Pembinaan Fiqh Thaharah: (Adab dalam Bersuci) pada Anak-Anak Taman Pendidikan Al-Qur’an Sukamulya, Tangkiling, Kota Palangka Raya

Penulis

  • Arifin Arifin IAIN Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Marsiah Marsiah IAIN Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Ajahari Ajahari IAIN Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Muhammad Redha Anshari IAIN Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.19

Kata Kunci:

Adab Bersuci, Fiqh Thaharah, Pembinaan, TPA Sukamulya

Abstrak

Pembinaan dalam pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan ilmu kepada masyarakat khususnya kepada anak-anak sebagai regenerasi nantinya. Selain dipahamkan dan diajari tentang betapa pentingnya membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, mereka juga perlu dibekali dengan wawasan keislaman lainnya. Seperti halnya dengan pembinaan Fiqh Thaharah tentang pentingnya adab dalam bersuci. Sebagai ummat Islam wajib hukumnya mengetahui bagaimana tata cara bersuci dengan baik dan benar, karena bersuci merupakan titik awal daripada ummat islam sebelum melaksanakan ibadah lainnya. Pembinaan yang dilakukan pada anak-anak menggunakan metode konvensional, yakni metode ceramah pada saat memaparkan atau menjelaskan materi tentang adab dalam bersuci. Setelah materi sudah dipaparkan dan dijelaskan semuanya maka kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Anak-anak diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi adab dalam bersuci apabila masih ada yang kurang dipahami. Metode yang digunakan selanjutnya ialah menggunakan metode praktik, jadi setelah dijelaskan tentang adab dalam bersuci, anak-anak mempraktikkan per-individu secara bergantian, bagaimana wudhu secara baik dan benar. Adapun hasil daripada pelaksanaan pembinaan kepada masyarakat yang dikhususkan pada anak-anak adalah anak-anak antusias dalam mengikuti, menyimak dan mendengarkan pada saat materi dijelaskan, dan sangat antusias ketika praktik secara individu. Harapannya tentu kedepan mereka benar-benar menerapkan dan mengimplementasikan tentang betapa pentingnya adab atau etika ketika bersuci.

Referensi

Agustiningrum, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Fiqih Thaharah Terhadap Kemampuan Praktik Bersuci Siswa SMP Plus Arroudhoh Sedati. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ahmad, Shodiq Muhammad. Taharah: Makna zawahir dan Bathin Dalam Bersuci. Mizan: Jurmal Ilmu Syariah UIKA Bogor, Vol. 2, No. 1. (2014).

Az-Zuhaili, Wahbah. (2010). Fiqh Islam Wa Adillatuhu. Jakarta: Gema Insani.

Noer, A., Tambak, S., & Sarumpaet, A. (2017). KOnsep Adab Peserta Didik dalam Pembeljaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal AL Hikmah, 14(2), 184.

Permadi, B. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fiqih Model Majalah Anak Materi Thaharah Untuk Peningkatan Keefektifan Hasil Belajar. 4, 99–103.

Riono, Alfanika. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fiqh Model Majalah Anak Materi Thaharah Untuk Peningkatan Keefektifan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 MIN Malang 2. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ruwaida, Hikmatu.(2019). Strategi Pembelajaran Fiqih Thaharah di SDN Mundar Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasaah Ibtidaiyah. Vol. 3, No. 2.

Sarni, K.H Muhammad Al-Alabi. (2009). Kitab Ilmu Fiqh Mabadi. Banjarmasin.

Shalih, S. I. (2011). Fiqh Ibadah Wanita. AMZAH.

Switri, E., Gofur, A., & Safrina, S. (2020). Pembinaan Adab-Adab Bersuci ( Fiqih Thoharoh ) Pada Anak-Anak di Komplek Perumahan The Green Indralaya Kelurahan Timbangan Kecamatan Iindralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir Sumsel. 1(2), 37–40.

Ulwan, Abdullah Nasih. (2007) Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.

Wiyani, Novan Ardy & AH, Nurkamelia Mukhtar. (2022). Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Program Toilet Training. Kindergrten: Journal of Islamic Early Childhood Education. Vol. 1, No. 1.

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Arifin, A., Marsiah, M., Ajahari, A., & Anshari, M. R. (2022). Pembinaan Fiqh Thaharah: (Adab dalam Bersuci) pada Anak-Anak Taman Pendidikan Al-Qur’an Sukamulya, Tangkiling, Kota Palangka Raya. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 61–66. https://doi.org/10.54082/jippm.19