Pembekalan Duta Kesehatan UKS di SMK Kesehatan Binatama Yogyakarta untuk Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Remaja
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.808Kata Kunci:
Duta UKS, Kesehatan Remaja, PenyuluhanAbstrak
Remaja merupakan kelompok usia rentan terhadap berbagai masalah kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, peningkatan pemahaman dan peran remaja dalam menjaga kesehatan sangat penting. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa SMK Kesehatan Binatama Yogyakarta sebagai calon Duta UKS. Metode yang digunakan berupa penyuluhan dengan materi terkait UKS, komunikasi kesehatan, TRIAD KRR, GEMA CERMAT, dan praktik kesehatan dasar. Kegiatan dilaksanakan oleh Mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan melalui Tim Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamat). Sebanyak 109 siswa kelas X dari jurusan Keperawatan dan Farmasi terlibat dalam kegiatan ini. Hasil Pretest dan Post-test menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa pada seluruh materi, dengan peningkatan tertinggi sebesar 20,81% pada topik komunikasi kesehatan. Uji Wilcoxon menunjukkan p<0,001, yang menandakan adanya pengaruh signifikan dari kegiatan ini terhadap peningkatan pengetahuan siswa.
Referensi
Ambohamsah, I., Akbar, F. and Herliana, H. (2021) ‘Penyuluhan Napza pada Remaja Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar’, Jurnal Abdidas, 2(6), pp. 1327–1330. Available at: https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.477.
Ernawati, E. et al. (2023) ‘Upaya Peningkatan Status Kesehatan Remaja Kesehatan Sekolah Di’, … Kesehatan, 6(3), pp. 173–180. Available at: https://jpk.jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/jpk/article/view/300/0.
Harefa, J.K. (2022) ‘The Relationship of Adolescent Knowledge About The Three Basic Threats Of Adolescent Reproductive Health (Triad Krr) With Adolescent Attitudes To Reproductive Health In Smk Negeri 1 Tuhemberua’, Science Midwifery, 10(4), pp. 2721–9453. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.35335/midwifery.v10i4.761.
Hermanto, A. et al. (2023) ‘Edukasi Pentingnya Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Serta Kebersihan Diri Pada Remaja Di SMPN 1 Wongsorejo’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ceria (JPKMC), 1(2), pp. 114–118. Available at: https://doi.org/10.61674/jpkmc.v1i2.133.
Hidayati, N.R. et al. (2025) ‘Health education on clean and healthy living behaviors and introduction to drug logos at MI Assalafiyah, Bode Lor Village’, 10(2), pp. 261–266. Available at: https://doi.org/doi.org/10.31603/ce.12299 Abstract.
Isni, K. (2021) ‘Pola Komunikasi dan Keterampilan Sosial Remaja di Era Digital’, Panrita Abdi, 5(4), pp. 681–689. Available at: https://doi.org/10.20956/pa.v5i4.11939.
Melani, M. et al. (2024) Promosi Kesehatan Remaja dengan Pendekatan KIPK.
Menkes RI (2015) ‘Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.02/MENKES/427/2015 tentang Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat’, p. 4.
Muliasari, H. et al. (2021) ‘Edukasi dan sosialisasi gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat) dengan metode CBIA’, INDRA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), pp. 53–57. Available at: https://doi.org/10.29303/indra.v2i2.131.
Novi, A. et al. (2025) ‘Pelatihan Komunikasi untuk Menanamkan Rasa Percaya Diri Siswa dan Mahasiswa’, 5(1), pp. 65–72. Available at: https://doi.org/10.54082/jamsi.1540.
Nugroho, F.A. et al. (2022) ‘Nutrition Education and Strengthening Healthy Living Characters of Junior High School Students at Malang City’, Smart Society, 2(2), pp. 55–62. Available at: https://doi.org/10.58524/smartsociety.v2i2.129.
Nurhanifah, D. and Sabil, S.E. (2025) ‘Penerapan Teknik Cuci Tangan dan Sikat Gigi yang Baik dan Benar untuk Mencegah Penyakit Menular Melalui Edukasi Hidup Sehat infectious diseases through healthy living education’, pp. 30–36. Available at: https://doi.org/10.35816/abdimaspolsaka.v4i1.86.
Rafida, R. and Astuti, B. (2024) ‘The Effectiveness of Social Skills Training in Improving Students’ Interpersonal Communication’, Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(1), pp. 33–44. Available at: https://doi.org/10.15575/psy.v11i1.30357.
Rahayu, H.T. and Rohmah, A.I.N. (2023) ‘The Assistance of The School Health Unit “UKS” Development to Optimize Health among Elementary Students’, Asian Journal of Community Services (AJCS) [Preprint]. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.55927/ajcs.v2i2.3161.
Rahmad, I. and Nurwahidah, N. (2022) ‘The Effect of Counseling on Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) on Community Behavior to Prevent Diarrhea’, Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 10(2), p. 192. Available at: https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i2.4939.
Ramdan, A.Y. et al. (2025) ‘Revitalisasi UKS Melalui Edukasi Pelaksanaan Program Layanan Trias UKS pada Siswa di SDN 1 Gelora’, KOMUNITA Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), pp. 28–36. Available at: https://doi.org/10.60004/komunita.v4i1.124.
Rozali, Y.A., Sitasari, N.W. and Lenggogeni, A. (2021) ‘Meningkatkan Kesehatan Mental Di Masa Pandemic’, Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 7(2). Available at: https://doi.org/10.47007/abd.v7i2.3958.
Siswandi, L. et al. (2022) ‘Bahaya Narkoba terhadap Generasi Muda’, 33(1), pp. 1–12. Available at: https://doi.org/10.58192/karunia.v1i4.332.
Suryani, S. et al. (2020) ‘Gema Cermat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat) for Student in the City of Kendari Southeast Sulawesi’, Darmabakti Cendekia: Journal of Community Service and Engagements, 2(1), p. 4. Available at: https://doi.org/10.20473/dc.v2.i1.2020.4-8.
Torres, M.L.G.M., Sampaio, A.L.L. and Caracas, H.C.P.M. (2023) ‘Changes in the communicative skills of young people as a result of a communication training’, Codas, 35(5), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.1590/2317-1782/20232022041.
Tukatman et al. (2021) ‘Edukasi Kesehatan Remaja Tentang Napza dan Kesehatan Jiwa di Sekolah Menengah Atas/Sederajat Kabupaten Kolaka’, Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4(6), pp. 1326–1330. Available at: https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i6.4347.
Unja, E.E. et al. (2024) ‘Strengthening Health Literacy As The Main Pillar Of Realising Healthy Schools At Nahdlatul Ulama Junior High School In Banjarmasin City’, 6(2), pp. 66–74. Available at: https://doi.org/10.36720/csji.v6i2.697.
W, A.S. et al. (2020) ‘Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Diri Siswa SDN Sonoadi Karanggeneng Lamongan.’, 2, pp. 356–363.
Wittiarika, I.D. et al. (2025) ‘International Collaboration : Strenghening Adolescent Health Programs Through Global Partnerships in Empowering School Health Program Cadres and Peer Tutors’, 9(1), pp. 133–139. Available at: https://doi.org/10.20473/.v9i1.2025.133-139.
Yasin, R. Al et al. (2022) ‘Pengaruh Sosial Media Terhadap Kesehatan Mental Dan Fisik Remaja: a Systematic Review’, Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(2), pp. 83–90. Available at: https://doi.org/10.31004/jkt.v3i2.4402.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sitti Nur Djannah, Trinur Afika Mandar, Aswin Fauziah, Ika Martiningsih, Ida Rubaida, Yuniati Yuniati, Nuri Hastuti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.