Pendampingan Penerapan SPMI untuk Penguatan Tata Kelola dan Digitalisasi Layanan Mutu di Institut Agama Islam Al-Ghuraba, Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.961Kata Kunci:
Digitalisasi, Kewirausahaan, Perguruan Tinggi, SPMI, Tata KelolaAbstrak
Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Institut Agama Islam Al-Ghuraba Rawamangun, Jakarta Timur masih ditemukan berbagai kendala, seperti rendahnya pemahaman dan keterlibatan dosen serta tenaga kependidikan, terbatasnya digitalisasi sistem informasi mutu, serta belum optimalnya strategi peningkatan tata kelola akademik dan administrasi. Tujuan utama kegiatan adalah mendukung institusi mitra dalam memperkuat tata kelola pendidikan tinggi melalui penerapan siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) secara konsisten. Kegiatan dilaksanakan melalui beberapa tahapan, meliputi sosialisasi, pelatihan teknis, pendampingan penyusunan dokumen mutu, uji coba implementasi, evaluasi, hingga penyempurnaan dokumen. Luaran yang dihasilkan dari program ini antara lain tersusunnya draft dokumen LED (Laporan Evaluasi Diri) sesuai standar BAN-PT, modul dan bahan ajar pelatihan, serta publikasi ilmiah di jurnal ber-ISSN, artikel populer di media massa, dan video dokumentasi kegiatan. Selain itu, mahasiswa yang terlibat memperoleh pengalaman praktis dalam bidang penjaminan mutu pendidikan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menyusun dokumen mutu, meningkatnya kesadaran akan pentingnya budaya mutu, serta terbentuknya tim penjaminan mutu internal yang lebih solid. Dampak jangka panjang dari kegiatan ini adalah penguatan implementasi SPMI secara berkelanjutan di Institut Agama Islam Al-Ghuraba, peningkatan akreditasi program studi, serta kontribusi terhadap pencapaian SDGs No. 4 (Quality Education).
Referensi
Arifudin, O. (2022). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 595. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss1.pp161-169
Ariyanti, Y. P., & Rahman, F. (2025). Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal (BAN PAUD/PNF). Inovasi Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 141–151. https://doi.org/10.61132/inpaud.v2i1.
Atmaja, A. P., & Azis, A. (2019). Sistem Informasi Terintegrasi Evaluasi Kegiatan Mengajar Dosen Sebagai Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal. Matrix: Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 9(1), 1–6.
Gofur, H. A., Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2023). Desain Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS). JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(5), 601–608. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.290
Idrus, A. Al, Karnan, K., & Setiadi, D. (2019). Analisis Kesiapan Akreditasi Berbasis SAPTO Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2), 211–216. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.32
Kemahasiswaan, D. P. dan. (2024). Pedoman Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Bagi Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Akademik.
Kemenristekdikti. (2016). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Kemenristekdikti, 1–8. https://peraturan.bpk.go.id/Download/133229/Permenristekdikti Nomor 62 Tahun 2016.pdf
Lutfi, F., & Afifudin, H. (2024). Model Penjaminan Mutu Internal dalam Membangun Daya Saing Kampus Dakwah dan Peradaban ( Study Exploratory Sequential Mixed Method di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1983–2006. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1147
Najwa, L., Iqbal, M., & Aryani, M. (2023). Manajemen Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(1), 72. https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7391
Nurfadlila, A., Al, P., & Deshinta, A. B. (2024). Konsep dan Prinsip SPMI dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah : Tinjauan Pustaka. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(4), 248–259. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i4.2758
Rosalina, G., Royana, I. F. R. I. F., & Rohmansyah, N. A. (2022). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Upgris 2021-2022. 23–34. https://doi.org/10.15642/jkpi.2025.15.1.23-33
Salsabila, A. Z., & Faslah, R. (2025). Strategi Pengendalian Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6771–6775. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8348
Sitorus, A. S., & Dahlan, Z. (2024). Model Sistem Penjaminan Mutu Internal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3, 259–278. https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5319
Syaefulloh, Didik Himmawan, Sofyan Sauri, & Ujang Cepi Barlian. (2023). Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Melalui Penjaminan Mutu Interal Perguruan Tinggi. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 9–19. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.2
Tresno Ingtyas, F., Ampera, D., Wahidah, S., & Jahidin, I. (2022). Implementation Of Education Quality Assurance System To Improve Internal Quality Assurance Department Of Family Welfare Education (PKK) Universitas Negeri Medan. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(5), 1886–1896. https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i5.509
Wicaksono, G. W., & Al-Rizki, M. A. (2018). Peningkatan Kualitas Evaluasi Mutu Akademik Universitas Muhammadiyah Malang melalui Sistem Informasi Mutu (SIMUTU). Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control, 1(1 SE-), 1–8. https://doi.org/10.22219/kinetik.v1i1.3
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Unifah Rosyidi, Neti Karnati, Rihlah Nur Aulia, Moh. Reza Ifnuari, Tachioka Rexy

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



