Program Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Optimalisasi Tiktok dalam Meningkatkan Penjualan Komunitas UMKM Catering Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.813Kata Kunci:
Penjualan, Pelatihan, Strategi Optimalisasi, TiktokAbstrak
Strategi optimalisasi TikTok merupakan pendekatan yang sangat relevan dan efektif dalam meningkatkan daya saing UMKM di tengah pesatnya transformasi digital. TikTok sebagai platform berbasis video pendek memiliki potensi besar dalam membangun brand awareness dan meningkatkan interaksi konsumen secara cepat dan luas. Namun, banyak pelaku UMKM belum memahami cara memanfaatkan platform ini secara optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan teknis, dan kreativitas 30 pelaku UMKM dalam memanfaatkan TikTok sebagai alat pemasaran digital yang strategis. Metode pelaksanaan mencakup ceramah interaktif, studi kasus, simulasi langsung, dan workshop intensif. Materi yang disampaikan meliputi konsep pemasaran digital, pembuatan akun bisnis, pemahaman algoritma TikTok, eksplorasi fitur promosi, serta pelatihan produksi konten berbasis storytelling, tren viral, dan keunikan produk lokal. Berdasarkan hasil evaluasi pre-test dan post-test, terjadi peningkatan signifikan pemahaman peserta dari 33,8% menjadi 79,2%. Peserta juga mampu merancang strategi konten yang lebih relevan dan menarik, memperluas jangkauan audiens, serta meningkatkan visibilitas dan keterlibatan konsumen secara digital. Program ini berdampak langsung terhadap transformasi digital UMKM dan mendorong mereka untuk lebih adaptif, inovatif, serta siap bersaing di pasar berbasis media sosial.
Referensi
Afiah, N., Hasan, M., S, R., & Arisah, N. (2022). Analisis Pemanfaatan Aplikasi TikTok dalam X Meningkatkan Penjualan UMKM Sektor Kuliner di Kota Makassar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1257. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1040
Arum, M. P., & Hidayat, C. M. (2023). Pelatihan Dan Sosialisasi Tiktok Shop Sebagai Strategi Digital Marketing Untuk Optimalisasi UMKM Menuju Digitalisasi. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 3(2), 33–41. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v3i2.1099
Bangun, C. S., & Purnama, S. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i2.826
Hapsari, R., Clara, Ully, D., Najla, Agustin, A., Reyka, Putri, K., Salwa, Lahman, N., Sukma, & Rohmah, A. M. (2023). Optimalisasi Kegiatan Pemasaran Pelaku UMKM di Kota Malang Melalui Media Sosial Instagram Dan Tiktok. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) https://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i1.4731
https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/issue/archive
https://www.statista.com/statistics/617136/digital-population-world
Manaar, Setiawan, D., & Khaira, U. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Perilaku Pengguna Layanan GoFood di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode UTAUT 2. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas
Mesran, M., Suginam, S., Joli Afriany, & Dwika Assrani. (2024). Optimalisasi Peningkatan Penjualan Menggunakan Media Sosial Tiktok. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 395–401.https://djournals.com/jpm/article/view/1531/1123
Muharam, H., Fitriyani, S., Marthalia, L., & Simanjuntak, V. C. (2024). Optimalisasi Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Keripik Pisang (Tiens Banana Chips) di Kabupaten Subang. Jurnal Pengabdian Tangerang Selatan: JURANTAS, 2(3), 192–199. https://journal.lap4bangsa.org/index.php/jurantas
Muplihat, S., & Karnadi. (2025). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL TIKTOK UNTUK PENGEMBANGAN UMKM DI DESA SEGARJAYA. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, Vol 4.https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/view/9313
Nangoy, E. S. C., Tampi, J. R. E. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Digital Marketing Promotion pada Curabeauty Manado. Productivity (Vol. 5, Issue 2).https://doi.org/10.35797/ejp.v5i1.54704
Nur Hanifatur Rohmah, & Zaenal Wafa. (2025). Pemberdayaan UMKM Tradisonal dalam Era Digital : Optimalisasi Tiktok untuk Pemasaraan Krecek. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.59031/jpbmi.v3i1.567
Purwaamijaya, B. M., Herdiana, O., Prehanto, A., Maesaroh, S. S.(2022). Pelatihan Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Melalui Sosial Media Tiktok. JURNAL ILMIAH PENGABDIAN DAN INOVASI 1(2), 133–140. https://journal.insankreasimedia.ac.id/index.php/JILPI
Ramadhany, T. P., Maulani, D. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ROTI AFIKA SARI. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT UIKA JAYA 2(2). https://doi.org/10.32832/jpmuj.v2i2
Riofita, H. (2024). Optimalisasi Platform Digital Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM. INOVASI MAKRO EKONOMI https://journalpedia.com/1/index.php/ime
Setijaningrum, E., Wahyuni Triana, R., Dzulfikar, M., Ghofiqi, A., Gozali, D., Hardiana, R.(2025). Pelatihan dan Pendampingan Aparatur Desa dalam Penyusunan Peraturan Perlindungan Pekerja Migran di Desa Arjowilangun, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 7–18. https://doi.org/10.54082/jippm.750
Sinulingga, G., Setiawati, S., Furkonudin, F., Muhammad Thantawi, A., Siti Nurliyah, E., Amanda Lestari Putri Lubis, H., Miharja, M., Faizal, H., (2022). Pkm Pelatihan Digital Marketing Dengan Aplikasi Tik Tok Serta Optimalisasi Live Tik Tok Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada Pelaku Umkm Binaan Gemma Indonesia Raya IKRAITH ABDIMAS.
Sisilia, N. dan Firdaus, (2024). Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Aplikasi TikTok: Studi Kasus pada Industri E-Commerce. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 32–36. https://doi.org/10.61132/rimba.v2i3.1014
Smith, T., and Short, A. (2022). Needs affordance as a key factor in likelihood of problematic social media use: validation, latent Profile analysis and comparison of TikTok and Facebook problematic use measures. Addict. Statista. (2024, October). Number of internet and social media users worldwide as of October 2024.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Lulu Setiawati, Abelitha Hosana, Yelsa Meylani, Axel Darmawan, Charles William

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.