Pendampingan Kapasitas Siswa melalui Budaya Entrepreneurship di Koperasi Siswa di MA Al Khairiyah Pipitan
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.18Kata Kunci:
Kapasitas Siswa, Kewirausahaan, Koperasi Al-Khairiyah, PendampinganAbstrak
Salah satu organisasi dalam upaya mensejahterakan masyarakat adalah Koperasi. Koperasi tidak hanya diberdayakan oleh masyarakat umum, tetapi juga dapat dilaksanakan di lingkungan sekolah melalui Koperasi Siswa. Salah satu koperasi mahasiswa yang ada di Kota Serang adalah Koperasi Mahasiswa MA Al-Khairiyah. Koperasi ini dibentuk sebagai ekstrakurikuler mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan dan kapasitas mahasiswa dalam berwirausaha dimana terdapat permasalahan yaitu Kurangnya pembimbing yang memfasilitasi mahasiswa dalam aspek kewirausahaan; Rendahnya motivasi siswa untuk mendalami kewirausahaan; Partisipasi mahasiswa dalam koperasi Al-Khairiyah stagnan. Sehingga berdasarkan permasalahan tersebut, solusi yang direkomendasikan adalah pendampingan pendampingan best practice dalam pengelolaan koperasi; Pendampingan dan pembekalan tentang kewirausahaan; Pendampingan dalam penyelenggaraan koperasi Al-Khairiyah. Adapun tahapan dalam kegiatan kegiatan ini terdiri dari Inisiasi Kegiatan; Analisis Situasi dan Kebutuhan; Pengembangan Modul; Pelaksanaan Pendampingan; Evaluasi Kegiatan. Hasil akhir didapatkan peningkatan sebesar 85% pada aspek budaya kewirausahaan, pemahaman best practice pemasaran dan pengelolaan koperasi, dan partisipasi anggota koperasi.
Referensi
Badan Pusat Statistik Provinsi Banten. (2021). Provinsi Banten Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Provinsi Banten, 3(2), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Edy, I. C., Marsono, S., & Utama, H. B. (2020). Pemberdayaan Koperasi Siswa SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo Dalam Rangka Optimalisasi Potensi Daerah yang Dapat Digunakan Untuk Membangun Kemandirian Ekonomi. Wasana Nyata, 4(2), 124–130. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v4i2.747
Isa, I. G. T. (2021). Aplikasi Asesmen Calon Debitur menggunakan Naive Bayes di Koperasi Mitra Sejahtera SMK Negeri 1 Kota Sukabumi. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 10(1), 31–39. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i1.1013
Maguni, W. (2014). Konsep Pendidikan Kewirausahaan di Masyarakat Dalam Membangun Ekonomi. Al-Adl, 7(1), 57–73.
Rachmawati, D. W. (2018). Manajemen Pengelolaan Kinerja Koperasi Sekolah SMK Swakarya Palembang. Jurnal Profit, 5(2), 111–118. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/viewFile/6600/3426
Rifa’I, M. N., Rusmiati, R., & Mursilah, M. (2017). Analisis Manajemen Koperasi Sekolah Di Smk Taqwa Belitang. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2).
Suarsih, S., Achsani, N. A., & Nuryartono, N. (2016). Dampak Perubahan Nilai Tukar terhadap Indeks Harga Konsumen Bahan Makanan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.21002/jepi.v17i1.548
Sukidjo, Muhson, A., & Mustofa. (2016). Koperasi Sekolah sebagai Wadah Pengembangan Karakter Siswa. Jurnal Economia, 12(2), 122–134.
Suyati, E. S. (2016). Pengelolaan Manajemen Koperasi Sekolah. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 11(1).
UU No. 17 Tahun 2012. (2012). UU Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasioan. In Pemerintah Republik Indonesia (Issue 17).
Widati, E., & Herawati, M. (2020). Pemahaman dan Kesadaran Pentingnya Koperasi Sekolah di SMK Nusa Bhakti Depok. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(2), 57–66. https://doi.org/10.37010/kangmas.v1i2.40
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Beni Junedi, Indra Griha Tofik Isa, Fuad Abdul Baqi, Amat Hidayat, Surtini Surtini, Ida Laela

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



