Pelatihan Penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED) untuk Peningkatan Kesiapan Akreditasi Program Studi di STAI Nurul Iman Parung Bogor, Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.962Kata Kunci:
Akreditasi, Laporan Evaluasi Diri, Penjaminan Mutu, Pengabdian Masyarakat, STAIAbstrak
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh tim dosen Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta melalui skema Wilayah Binaan pada STAI Nurul Iman Parung Bogor. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya kualitas penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED) di STAI Nurul Iman yang berdampak pada pencapaian akreditasi program studi. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kesiapan dosen serta tenaga kependidikan dalam menyusun LED sesuai dengan standar BANPT dan LAM. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan intensif, pendampingan kelompok, praktik penyusunan dokumen, serta evaluasi melalui monitoring, review dokumen, dan survei kepuasan peserta. Kegiatan diikuti oleh 26 peserta dan dilaksanakan pada Juni 2025. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan peserta dalam menyusun draft LED berbasis data dan sesuai instrumen terbaru, terlaksananya pendampingan teknis, keterlibatan mahasiswa pascasarjana UNJ, serta luaran berupa dokumentasi video, berita kegiatan, dan artikel ilmiah untuk publikasi. Kegiatan ini juga memperkuat jejaring kerja sama antara UNJ dan STAI Nurul Iman. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kapasitas institusional mitra dan menjadi model yang dapat direplikasi di lembaga pendidikan tinggi keagamaan Islam lainnya.
Referensi
Abdillah, Mustofa, A., & Sofa, N. (2019). Penjamin Mutu Eksternal di Lembaga Pendidikan. Journal Sabilarrasyad, 4(2), 46–50. https://doi.org/10.46576/jsa.v4i2.738
Aminuddin, M. Y. (2019). Perubahan Status Kelembagaan pada Perguruan Tinggi Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Indonesia. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1), 22–44. https://doi.org/10.52166/talim.v2i1.1292
Ariyanti, Y. P., & Rahman, F. (2025). Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal (BAN PAUD/PNF). Inovasi Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 141–151. https://doi.org/10.61132/inpaud.v2i1.
Ayu Miranda Limbong, & Masduki Asbari. (2024). Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi. Journal of Information Systems and Management, 03(1), 1–15.
Gofur, H. A., Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2023). Desain Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS). JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(5), 601–608. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.290
Idrus, A. Al, Karnan, K., & Setiadi, D. (2019). Analisis Kesiapan Akreditasi Berbasis SAPTO Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2), 211–216. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.32
Ismail, Y. Z. (2020). Perubahan Status Kelembagaan Pada Lembaga Pendidikan Islam. AL-IFKAR: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 14(2), 107–133. https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/ifkar/article/view/4327
Kemdikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.
Mada, L., & Taib, T. (2023). Pengelolaan arsip sebagai penunjang penilaian akreditasi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.24952/ktb.v5i1.6967
Ndoluanak, Y. H., Husnorofik, Z., Riyadi, R., & Ridwan, A. (2024). Urgensi Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Peningkatan Mutu Di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 14(2), 46–53. https://doi.org/10.21009/jep.v14i2.45809
Rosalina, G., Royana, I. F. R. I. F., & Rohmansyah, N. A. (2022). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Upgris 2021-2022. 23–34. https://doi.org/10.15642/jkpi.2025.15.1.23-33
Salsabila, A. Z., & Faslah, R. (2025). Strategi Pengendalian Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6771–6775. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8348
Sitorus, A. S., & Dahlan, Z. (2024). Model Sistem Penjaminan Mutu Internal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3, 259–278. https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5319
Sulaiman, A., & Wibowo, U. B. (2016). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Universitas Gadjah Mada. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 17. https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8197
Wahyudi, R., & Pratama, R. (2020). Sharing dan Workshop Manajemen Tata Kelola Open Journal System pada Fakultas Universitas Boyolali. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (Vol. 1, Issue 1, pp. 27–34). Universitas Boyolali. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v1i1.25
Winarso, W. (2021). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Wilayah Jawa Timur. Jurnal Dimensi, 10(3), 665–673. https://doi.org/10.33373/dms.v10i3.4342
Zulaikah, Y., Qomar, M., & Aziz, A. (2024). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Di Indonesia Menuju Perguruan Tinggi Unggul. … Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3). https://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira/article/view/797%0Ahttps://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira/article/download/797/814
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Neti Karnati, Rugaiyah Rugaiyah, Satri Dwi Kurnia Nasution, Asuncion Dany

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



