Strategi Pemasaran Digital dan Peningkatan Usaha UMKM Noor Batok Kelapa di Desa Kemang Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur

Penulis

  • Wenny Djuarni Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Putra Indonesia, Indonesia
  • Asep Deden Rahmat Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Putra Indonesia, Indonesia
  • Maman Resmana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Putra Indonesia, Indonesia
  • Nanan Marlian Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Putra Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.266

Kata Kunci:

E–Commerce, Metode Waterfall, Penggunaan Sosial Media, Pengrajin Tempurung Kelapa

Abstrak

Tempurung kelapa merupakan bahan mentah yang dapat digunakan untuk membuat produk – produk yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Namun banyak kendala yang ditemui pemilik usaha   UMKM di desa Kemang Kecamatan Bojung Picung Kabupaten Cianjur, salah satunya UMKM “Noor Batok Craft”.  Kendalanya di dalam strategi untuk meningkatkan usaha, cara memasarkan produknya secara online, serta kurangnya kemampuan penggunaan teknologi informasi sebagai media pemasaran. Untuk mengatasi kendala tersebut, maka tujuan dilaksanakannya program kerjasama ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk kelapa, dengan pembuatan akun social media, dan akun e-commerce Metode yang digunakan untuk membangun aplikasi penjualan berbasis website dari berbagai Platform teknologi (laptop, handphone dan sebagainya), yaitu metode waterfall. Hasil dari dilaksanakannya program kerjasama ini pemilik UMKM untuk memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas dan menjadi pengusaha yang lebih kreatif di era digitalisasi 5.0 saat ini.

Referensi

Admin. (2023). Inovatif Babinsa Siberut Ajak Warga Manfaatkan Tempurung Jadikan Arang Batok.http://matasumbar.com/inovatif-babinsa-siberut-ajak-warga-manfaatkan tempurung-jadikan-arang-batok.

Ensiklopedia Dunia. Kelapa. (2023) https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Kelapa.

Ermawan, D. (2017). Pengaruh Globalisasi terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah di Indonesia". Jurnal Kajian Lemhanas RI. 13-20

Firda, MR. Pemanfaatan Digital Marketing Di Era Digitalisasi, (2021) https://news.bsi.ac.id/2021/12/24/pemanfaatan-digital-marketing-di-era-digitalisasi.

Maharani. I. (2021). Pengembangan Usaha pada Kelompok Pengrajin Ukiran Batok Kelapa di Desa Tampaksiring Kabupaten Gianyar. INTERNATIONAL JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE LEARNING, 113-120.

Mediacenter.(2023) Pengolahan Limbah Tempurung Kelapa menjadi Cendramata. https://mediacenter.serdangbedagaikab.go.id/2022/12/28/pengolahan-limbah-tempurung-kelapa-menjadi-cendramata.

Muslim, B. (2017). Pengantar Teknologi Informasi. C.V BUDI UTAMA (Deepublish) Yogyakarta,

Radar Seluma. (2023). Warga Diberihkan Pelatihan Pembuatan Kerajinan Batok Kelapa. https://radarseluma.disway.id/read/661211/warga-diberihkan-pelatihan-pembuatan-kerajinan-batok-kelapa.

Remmang, H. (2021). Perencanaan Bisnis UMKM. . Cetakan I, Mei 2021, CV SAH MEDIA, Makasar, ISBN 978-602-6928-89-4.

Setiawan, F. " Strategi Marketing Menggunakan Whatsap Dan Cara Efektif Menggunakannya". http://repository.untag-sby.ac.id/7387/1/1211800330_FERDINAND%20SETIAWAN_E-BISNIS.pdf, Diakses 18/10/2023. 16.41 WIB.

Wahid, AA. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Infoman's. Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK. ISSN: 1978-3310 ǀ E-ISSN : 2615-3467. pp 1-5.

Wikipedia, (2023). Kelapa, https://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa.

Diterbitkan

07-04-2024

Cara Mengutip

Djuarni, W., Rahmat, A. D., Resmana, M. ., & Marlian, N. (2024). Strategi Pemasaran Digital dan Peningkatan Usaha UMKM Noor Batok Kelapa di Desa Kemang Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.54082/ijpm.266