausahaan digital dan terdapatnya keterbatasan infrastruktur teknologi. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pemahaman mengenai kewirausahaan dan tehnologi digital, serta membekali remaja dengan keterampilan praktis dalam menjalankan bisnis berbasis teknologi. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan metode pelatihan secara tatap muka. Materi pelatihan disampaikan secara langsung kepada para remaja yang terdapat di Yayasan Rumah Harapan, Bekasi, Jawa Barat dengan mengggunakan slide presentasi. Adapun materi yang disampaikan meliputi pembuatan website toko online, pemasaran produk melalui media social dan pengelolaan bisnis digital secara efektif. Program ini juga mencakup pemberian wawasan tentang manajemen bisnis, pengelolaan keuangan dan strategi branding. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini dapat meningkatkan kemampuan remaja dalam dunia digital, memperoleh kemandirian ekonomi, dan memperluas wawasan kewirausahaan. Kegiatan ini memberikan dampak positif, tidak hanya untuk pengembangan keterampilan usaha, tetapi juga untuk meningkatkan motivasi dan percaya diri dalam menghadapi tantangan dunia digital.

Referensi

A. Lamading, H. (2022). Membangun Mindset Entrepreneurship Di Era Digital Pada Masyarakat Labuan. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(12), 2761–2766. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i12.428

Aini, N., Amanah, D. M. N., & Putri, N. K. (2023). Pengembangan Kewirausahaan Digital di Indonesia. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 243–252. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i2.3264

Diana, Y., Rahayu, S., & Zannah, A. (2023). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Terhadap Peningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Kelambir Lima. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.14534

Munarsih, M., Rachmawan, A., Konefi, F., Sudita, S., & Dunia, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Jiwa Enterpreneurship dimasa Pandemic Pada PAC Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pagedangan Tangerang Banten. Dedikasi Pkm, 3(2), 255. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20194

Nofrianda, R., & Periantalo, J. (2025). Efektivitas Pelatihan Personal Branding dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Tenaga Kependidikan. 5(5). https://doi.org/10.17977/um065.v5.i5.2025.7

Putra, I. U., Yustanti, N. V., Handayani, S., Hanila, S., & Prawitasari, A. (2024). Pelatihan Kewirausahaan Di Era Digital : Inovasi Dan Peluang Ekonomi Untuk Generasi Muda Di Sman 1 Kota Bengkulu. Jurnal Semarak Mengabdi, 3(2), 33–40. https://doi.org/10.56135/jsm.v3i2.165

Riscal, D. A., & Sahbany, S. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(2), 335–346. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i2.1169

Siregar, L. D., Diah, Y. M., Shahidan, A. N., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Sriwijaya, U. (2025). Pelatihan Kewirausahaan Digital Bagi Wirausaha Binaan. 6(April), 73–82.

Suhardoyo, Elyana, I., Puspita, R., & Candrasari, A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial dalam Menunjang Kemandirian Remaja Panti Sosial Asuhan Anak ( PSAA ) Putra Setia. WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER, 4(3), 61–68.

Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917–1928. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494

Zahra, S., Andini, Z. R., Putri, L. S., & Keling, M. (2024). Menggali Potensi Kewirausahaan di Era Digital : Tantangan dan Peluang. Maeswara: Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 54–63.

Diterbitkan

28-06-2025

Cara Mengutip

Puspasari, A., Raharja, I., Adawia, P. R., & Suhendra, A. D. (2025). Pelatihan Kewirausahaan Digital melalui Workshop bagi Remaja Yayasan Rumah Harapan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.54082/jippm.777