Pelatihan Strategi Pemasaran untuk Menunjang Perekonomian di Era Digital

Penulis

  • I Gede Adiputra Manajemen, Fakultas Ekonom dan Bisnis, Universitas Trumanagara, Indonesia
  • Karyn Antonius Tjio Manajemen, Fakultas Ekonom dan Bisnis, Universitas Trumanagara, Indonesia
  • Kenaz Aziel Manajemen, Fakultas Ekonom dan Bisnis, Universitas Trumanagara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.717

Kata Kunci:

Era Digital, Strategi Pemasaran, UMKM

Abstrak

Digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang relevan, dan efisien. Di era digital seperti sekarang, hal pertama yang dilakukan oleh seorang pelanggan ketika menginginkan barang tertentu adalah mencoba mencarinya secara daring. Oleh sebab itu, memiliki sebuah website menjadi kebutuhan primer bagi pemilik bisnis, tetapi sayangnya masih banyak para pelaku UMKM yang masih belum mengetahui bagaimana melaksanakan strategi pemasaran yang baik pada era digital saat ini. Oleh karena itu kami bekerja sama dengan Koperasi Bumi Mandiri Sejahtera mengadakan kegiatan pengabdian masyakat. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dalam bentuk pelatihan mengenai Strategi Pemasaran UMKM Untuk menunjang Perekonomian Di era digital bagi pelaku UMKM melalui penyulihan dan pelatihan Di Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Target kegiatan ini adalah menghasilkan jasa yang bisa diadopsi oleh mitra tersebut berupa ilmu pengetahuan tentang jenis-jenis strategi pemasaran di era digital, yang meliputi ilmu pengetahuan tentang bauran pemasaran ditinjau dari produk, place, price dan promotion. Hasil dari Kegiatan pelatihan strategi pemasaran dapat menambah mengetahuan mitra tentang adanya aplikasi-apliksi dengan program digital katalog yang dapat digunakan sebagai sarana promosi dan informasi barang-barang dagangan.

Referensi

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. JURKOM: Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi. Alfabeta.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran (Jilid I) (A. Sindoro & B. Molan (eds.)). Penerbit Prenhalindo.

Anoraga, P., & Widiyati, N. (2022). Dinamika Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2012). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada.

Caturani, D., Prihatiningtyas, S., & Fahimah, M. (2021). 3P Marketing Strategy To IncreaseSales Volume Furniture. INCOME: Innovation of Economics and Management, 1(1).

Gama, B., Hariyanto, & Widodo, Y. (2017). Pengembangan Model Strategi Bertahan Hidup Pedagang Kaki Lima Perantauan Etnis Minang dan Penduduk Asli di Pasar Nusukan Solo.

Hsu, C.-L., & Lin, J. C.-C. (2008). Acceptance of blog usage: The roles of technology acceptance, social influence and knowledge sharing motivation. Information & Management, 45(1), 65–74. https://doi.org/10.1016/j.im.2007.11.001

Nurdiyanto, A. D., & Purnomo, M. (2021). Studi Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening pada Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran. Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE, 3(1), 137–145.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Tambunan, R. M. (2013). Pedoman Penyusunan Standard Operating Procedures (SOP). Maiestas Publishing.

Tambunan, T. T. (2021). Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality and Satisfaction (Edisi 3). ANDI.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Forum Keuangan Dan Bisnis IV, 327–337.

Wardhana, O. H. P. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Nilai, Pengaruh Sosial, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2).

Diterbitkan

16-01-2025

Cara Mengutip

Adiputra, I. G., Tjio, K. A., & Aziel, K. (2025). Pelatihan Strategi Pemasaran untuk Menunjang Perekonomian di Era Digital . Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 473–480. https://doi.org/10.54082/ijpm.717