Peningkatan Strategi Penjualan UMKM melalui Perbaikan Kemasan Produk di Kecamatan Sugio

Penulis

  • Mu'ah Mu'ah Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan, Indonesia
  • Mas'adah Mas'adah Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan, Indonesia
  • Mokhtar Sayyid Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan, Indonesia
  • Masram Masram Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan, Indonesia
  • Cuk Triono Singgih Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.662

Kata Kunci:

Kemasan, UMKM, Penjualan, Strategi

Abstrak

Program pengabdian masyarakat di Kecamatan Sugio bertujuan untuk membantu UMKM meningkatkan daya saing mereka. Salah satu langkah pentingnya adalah melalui perbaikan kemasan produk, sehingga tidak hanya berfungsi sebagai pelindung produk tetapi juga sebagai alat komunikasi yang mampu meningkatkan daya tarik dan nilai jual. Upaya ini diharapkan dapat membuka peluang pasar yang lebih luas, mendukung pertumbuhan UMKM, dan pada akhirnya berkontribusi pada penguatan ekonomi lokal di Kecamatan Sugio. Metode yang digunakan adalah partisipatif yang melibatkan mahasiswa KKN sebagai fasilitator utama dalam pelaksanaan kegiatan. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa perbaikan kemasan dapat meningkatkan strategi penjualan UMKM secara signifikan. Dengan kemasan yang lebih menarik dan informatif, produk UMKM di Kecamatan Sugio mampu bersaing di pasar yang lebih luas dan mendapatkan perhatian lebih dari konsumen. Program ini juga memperlihatkan pentingnya pemberdayaan berbasis kolaborasi antara mahasiswa, pelaku UMKM, dan masyarakat setempat untuk menciptakan dampak yang berkelanjutan

Referensi

A. Amin Dwi, D. S. (2013). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Industri Kreatif Di Kota Malang. In Jurnal Ilmu ekonomi.

Ekmarinda, E. Y. (2022). Peningkatan Pemasaran Dengan Labeling Dan Pencatatan Akuntansi Untuk Produk Bagi Ukm Daffa. Progress Conference, 5(2), 245–253. http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/504%0Ahttps://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/download/504/405

Hirmantono, A., Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan, I., & Tadulako, U. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus UMKM di Kawasan Pondok Pesantren Darul ’Ulum Jombang (MSME Marketing Strategy during the Covid-19 Pandemic: Case study of UMKM in the Area of Pondok Pesantren Darul ’Ulum Jombang). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital (JBPD), 1(1), 43–48.

Karlina, N., Halim, H. A., Azizi, M. F., Athusholihah, A., Tarliyah, A., Padjadjaran, U., & Sumedang, K. (2019). Pemberdayaan kewirausahaan masyarakat desa cisempur dan pendampingan kewirausahaan berbasis ecommerce. 2(3), 262–269.

Maryam, I., & Widjajani, S. (2023). Pelatihan Branding dan Packaging Produk UMKM di Desa Ganggeng Kabupaten Purworejo. Jurnal Terapan Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.24269/jteb.v3i1.6757

Ramadhan, A., & Games, D. (2022). Proyek Pengembangan Produk Makanan Tradisional Dendeng Balado Kemasan “Nan Taraso.” Analisis, 12(2), 118–138. https://doi.org/10.37478/als.v12i2.1938

Semariyani, A. A. M., Sudiarta, I. W., & ... (2019). Pengemasan dan Strategi Pemasaran Produk Pangan di Desa Sulangai. Community Services Journal (CSJ), 2(1), 23–28. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/csj/article/view/1879

Singgih, C. T., Galahartlambang, Y., & Firdawati, Y. (2022). Pelatihan Digital Marketing UMKM Kawasan Pondok Pesantren Rejoso Peterongan Jombang: Pelatihan Digital Marketing UMKM Kawasan Pondok Pesantren Rejoso Peterongan Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 423–425.

Suhartono, E., Marisa, D., Istiana, I., & Hayatie, L. (2022). Pelatihan Pembuatan Minuman Serbuk Instan Kelakai dan Inovasi Marketing pada Mahasiswa. Smart Society Empowerment Journal, 2(2), 37. https://doi.org/10.20961/ssej.v2i2.62495

Sulistiyani, S., Pratama, A., & Setiyanto, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4029

Sushanty, V. R., Ratnawati, S., & Sutarman, S. (2020). Pelatihan Meningkatkan Kualitas Produk, Manajemen Dan Pemasaran Minuman Lidah Buaya “Hijau Daun” Di Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Jurnal Abdidas, 1(6), 720–728. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.147

Susilawati, S., & Sunardi, S. (2021). PENINGKATAN DAYA SAING DODOL NANAS SI-JANK MELALUI STRATEGI PEMASARAN PRODUK. Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi. https://doi.org/10.31869/me.v7i2.2776

Diterbitkan

22-01-2025

Cara Mengutip

Mu’ah, M., Mas’adah, M., Sayyid, M., Masram, M., & Singgih, C. T. (2025). Peningkatan Strategi Penjualan UMKM melalui Perbaikan Kemasan Produk di Kecamatan Sugio. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 407–412. https://doi.org/10.54082/jippm.662