Pendampingan Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan bagi Guru di Yayasan Waqah Al Hidayah, Hatyai, Provinsi Songkhla, Thailand

Penulis

  • Zaenal Abidin Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Riza Arifudin Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-8626-532X
  • Endang Sugiharti Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-4865-3305

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.758

Kata Kunci:

Aplikasi AI, Guru, Kecerdasan Buatan, Pembelajaran

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan literasi digital guru melalui pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran di Yayasan Waqaf Al-Hidayah, Hatyai, Thailand. Tantangan penggunaan teknologi di kalangan guru di Hatyai, Provinsi Songkhla menjadi perhatian utama, khususnya dalam konteks pembelajaran yang relevan bagi generasi digital. Metode kegiatan mencakup lima tahapan: identifikasi kebutuhan, pengenalan AI, praktik penggunaan agen cerdas berbasis Large Language Model (LLM), pengembangan media pembelajaran berbasis Canva AI, serta pendampingan dan monitoring melalui media sosial. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa seluruh peserta telah menggunakan aplikasi berbasis AI sebelumnya, dan menganggap AI membantu efisiensi dan kreativitas pembelajaran. Namun, kekhawatiran terhadap ketergantungan dan dampak sosial juga muncul. Evaluasi melalui angket mengungkapkan respons positif terhadap kegiatan, meskipun partisipasi terbatas akibat kendala geografis. Simpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pendampingan pemanfaatan AI dapat memperkuat kompetensi guru, namun tetap diperlukan penguatan etika penggunaan teknologi untuk menjaga kualitas interaksi dan keberimbangan peran guru dalam proses pembelajaran.

Referensi

Baidoo-Anu, D., & Ansah, L. O. (2023). Education in the era of generative artificial intelligence (ai): Understanding the potential benefits of chatgpt in promoting teaching and learning. Journal of AI, 7(1), 52-62.

Chiu, T. K., Xia, Q., Zhou, X., Chai, C. S., & Cheng, M. (2023). Systematic literature review on opportunities, challenges, and future research recommendations of artificial intelligence in education. Computers and Education: Artificial Intelligence, 4, 100118.

Choi, Y. J., & Kenney, L. (2024). A conceptual framework to explore considerations of the social implications in internet of things and smart city governance and policy: The case of thailand. Policy & Internet, 16(2), 242-271. https://doi.org/10.1002/poi3.401

Khosravi, H., Shum, S. B., Chen, G., Conati, C., Tsai, Y.-S., Kay, J., . . . Gašević, D. (2022). Explainable artificial intelligence in education. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3, 100074.

Luo, W., He, H., Liu, J., Berson, I. R., Berson, M. J., Zhou, Y., & Li, H. (2024). Aladdin’s genie or pandora’s box for early childhood education? Experts chat on the roles, challenges, and developments of chatgpt. Early Education and Development, 35(1), 96-113.

Nguyen, A., Ngo, H. N., Hong, Y., Dang, B., & Nguyen, B.-P. T. (2023). Ethical principles for artificial intelligence in education. Education and Information Technologies, 28(4), 4221-4241.

Su, J., & Zhong, Y. (2022). Artificial intelligence (ai) in early childhood education: Curriculum design and future directions. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3, 100072.

Sumintono, B., Wibowo, S. A., Mislan, N., & Tiawa, D. H. (2012). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengajaran: Survei pada guru-guru sains smp di indonesia. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(1), 122-131.

Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis kompetensi digital guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600-4611.

Tan-a-ram, S., Leelayuttho, A., Kittipiyakul, S., Pornsukjantra, W., Sereevoravitgul, T., Intarapanich, A., . . . Treeumnuk, D. (2022). Kidbright: An open-source embedded programming platform with a dedicated software framework in support of ecosystems for learning to code. Sustainability, 14(21), 14528. https://doi.org/10.3390/su142114528

Waldopo, W. (2015). Dampak pelatihan pemanfaatan tik (petik) untuk pembelajaran bagi guru di sekolah indonesia di luar negeri (studi guru-guru sekolah indonesia di bangkok-thailand). Jurnal Teknodik, 024-035.

Yunardi. (2014). Sistem pendidikan di thailand. Kantor Atase Pendidikan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok.

Diterbitkan

23-05-2025

Cara Mengutip

Abidin, Z., Arifudin, R., & Sugiharti, E. (2025). Pendampingan Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan bagi Guru di Yayasan Waqah Al Hidayah, Hatyai, Provinsi Songkhla, Thailand. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 29–36. https://doi.org/10.54082/jippm.758