Peningkatan Literasi Teknologi Telepresence melalui Pelatihan Interaktif bagi Siswa SMA Harapan Kasih Bandung

Penulis

  • Markus Tanubrata Program Studi Sistem Komputer, Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Hendry Wong Program Studi Sistem Komputer, Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Marvin Chandra Wijaya Program Studi Sistem Komputer, Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Jimmy Agustian Loekito Program Studi Sistem Komputer, Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Andrew Sebastian Lehman Program Studi Sistem Komputer, Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Jonathan Chandra Program Studi Sistem Komputer, Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Pin Panji Yapinus Program Studi Sistem Komputer, Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Semuil Tjiharjadi Program Studi Sistem Komputer, Universitas Kristen Maranatha, Indonesia
  • Karenina Wong Program Studi Sistem Komputer, Universitas Kristen Maranatha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.814

Kata Kunci:

Edukasi, Literasi Digital, Pengabdian Masyarakat, Telepresence, Teknologi Informasi

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi teknologi siswa SMA dalam bidang telepresence. Telepresence merupakan teknologi penting di era digital karena untuk meningkatkan koneksi antara manusia yang berjarak jauh. Pemahaman terhadap teknologi telepresence sangat penting dan relevan saat ini. Hal ini mengingat peranannya yang terus berkembang dalam bidang pendidikan, kesehatan, industri, hingga komunikasi global. Kegiatan ini melibatkan siswa kelas XI IPA dan XI IPS di SMA Harapan Kasih Bandung, dengan total peserta pengabdian sebanyak 34 siswa. Materi yang diberikan mencakup pengertian telepresence, contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari, serta penjelasan konsep dan implementasinya. Evaluasi hasil pengabdian dilakukan dengan cara memberikan pretest dan post-test yang berfungsi untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta pengabdian. Hasil pretest menunjukkan bahwa hanya 5 dari 34 siswa (15%) yang memahami konsep dasar telepresence, dan 9 siswa (26%) dapat menjawab soal dengan benar. Setelah sesi pembelajaran, hasil post-test meningkat secara signifikan: 29 siswa (85%) memahami konsep telepresence, dan 27 siswa (79%) mampu menjawab soal-soal teknis dengan benar. Selain terjadi peningkatan pengetahuan pada siswa, tetapi terjadi juga peningkatan minat siswa terhadap teknologi telepresence.

Referensi

Camelia, A., Fitri, A. D., Fujianti, P., & Munawarah, S. H. (2024). Peningkatan Budaya Keselamatan Transportasi di Lingkungan Kampus Unsri melalui Pengembangan Media Edukasi Digital. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.54082/jippm.415

Effendy, M. Y., Sutrisno, & Mustopa, A. (2020). Aplikasi Sistem Pakar Perawatan Komputer Untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar Dalam Meningkatkan Pelayanan Siswa. ICIT, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.33050/icit.v6i1.856

Endah, S. N., Sarwoko, E. A., Bahtiar, N., Wibowo, A., & Kurniawan, K. (2020). Pembinaan Pola Pikir Komputasi dan Informatika pada Siswa Sekolah Dasar. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 1–6. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2317

Febriyanti Utami, Hasmalena, H., Rantina, M., Suningsih, T., & Andika, W. D. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Berbasis ICT Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Flipped Classroom Bagi Guru PAUD. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 58–65. https://doi.org/10.31100/matappa.v5i1.1631

Flassy, M., Karetji, Y. N. A., & Renyaan, D. (2024). Penguatan Budaya Literasi melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Sentani Kabupaten Jayapura. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 257–262. https://doi.org/10.54082/jippm.641

Fuada, S., Ichsan, I. N., Pratama, H. P., Indriati, D., Putri, H., Suranegara, G. M., Setyowati, E., & Fauzi, A. (2020). WORKSHOP INTERNET-OF-THINGS UNTUK GURU DAN SISWA SEKOLAH MENENGAH DI PURWAKARTA, JAWA BARAT, GUNA MENUNJANG KOMPETENSI ERA INDUSTRI 4.0. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 39–51.

Harahap, B., Rambe, A., Hasibuan, E. H., & Singarimbun, R. N. (2022). Penerapan Komputer Dasar Terhadap Juru Kasir & Juru Buku Pada Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i1.206

Itasari, M., Amri, N. A., Muhtar, M., Nurfadhilah, A., Ridhwan, M., & Farid, A. F. (2025). Pengenalan Teknologi Kecerdasan Buatan dan IoT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa SMK Teknik Listrik di Dunia Industri dan Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(2), 433–438. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3521

Loekito, J. A., Wong, H., Setiawan, D., & Pranata, Y. A. (2022). Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Digital Untuk Anak- Anak Kampung Stamplat, Desa Indragiri, Kabupaten Bandung. Servirisma, 2(2), 103–112. https://doi.org/10.21460/servirisma.2022.22.23

Muhammad, R., Ali, K. M., & Arba, S. (2024). Membentuk Budaya dan Karakter Remaja tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui Pelatihan di SMP Islam 1 Kota Ternate. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 289–296. https://doi.org/10.54082/jippm.649

Muhson, A., Sudarsono, S., & Fadoli, H. I. (2024). Pelatihan Microsoft Office dan Pendampingan Pembelajaran Kitab Aqidatul Awam pada Siswa SMP NU Pakis. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 139–144. https://doi.org/10.54082/jippm.444

Santati, P., Saftiana, Y., Mavillinda, H. F., & Ghasarma, R. (2022). Peningkatan Literasi Teknologi Informasi Bagi Perangkat Kelurahan di Lingkungan Kecamatan Ilir Barat Dua Kota Palembang. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 175–188. https://doi.org/10.35912/yumary.v2i4.1037

Santoso, B. I., Rohmah, S., & Susanti, H. (2024). Pemanfaatan Ampas Kopi sebagai Sediaan Body Scrub di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 25–30. https://doi.org/10.54082/jippm.408

Suwardiyanto, D., Suardinata, I. W., & Subono, S. (2024). Implementasi Sistem Informasi HIPPAM Desa Kaligondo Berbasis Web dan Android. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 8(1), 138–150. https://doi.org/10.29407/ja.v8i1.21386

Wijaya, M. C. (2019). Perancangan Pembelajaran Fisika Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa terhadap Mata Kuliah Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 3(1), 28–36. https://doi.org/10.31539/spej.v3i1.928

Wijaya, M. C. (2023). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Pembuatan Aplikasi Mobile untuk Siswa SMAK 2 BPK Penabur Pasirkaliki Bandung. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 82–87.

Wijaya, M. C., Tanubrata, M., Lehman, A. S., Wong, H., & Tianda, A. (2021). Pelatihan Merakit Komputer Untuk Panti Sosial Asuhan Anak ( PSAA ) Darul Inayah. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(51), 285–292. https://doi.org/10.31960/caradde.v4i2.1007

Yapinus, P. P., Karsten, L., Bayu P., E. F. S., Kesumah, G. G. T., Parera, R. Z. A., & Anderson, R. (2021). Service Learning to Increase Utilization of X Video Editing Software Features within Limited Facilities for the Youth of Gereja Kristen Pasundan Cideres. Journal of Innovation and Community Engagement, 1(2), 121–137. https://doi.org/10.28932/jice.v1i2.3373

Yapinus, P. P., Wijaya, M. C., Tjiharjadi, S., Tanubrata, M., Chandra, J., Karsen, L., Cahyadi, T., & Tan, G. (2023). Pelatihan Teknik Pengambilan Gambar Video Kebaktian Secara Daring Di Vihara Buddha Gaya Bandung. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(1), 219–228. https://doi.org/10.29407/ja.v7i1.18698

Yapinus, P. P., Wong, H., Lehman, A. S., Tanubrata, M., Chandra, J., Loekito, J. A., Tjiharjadi, S., Wijaya, M. C., Bayu P., E. F. S. B. P., Parera, R. Z. A., Wibawa, O. V. Y., Rusli, C., Cahyadi, T., Armandi, D. Z., & Sinukaban, C. J. (2022). Pengenalan Komputer Disertai Pelatihan Mengetik bagi Anak Remaja Pusat Pengembangan Anak 434 Gloria Genyem Kelurahan Tabri Provinsi Papua. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(2), 393–401. https://doi.org/10.29407/ja.v6i2.16952

Diterbitkan

28-06-2025

Cara Mengutip

Tanubrata, M., Wong, H., Wijaya, M. C., Loekito, J. A., Lehman, A. S., Chandra, J., Yapinus, P. P., Tjiharjadi, S., & Wong, K. (2025). Peningkatan Literasi Teknologi Telepresence melalui Pelatihan Interaktif bagi Siswa SMA Harapan Kasih Bandung. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 163–174. https://doi.org/10.54082/jippm.814