Peningkatan Pembelajaran Fisika melalui Praktikum Interaktif Kolaboratif di MA Al-Machfudzoh Sidoarjo Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.978Kata Kunci:
Al-Machfudzoh, Fisika, Pembelajaran, Pengembangan Infrastruktur, Praktikum InteraktifAbstrak
Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disukai bahkan menjadi momok bagi pelajar Sekolah Menengah Atas sederajat, salah satunya adalah Madrasah Aliyah Al-Machfudzoh Jabon, Sidoarjo, Jawa Timur. Cara belajar konvensional sering kali tidak memberikan solusi yang komprehensif. Salah satu pendekatan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa adalah melalui praktikum interaktif. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan mutu pembelajaran Fisika di MA Al-Machfudzoh Sidoarjo melalui penerapan praktikum interaktif kolaboratif. Kegiatan dilakukan dengan pendekatan partisipatif antara dosen, guru, dan siswa melalui perancangan dan implementasi dua praktikum: Jembatan Wheatstone dan Difraksi Laser. Evaluasi dilakukan melalui observasi, pengukuran hasil eksperimen, serta kuesioner kepuasan peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman konseptual dan keterampilan eksperimen siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan resistansi melalui percobaan jembatan Wheatstone mencapai akurasi 96,37% dibandingkan alat ukur standar. Selain itu, pada percobaan Difraksi Laser hasil menunjukkan pola intensitas sesuai dengan teori difraksi celah tunggal. Seluruh peserta memberikan respons sangat positif terhadap materi, fasilitas, dan pendampingan selama kegiatan PKM. Program PKM ini berdampak pada peningkatan kapasitas guru dan siswa dalam mengelola praktikum serta memperkuat kolaborasi antara Universitas Airlangga dan madrasah Aliyah Al-Machfudzoh.
Referensi
Arifin, & Laila, I. (2025). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembuatan Praktikum Fisika Dengan Experiential Learning Dan Project Base Learning Dalam Mendukung Kurikulum Merdeka. Jurnal Adbi Insani, 12(2), 687–696.
Khery, Y., Sarjan, M., Ahzan, S., & Efendi, I. (2022). Konseptualisasi Literasi Sains Mengacu Pada Kerangka Sains Pisa Sejak Tahun 2000. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(4), 200–231.
Kholifudin, M. Y. (2021). Analisis Rangkaian Jembatan Wheatstone Berbasis Simulasi PhET Pada Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 131–137.
Malik, A., & Susanti, S. (2021). Learning Designing for Establishment Physics Content and Teacher Pedagogic Aspects Through Lesson Study-based In-House Training. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(2), 145–152.
Musliadi, K., Ismail, A., Rambega, U. L., & Kaharuddin. (2025). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Excel Dalam Mengolah Data Untuk Persiapan Kerja Dan Kuliah. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 537–545.
Nurmadanti, T. (2021). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 1 Bungo. Schrödinger: Journal of Physics Education, 2(1), 7–12.
Nurul, D. (2022). Analisis Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pesera Didik Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 20–30.
Pratiwi, W., Fuada, S., Zanah, F. W., & Restyasari, N. (2021). Analisis Rangkaian Wheatstone Bridge Mengggunakan Simulator Circuit Wizard, Proteus, dan Multisim. Telecommunications, Networks, Electronics, and Computer Technologies (TELNECT), 1(1), 1–13.
Puspitasari, E. (2025). SDGs-based adaptive curriculum model to improve education quality in the digital age. Inovasi Kurikulum, 22(1), 1–12.
Rezki, D. M., & Yanto, F. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Phet Simulations Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Smpn 34 Padang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 02(04), 83–90.
Santhalia, P. W., & Yuliati, L. (2021). An Exploration of Scientific Literacy on Physics Subjects within Phenomenon-based Experiential Learning. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya, 11(01), 72–82.
Trisnowati, E., Marwoto, P., Iswari, R. S., & Cahyono, E. (2022). Distribution of the Fraunhofer Diffraction Intensity by a Rectangular Slit Using a Razor Blade. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1524–1531.
Wahyuningsi, R., Pangga, D., & Ahzan, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA-Fisika Melalui Pembelajaran Praktikum Dengan Memanfaatkan Alat Dan Bahan di Lingkungan Sekitar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 44–51.
Wani, C., Gunada, I. W., Taufik, M., & Sholehah, H. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan PhET Simulations Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10, 2315–2319.
Yunita, N., & Nurita, T. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(3), 378–385.
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Supadi Supadi, Samian Samian, Fadli Ama, Deny Arifianto, Nurul Fitriyah, Suryani Dyah Astuti, Winarno Winarno

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



