Pelatihan Digitalisasi Seni Tari Kolaboratif: Strategi Peningkatan Ekonomi Kreatif bagi Kelompok Seni Transi Muda Desa Dandajaya, Barito Kuala, Kalimantan Selatan

Penulis

  • Sherly Nur Hikmah Pendidikan Seni Pertunjukan, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Tutung Nurdiyana Pendidikan Seni Pertunjukan, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Putri Dyah Indriyani Pendidikan Seni Pertunjukan, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.429

Kata Kunci:

Digitalisasi, Promosi, Tari Kolaboratif

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan penggunaan teknologi bagi kelompok kesenian Transi Muda, yang terletak di Desa Dandajaya Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, melalui pelatihan digitalisasi promosi tari kolaboratif dengan menggunakan platform dan mekanisme yang tepat. Metodologi pelatihan menggunakan pendekatan partisipatif yang melibatkan kolaborasi antar tim pengabdian dan kelompok kesenian Transimuda. Pelatihan dilakukan dalam beberapa tahap, dimulai dengan persiapan tim pengabdian berupa survei dan identifikasi masalah serta solusinya, selanjutnya tahap sosialisasi pentingnya pemasaran kelompok seni secara global, diikuti pelatihan desain promosi dan mekanisme pemasaran dengan integrasi platform berupa google Drive, Tomeapp, Youtube, dan instagram. Para peserta pelatihan mempraktikkan secara langsung menggunakan platform tersebut dengan smartphone. Selain itu, partisipasi dalam pelatihan juga meningkatkan kesadaran dan daya kreatifitas anggota kesenian Transimuda akan pentingnya penggunaan teknologi untuk promosi keseniannya. Dampak jangka panjang dari pelatihan ini meliputi peningkatan ansistem pemasaran dengan jangkauan lebih luas berbasis digital marketing yang telah berhasil menigkatkan pemasukan bagi kelompok kesenian tersebut.

Referensi

Aliya, Nadira, ____, Pengertian Youtube Beserta Manfaat dan Fitur-fitur Youtube yang Perlu Anda Ketahui, [online], (https://www.nesabamedia.com/pengertianyoutube/, diakses tanggal 22 Januari 2022 )

Bismala, Lila. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, Vol. 5, No. 1, Maret 2016

Mumtaha, H. A. and Khoiri, H. A. (2019) ‘Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce)’, JURNAL PILAR TEKNOLOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik, 4(2), pp. 55–60. doi: 10.33319/piltek.v4i2.39.

Sukmana Ena, (2005). Digitalisasi Budaya. Seminar Peran Pustakawan Pada Era Digital. Institut Teknologi Nasional, Bandung (www.researchgate.net, diakses 24 Januari 2015)

Suwarya, F. M. (2021). Dahsyatnya Google Drive. Indramayu: Guepedia.

Diterbitkan

04-06-2024

Cara Mengutip

Hikmah, S. N. ., Nurdiyana, T., & Indriyani, P. D. (2024). Pelatihan Digitalisasi Seni Tari Kolaboratif: Strategi Peningkatan Ekonomi Kreatif bagi Kelompok Seni Transi Muda Desa Dandajaya, Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 95–100. https://doi.org/10.54082/jippm.429