Pendampingan Pembuatan Sertifikasi Halal sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Penjualan UMKM Sarlee Bu Tin Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.715Kata Kunci:
Daya Saing Penjualan, Legalitas Usaha, Pemasaran, Sertifikasi Halal, UMKMAbstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam menunjang perekonomian Indonesia, terutama dalam menciptakan lapangan kerja serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Akan tetapi, UMKM masih sering menghadapi berbagai tantangan, seperti akses terhadap teknologi yang terbatas, legalitas usaha, serta pemasaran produk. Program pengabdian ini memiliki tujuan agar dapat meningkatkan kapasitas UMKM melalui pelatihan dan pendampingan dalam aspek manajemen usaha, digitalisasi pemasaran, dan pengurusan legalitas usaha (Sertifikasi Halal). Metode yang digunakan meli-puti pendekatan partisipatif, pelatihan berbasis praktik, dan evaluasi keberlanjutan program. Hasil dari kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produk, dan kepemilikan legalitas usaha. Program ini diharapkan dapat memberi dampak positif dalam keberlanjutan usaha UMKM di Kelurahan Sumber Rejo dan berkontribusi terhadap penguatan ekonomi lokal melalui pembuatan sertifikasi halal.
Referensi
Fartini, A. (2019). Produk Adalah Barang Dan/Atau Jasa Yang Terkait Dengan Makanan, Minuman, Obat, Kosmetik, Produk Kimiawi, Produk Biologi, Produk Rekayasa Genetik, Serta Barang Gunaan Yang Dipakai, Digunakan, Atau Dimanfaatkan Oleh Masyarakat. Produk Halal Adalah Produk Ya. 15(1), 70–78.
Nurdiansyarani, R. E. (2024). Manfaat Sertifikasi Halal bagi UMKM di Pasar Global. Jurnal Unair. https://unair.ac.id/manfaat-sertifikasi-halal-bagi-umkm-di-pasar-global/
Pudji, W. (2024). Dampak Sertifikasi Halal pada UMKM Produsen Makanan dan Minuman Anggota Desa Preneur Model K45PAK. Jurnal Pasca UGM. https://pasca.ugm.ac.id/dampak-sertifikasi-halal-pada-umkm-produsen-makanan-dan-minuman-anggota-desa-preneur-model-k45pak/
Warto, S., & Samsuri. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 15-25. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jieb/article/view/2803
Widayat, W. (2020). Pendampingan Sertifikasi Halal Pada UMKM Hanum Food (Halal Certification Support In UMKM Hanum Food). E-Journal Undip. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/ijh/article/download/9189/4655
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ananda Natasya, Sugito Sugito

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.