Strategi Digital Marketing dan Edukasi Gizi untuk Daya Saing Wirausaha Mahasiswa di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.974Kata Kunci:
Branding, Digital Marketing, Edukasi Gizi, KewirausahaanAbstrak
Transformasi digital telah membawa perubahan besar dalam dunia kewirausahaan, terutama di sektor kesehatan dan gaya hidup yang menuntut integrasi teknologi dan nilai gizi. Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Surabaya, khususnya dari Jurusan Gizi dan Teknologi Elektromedis, memiliki potensi besar dalam mengembangkan usaha inovatif berbasis edukasi gizi dan digital marketing. Namun, rendahnya literasi gizi dan keterbatasan kompetensi pemasaran digital menjadi tantangan dalam meningkatkan daya saing produk mahasiswa. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) skema Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam branding produk berbasis nilai gizi serta penguasaan strategi pemasaran digital untuk memperluas jangkauan pasar. Program ini berlangsung selama tiga bulan melalui tiga tahap: survei kebutuhan, pelatihan dengan praktisi gizi RSUD Dr. Soetomo dan konsultan digital marketing, serta pendampingan praktik promosi digital (SEO, content creation, dan marketplace optimization). Hasil menunjukkan peningkatan kompetensi mahasiswa pada tiga aspek utama: pemahaman pelabelan gizi, kemampuan pembuatan konten kreatif, dan jangkauan promosi digital dengan kenaikan rata-rata 20% pengikut media sosial. Kesimpulannya, pelatihan dan pendampingan digital marketing berbasis edukasi gizi terbukti efektif meningkatkan kemampuan branding serta daya saing wirausaha mahasiswa di era ekonomi digital.
Referensi
Alford, P., & Page, S. J. (2015). Marketing technology for adoption by small business. Service Industries Journal, 35(11–12), 655–669. https://doi.org/10.1080/02642069.2015.1062884
Budi, B., & Fensi, F. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.30813/jpk.v2i1.1128
Chusumastuti, D., Zulfikri, A., & Rukmana, A. Y. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Kompetensi Wirausaha Terhadap Kinerja Pemasaran ( Studi ada UMKM di Jawa Barat ). 2(02).
Hafid, K., Listiana, E., & Fitriana, A. (2025). The influence of advertising neuromarketing , bandwagon effect , and e- money on gen Z ’ s attitude and compulsive buying. 5(1), 35–51.
Helmi, A. F. (2016). Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Psikologi. Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Psikologi, 17(2), 57–65.
Hutagalung, D. S. (2025). Inovasi Strategi Pemasaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan.
Ika Astutik, F., & Bari, A. (2025). Workshop Digital Marketing Untuk Mendukung Pengembangan Umkm Desa Kapong, Kecamatan Batumarmar. PROSPEKS: Prosiding Pengabdian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 4(1), 989–999. https://doi.org/10.32806/pps.v4i1.920
Jamalulel, H. A. (2015).. Kinabalu, 11(2), 50–57.
Jasri, Arfan, N., -, H., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
Mathematics, A. (2016). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI PELUANG BISNIS UNTUK GENERASI MILENIAL DI SOLORAYA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal BUDIMAS, 03(02), 1–23.
Novia, N. H., Bahri, K. N., Rotua, E., Kanaidi, K., Noviany, H., & ... (2024). Strategi digital marketing (Issue March). https://repository.um.ac.id/5476/%0Ahttps://repository.um.ac.id/5476/1/fullteks.pdf
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Remaja, P., Desa, D. I., Wetan, B., & Masa, P. (2021). EDUKASI GIZI SEIMBANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN PADA REMAJA DI DESA BEDINGIN WETAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 Balanced Nutrition Education As An Effort To Increase Adolescent Knowledge In Bedingin Wetan Village During Pandemic Covid-19. 4(2), 66–74.
Rosita, Y. D., Febrianto, D. C., & Yunus, A. P. (2024). Sosialisasi dan Workshop Digital Marketing sebagai Upaya Pengembangan Usaha Masyarakat Desa Kalibenda, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 4(2), 24–33. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v4i1.1452
Saragih, R. (2017). Jurnal kewirausahaan. Jurnal Kewiraushaan, 3(2), 50–58.
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. In Kinerja (Vol. 19, Issue 1, pp. 170–182). https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207
Taufikurahman, M. R., & Firdaus, A. H. (2020). the Impact of Digital Technology Utilization in the Trade Sector on Its Productivity, Labor and Economic Growth. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 14(2), 195–214. https://doi.org/10.30908/bilp.v14i2.432
Whatmough, D. (2018). 8. Digital marketing. Digital PR, 99–106. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-619-420181009
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anita Miftahul Maghfiroh, Singgih Yudha Setiawan, Levana Forra Wakidi, Oskar Natan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



