Sosialisasi Anti-Perundungan untuk Membentuk Budaya Toleransi di Sekolah Dasar Negeri 1 Belok, Bali
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.674Kata Kunci:
Perundungan, Siswa, Sosialisasi, ToleransiAbstrak
Perundungan masih menjadi isu serius di Indonesia, dengan ribuan kasus kekerasan terhadap anak di sekolah. Bentuknya meliputi fisik, verbal, dan psikologis, yang dapat menyebabkan trauma hingga bunuh diri. Pencegahan diatur dalam UU Perlindungan Anak dan Permendikbud Ristek Nomor 46 Tahun 2023, dengan pendidikan karakter sebagai strategi utama. Sosialisasi oleh Mahasiswa KKN Tematik Desa Belok/Sidan menggunakan metode seperti identifikasi kebutuhan, penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Hasilnya, pemahaman siswa meningkat, sikap dan perilaku berubah, kasus perundungan berkurang, dan budaya sekolah menjadi lebih positif. Program ini menjadi langkah awal untuk menciptakan generasi yang toleran dan peduli, sekaligus menekan laporan kasus perundungan yang diterima guru.
Referensi
Adinda, A., Afrida, Y., & Braferi, L. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Tindakan School Bullying Sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMA S Xaverius Bukittinggi. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 6(1), 01-18.
Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Kasus Perundungan Pelajar di Indonesia. Jakarta: BPS.
Hasanuddin, M. (2022). Bhinneka Tunggal Ika dan Persatuan Bangsa. Jakarta: Gramedia.
Istianah, A., Darmawan, C., Sundawa, D., & Fitriasari, S. (2024). Peran Pendidikan Kebinekaan dalam Pendidikan Kewarganegaraan untuk Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Damai. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(1), 15-29.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Panduan Pencegahan Kekerasan di Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.
Nikita Rosa. (2024). Laporan Tahunan Kekerasan terhadap Anak di Indonesia. Jakarta: Komnas PA.
Olweus, D.(2023). Bullying at school: What we know and what we can do. Malden, MA: Blackwell Publishing, 140 pp., $25.00. Psychology in the Schools, 40(6).
Rigby, K. (2012). Bullying in schools: Addressing desires, not only behaviours. Educational Psychology Review, 24, 339-348.
Setiawan, R. (2021). Pendidikan Karakter untuk Generasi Muda. Yogyakarta: Andi Publisher.
Ttofi, M. M., & Farrington, D. P. (2011). Effectiveness of school-based programs to reduce bullying: A systematic and meta-analytic review. Journal of experimental criminology, 7, 27-56.
UNICEF Indonesia. (2020). Data Kasus Bunuh Diri dan Perundungan di Indonesia. Jakarta: UNICEF.
Wijaya, T. (2023). Membangun Toleransi di Lingkungan Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Made Gita Sudharani, Ratri Amalia Sugesti, I Ketut Indra Adiyasa, I Nyoman Sugiartha Gautama, Ni Luh Putu Intan Dewi Fridayanti, Adinda Friska Amalia Muhamad, I Gusti Ayu Isiana Putri, I Gede Wisnu Juliarta, Tedi Erviantono, Gede Indra Pramana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.