Inovasi Pendidikan Islam: Manajemen Tahfidz Camp di Panti Asuhan Berkah Palangka Raya

Penulis

  • Aminah Khoirunisa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.440

Kata Kunci:

Inovasi, Manajemen, Tahfidz Camp

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi pendidikan islam di Panti Asuhan Berkah Palangka Raya. Inovasi manajemen ini merupakan gagasan, praktik, objek, dan metode baru di bidang pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan atau memecahkan masalah pendidikan. Ide, praktik, dan metode baru yang dimaksudkan adalah sesuatu yang sudah berjalan, sudah ada, sudah dipraktikkan dalam keseharian proses manajemen dalam kerangka peningkatan mutu pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Dengan mengambil lokasi pengabdian ini dilakukan di Panti Asuhan Berkah Palangka Raya. Data dalam pengabdian ini terbagi menjadi dua jenis yaitu data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan dengan melakukan wawancara tidak terstruktur kepada Ketua Panti dan beberapa pengurus yang ditunjuk sebagai informan. Data sekunder tersusun dalam bentuk dokumen-dokumen. Data sekunder diperoleh dari proses dokumentasi ketika observasi dan dokumen lain yang menunjang pengabdian. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Sementara dalam melakukan analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Referensi

Ansari, M. I. (2017). Pelaksanaan Karantina Tahfidzh Al-Qur’an 30 Hari untuk Siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Banjarmasin. Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 1–18.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. In Jurnal Universitas Udayana. ISSN (Vol. 2302). Rineka Cipta.

Az-Zawawi, Y. A. F. (2018). Revolusi Menghafasl Al-Qur’an, Cara Menghafal, Kuat Hafalan dan Terjaga Seumur Hidup. Insan Kamil.

Henry, F. (2012). dialih bahasa M Ladzi Safroni. In Manajemen Reformasi Pelayanan Publik. Manajemen Reformasi Pelayanan Publik.

Nurlailita, D. (2021). Metode Pembelajaran Tahfidz Camp di SMAIT As-Syifa Boarding School Subang. Journal of Education and Teaching, 2(2), 168. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.9862

Ratnaningtyas, E. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, XXII(Maret), 1–179. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Rusdiana, H. . (2014). Konsep inovasi pendidikan. In Pustaka setia. CV Pustaka Setia. https://etheses.uinsgd.ac.id/8787/1/Buku Konsep Inovasi Pendidikan.pdf

Sutrisno. (2013). Kontribusi Madrasah dalam Pembentukan Karakter Bangsa; Tinjauan Peran Kultur Madrasah dalam Pembentukan Konsep Diri Religius Siswa. In Makalah Seminar Kontribusi PAI terhadap Pembentukan Karakter Bangsa, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang di Hotel Pandanaran.

Diterbitkan

14-07-2024

Cara Mengutip

Khoirunisa, A. (2024). Inovasi Pendidikan Islam: Manajemen Tahfidz Camp di Panti Asuhan Berkah Palangka Raya. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 209–218. https://doi.org/10.54082/jippm.440