Optimalisasi Pemasaran Digital Menggunakan Facebook Ads Manager untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Kampung Digital Surakarta, Jawa Tengah

Penulis

  • Ismail Setiawan Sistem dan Teknologi Informasi, Fakultas sains dan Teknologi, Universitas ‘Aisyiyah Surakarta, Indonesia
  • Arinia Hasna Yuniarti Sistem dan Teknologi Informasi, Fakultas sains dan Teknologi, Universitas ‘Aisyiyah Surakarta, Indonesia
  • Nutfah Ailul Ulun Sistem dan Teknologi Informasi, Fakultas sains dan Teknologi, Universitas ‘Aisyiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.606

Kata Kunci:

Facebook Ads Manager, Kampung Digital Surakarta, Pemasaran Digital, UMKM

Abstrak

UMKM di Kampung Digital Surakarta menghadapi tantangan besar dalam hal pemahaman dan keterampilan pemasaran digital, yang membuat mereka kesulitan bersaing di pasar yang semakin kompetitif dan digitalisasi yang berkembang pesat. Untuk mengatasi masalah ini, dilaksanakan program pengabdian masyarakat yang berfokus pada pelatihan dan pendampingan dalam penerapan Facebook Ads Manager sebagai solusi strategis yang memungkinkan UMKM memanfaatkan teknologi pemasaran digital dengan lebih efektif. Metode yang diterapkan dimulai dengan analisis kebutuhan, diikuti dengan pelatihan mendalam tentang strategi pemasaran digital, pendampingan intensif dalam pembuatan kampanye iklan, serta evaluasi dan optimalisasi kinerja iklan menggunakan metrik yang relevan. Program ini menghasilkan peningkatan signifikan dalam pemahaman UMKM mengenai pemasaran digital, terutama dalam hal penargetan audiens yang lebih tepat, pembuatan konten yang menarik, serta pengelolaan kampanye iklan yang efisien. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kampanye iklan UMKM mengalami peningkatan jangkauan, klik, dan konversi, sementara biaya per klik dan biaya per konversi mengalami penurunan yang signifikan. Dampak dari program ini adalah peningkatan daya saing UMKM melalui pemasaran digital yang lebih efektif, yang membuka peluang baru untuk pertumbuhan bisnis dan memperkuat kesadaran akan pentingnya digitalisasi bagi UMKM, serta menginspirasi UMKM lain untuk mengikuti jejak ini dalam mengembangkan bisnis mereka secara berkelanjutan di era digital.

Referensi

Abuhashesh, M. Y., Alshurideh, M. T., Ahmed, A., Sumadi, M., & Masa’deh, R. (2021). The effect of culture on customers’ attitudes toward Facebook advertising: the moderating role of gender. Review of International Business and Strategy, 31(3), 416–437.

Chetioui, Y., Butt, I., & Lebdaoui, H. (2021). Facebook advertising, eWOM and consumer purchase intention-Evidence from a collectivistic emerging market. Journal of Global Marketing, 34(3), 220–237.

Ditasari, R. A., Prasetyo, E. E., & Anggraini, C. (2024). Memajukan UMKM Lokal: Pendampingan UMKM Dalam Penggunaan Digital Marketing, Digitalisasi Keuangan, dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Pada Camilane Ifa, Wonoasri, Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat" Wiryakarya", 3(01).

Dwiyanti, D. (2023). Pemanfaatan Platform Media Sosial Facebook Dalam Memasarkan Produk UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4287–4292.

Fitriana, E. D., Nurafni, A., Rahmah, D., Anfasa, A. L., Yamani, A. R. R., & Wibowo, T. (2024). Penguatan Ekonomi Kreatif pada UMKM di Desa Turunrejo Melalui Sosialisasi Strategi Pemasaran di Era Digital. Dinamika Sosial: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Transformasi Kesejahteraan, 1(3), 45–53.

Guven, H. (2020). Industry 4.0 and marketing 4.0: in perspective of digitalization and E-Commerce. In Agile Business Leadership Methods for Industry 4.0 (pp. 25–46). Emerald Publishing Limited.

Hamid, N., Rizaldi Makmur, M., Sofian Maksar, M., & Lapau, F. (2024). Identifikasi Faktor Daya Saing UMKM di Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Pendekatan Fishbone. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 6(2), 96–116. https://doi.org/10.51454/jimsh.v6i2.642

Hayaty, N., & Ritha, N. (2024). Pelatihan dan Pendampingan E-Commerce bagi UMKM di Batam: Membangun Ekosistem Digital yang Berkelanjutan. Teknologi, Edukasi, Dan Pengabdian Multidisiplin Nusantara Gemilang, 1(1), 28–33.

Iannelli, L., Giglietto, F., Rossi, L., & Zurovac, E. (2020). Facebook digital traces for survey research: Assessing the efficiency and effectiveness of a Facebook Ad–based procedure for recruiting online survey respondents in niche and difficult-to-reach populations. Social Science Computer Review, 38(4), 462–476.

Islachiyana, R., Amarudin, A. A., Amala, K. W., & Agil, M. (2023). Implementasi Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Fashion Muslim Toko Barokatuna Tambakberas, Jombang. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Manajemen Indonesia (JKEMI), 1(2), 129–136. https://doi.org/10.61079/jkemi.v1i2.18

Khomaeni, M. I., & Juliyendi, A. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Omzet Pedagang Muslim Pasar Jaya Gondangdia Jakarta Pusat. El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 5(01), 39–57. https://doi.org/10.53678/elmadani.v5i01.1724

Makrides, A., Vrontis, D., & Christofi, M. (2020). The Gold Rush of Digital Marketing: Assessing Prospects of Building Brand Awareness Overseas. Business Perspectives and Research, 8(1), 4–20. https://doi.org/10.1177/2278533719860016

Nuraisyah, Haryono, D., & Lutfiani. (2023). Pelatihan Strategi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kecamatan Sarjo (Membentuk Dan Mendukung Pengembangan Wirausahawan Muda Dan Pemula). SiKemas Journal Jurnal Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 63–78.

Oshodi, A. N. (2024). Avatar personalization and user engagement in Facebook advertising. World Journal of Advanced Research and Reviews, 23(03), 1212–1220.

Pandiangan, S. M. T., Octiva, C. S., Yusuf, M., Suryani, S., & Sesario, R. (2022). The Role of Digital Marketing in Increasing Sales Turnover for Micro, Small, and Medium Enterprises. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(12), 2601–2606.

Rizqi, A. H., Fatihah, S. A., Arofah, Y. N., Maulana, A. R., Rizkita, D. O., Fitria, I. A., Gultom, I. N., Aini, W. N., Nurhaliza, S., & Rahmawati, C. N. (2024). Implementasi Pendampingan UMKM Melalui Pemanfaatan Digital Marketing di Desa Gelam Sidoarjo. Media Pengabdian Kepada Masyarakat (MPKM), 3(01), 78–89.

Saputro, B. P., Firdausi, A. S. M., Adiyatna, H. R., Arif, N. F., & Hardiana, S. R. (2024). Peningkatan Daya Saing UMKM Home Business Camp Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna dan Inovasi Berkelanjutan. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(5), 424–432.

Shyle, I., & Rruplli, E. (2022). Using digital marketing from SMEs companies in the manufacturing industry in Albania. International Journal of Business Excellence, 28(2), 237–252. https://doi.org/10.1504/ijbex.2022.126910

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118.

Sundaram, R., Sharma, D. R., & Shakya, D. A. (2020). Power of digital marketing in building brands: A review of social media advertisement. International Journal of Management, 11(4).

Tunjungsari & Ginting. (2020). Perkembangan Dunia Usaha di Era Digital. Pustaka.Ut.Ac.Id, 1–43.

Wiese, M., Martínez-Climent, C., & Botella-Carrubi, D. (2020). A framework for Facebook advertising effectiveness: A behavioral perspective. Journal of Business Research, 109, 76–87.

Diterbitkan

15-12-2024

Cara Mengutip

Setiawan, I., Yuniarti, A. H., & Ulun, N. A. (2024). Optimalisasi Pemasaran Digital Menggunakan Facebook Ads Manager untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Kampung Digital Surakarta, Jawa Tengah. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 449–464. https://doi.org/10.54082/ijpm.606