Penguatan Produksi Batik Tulis bagi Pengrajin Lokal melalui Pelatihan Inovasi Teknologi ASP2 Bersama PT. PMCT di Sanggar Batik Astoetik, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Penulis

  • Tri Hadi Karyono Program Studi D4 Promosi Kesehatan, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Oktaf Gani Dhewa Program Studi D4 Teknik Elektronika, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Aris Nasuha Program Studi D4 Teknik Elektronika, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Komarudin Komarudin Program Studi D4 Pengobatan Tradisional Indonesia, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Sutopo Sutopo Program Studi Sarjana Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Adeng Pustikaningsih Program Studi D4 Akuntansi, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Indra Hidayatulloh Department of Computer Science, School of Science and Engineering, Glasgow Caledonian University, United Kingdom

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.959

Kata Kunci:

ASP2, Batik Tulis, Inovasi Teknologi, Literasi Digital, pelatihan guru

Abstrak

Pengrajin batik tulis menghadapi lamanya tahap sketsa (hingga ±3 hari) dan menurunnya minat generasi muda, yang menekan produktivitas. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan dan menguji Automatic Smart Pen Plotter (ASP2) sebagai solusi percepatan sketsa sekaligus penguatan literasi digital. Pelatihan praktik penggunaan ASP2 dilaksanakan pada 23 Agustus 2025 di Sanggar Batik Astoetik dengan 20 peserta, melalui tahapan hands-on, observasi, dan evaluasi kepuasan. Peserta berhasil mengoperasikan ASP2 untuk membuat pola di kain mori dan melanjutkan ke proses membatik tradisional (pencantingan, pewarnaan, nglorod), dengan percepatan nyata pada tahap sketsa dibanding cara manual. Survei menunjukkan kepuasan 100% pada aspek fasilitator, waktu, dan kemudahan penggunaan; 80% menyatakan peningkatan keterampilan dan pengetahuan yang sangat besar; dan 100% berminat mengikuti pelatihan lanjutan. Penerapan ASP2 pada mitra berdampak pada peningkatan produktivitas, penguatan kompetensi digital, serta terbentuknya persepsi positif bahwa teknologi dapat menjadi mitra dalam pelestarian batik.

Referensi

Akhmad, S., Arendra, A., Mu’Alim, Winarso, K., & Hidayat, R. (2020). Design of the mBatik, textile hot wax applicator to emulate hand-drawn batik using CNC plotter machine and characterization of wax plotting parameters. Journal of Physics: Conference Series, 1569(3), 032109. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/3/032109

Al-Fajri, D. S. (2024, October 17). Jatuhnya ekspor batik dari tuan rumah batik. GoodStats. https://goodstats.id/article/jatuhnya-ekspor-batik-dari-tuan-rumah-batik-PjNT1

Alya, R. F., & Wibowo, M. (2023). Classification of batik motif using transfer learning on convolutional neural network (CNN). Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 4(1), 161–170. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2023.4.1.564

Arifin, Z., & Prasetyo, H. (2022). Inclusive vocational education: Challenges and opportunities in Indonesia. Journal of Technical Education and Training, 14(2), 45–59. https://doi.org/10.30880/jtet.2022.14.02

BBKB Kemenperin. (2025, July 2). Menumbuhkan kembali minat generasi muda terhadap batik melalui pelatihan desain batik.

Budimansyah, E., Ariawan, D., Maulana, R. D., Yudha, W. R., & Munsarif, M. (2025). Klasifikasi motif batik Indonesia menggunakan convolutional neural network (CNN). Jurnal Komputer dan Teknologi Informasi, 3(2), 150–164. https://doi.org/10.26714/jkti.v3i2.18627

DRPM UNY. (2023, June 19). Pemanfaatan Automatic Smart Pen Plotter (ASP2) dalam mendukung pelatihan membatik di Sanggar Batik Astoetik Yogyakarta. https://drpm.uny.ac.id/pemanfaatan-automatic-smart-pen-plotter-asp2-dalam-mendukung-pelatihan-membatik-di-sanggar-batik-astoetik-yogyakarta

Hidayat, E. W., Anshary, M. A. K., & Nur Shofa, R. (2024). Graphical computing for batik pattern design based on L-System. Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 5(2), 389–396. https://jutif.if.unsoed.ac.id/index.php/jurnal/article/view/1595

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2020 tentang Standar Teknis Layanan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Data Statistik Pendidikan Menengah Pertama.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. (2023). Realisasi ekspor–impor batik (2018–2023, Jan–Nov).

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2025). Kemenperin tekankan transformasi industri batik menuju pasar generasi muda dan berkelanjutan.

Liu, J., Zhang, Y., & Chen, X. (2019). Digital innovation in traditional batik industry: A case study from China. Journal of Cultural Heritage Management and Sustainable Development, 9(3), 342–356. https://doi.org/10.1108/JCHMSD-03-2019-0034

Nasuha, A., Winursito, A., & Dhewa, O. A. (2022). Pemanfaatan Automatic Smart Pen Plotter (ASP2) dalam mendukung pelatihan membatik di Sanggar Batik Astoetik Yogyakarta (Abstrak PPM) [PDF]. DRPM UNY.

Nurhayati, D., Santoso, H., & Wibowo, A. (2020). Digitalization of traditional crafts: A study on batik artisans in Java. Asian Journal of Technology Innovation, 28(1), 45–60. https://doi.org/10.1080/19761597.2020.1716550

Radithya, H., & Eskak, E. (2023). Analisis minat pasar (Gen-Z) terhadap desain batik. Prosiding SNBK.

Rahman, A., & Hidayat, R. (2020). Peran Website Sekolah dalam Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(2), 78-90.

Sari, I. P., Elvitaria, L., & Rudiansyah, R. (2025). Data-driven approach for batik pattern classification using convolutional neural network (CNN). Jurnal Mandiri IT, 13(3), 323–331. https://doi.org/10.35335/mandiri.v13i3.361

Septyanto, D., et al. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 45-56.

Setiawan, R. (2021). Batik 4.0: Integrasi teknologi digital dalam pengembangan seni batik Indonesia. Jurnal Seni dan Desain, 10(2), 112–124. https://doi.org/10.31219/osf.io/abcd1

Suparmanto, N., Asih, A., Sudiarso, A., & Permanasari, A. E. (2024). Pricing decision system for custom design batik. JOIV: International Journal on Informatics Visualization, 8(1), 123–133. https://doi.org/10.62527/joiv.8.1.2000

Universitas Negeri Yogyakarta. (2021, August 14). Automatic Smart Pen Ploter (ASP2) untuk meningkatkan efektivitas produksi batik tulis Indonesia. https://www.uny.ac.id/id/berita/automatic-smart-pen-ploter-asp2-untuk-meningkatkan-efektivitas-produksi-batik-tulis

Utama, E. F. Y. S., & Edi, S. W. M. (2025). Identifikasi jenis batik menggunakan metode convolutional neural network (CNN) berbasis website. AITI: Jurnal Teknologi Informasi, 22(2), 150–164. https://doi.org/10.24246/aiti.v22i2.150-164

Zulfikar, R., et al. (2020). Analisis Keamanan Website Sekolah Menengah Pertama di Indonesia. Jurnal Sistem Informasi, 15(1), 23-34.

Diterbitkan

17-11-2025

Cara Mengutip

Hadi Karyono, T., Dhewa, O. G., Nasuha, A., Komarudin, K., Sutopo, S., Pustikaningsih, A., & Hidayatulloh, I. (2025). Penguatan Produksi Batik Tulis bagi Pengrajin Lokal melalui Pelatihan Inovasi Teknologi ASP2 Bersama PT. PMCT di Sanggar Batik Astoetik, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 381–392. https://doi.org/10.54082/jippm.959