Pelatihan Penggunaan Smartphone untuk Melakukan Foto Produk dan Editing Foto sebagai Pembuatan Iklan Produk bagi Anggota RPTRA Payung Tunas Teratai Jakarta Timur

Penulis

  • Susilowati Susilowati Penyiaran, Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Gan Gan Giantika Penyiaran, Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Azwar Munanjar Penyiaran, Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Ichsan Widi Utomo Penyiaran, Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.34

Kata Kunci:

Editing Foto, Foto Produk, Smartphone

Abstrak

Kegiatan yang menjadi bagian program Pengabdian Kepada Masyarakat (PM) mempunyai tujuan guna menambah kemampuan mitra dalam mengambil foto produk dalam pembuatan iklan menggunakan Smartphone. Permasalahan yang dialami mitra adalah; Ketidaksamaan latar belakang pendidikan dan kurangnya pemahaman para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jakarta Timur untuk melakukan promosi produknya menggunakan media social dengan menampilkan foto produk yang baik dan menarik, serta Latar belakang dari anggota mitra yang heterogen sehingga memerlukan pengetahuan dalam pengambilan foto dan melakukan editing foto produk menggunakan kamera Smartphone; Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan pelatihan dilakukan secara langsung dan tatap muka dengan melakukan beberapa tahapan yaitu tahap persiapan yaitu survey lokasi kegiatan, tahap pelaksanaan yaitu pelatihan pelatihan dalam penggunaan Smartphone untuk foto produk dan editing foto sebagai pembuatan iklan produk bagi anggota dari RPTRA Payung Tunas Teratai Jakarta Timur, tahap monitoring dan evaluasi untuk melihat efektifitas dan respon peserta. Hasil yang didapat dari pemaparan materi, pelatihan dan praktek telah menambah wawasan peserta dalam penggunaan Smartphone untuk foto produk dan editing foto sebagai pembuatan iklan produk bagi anggota dari RPTRA Payung Tunas Teratai Jakarta Timur.

Referensi

Alyatalatthaf, M. D. M. (2021). Smartphone Photography Sebagai Media Promosi Pariwisata di Kampung Paniis, Pandeglang, Banten. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.53008/abdimas.v2i2.188

Bahri, A. Q. (2022). Hanya berbekal sebuah handphone, kamu bisa mengedit foto secara mudah. Https://www.brilio.net/. https://plus.kapanlagi.com/6-cara-mengedit-foto-di-galeri-hp-android-bisa-juga-lewat-aplikasi-2237d5.html

Cipto, A. W. (2021). Mengenal Fitur Pada Kamera Smartphone - Excellent Computer. Https://www.excellentcom.id/.

DPRKP. (2020). Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Https://dprkp.jakarta.go.id/. https://dprkp.jakarta.go.id/?cmd=product-rptra

Isbalna. (2019). Mengenal Fitur Manual Camera Smartphone - phonegrahpyindonesia.

LPPI. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). https://www.bi.go.id/id/umkm/penelitian/Documents/Profil Bisnis UMKM.pdf

Saliama, J. S., & Wibowo, T. (2020). Studi Komparasi Teknik Antara DSLR dan Smartphone Photography. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology-Universitas InternasionalBatam, 1(1), 439–451. https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/download/1446/948/

Simatupang, S., Widati, G., & Erwin, B. (2020). Proses Sosial Dan Fisik Dalam Produksi Ruang Publik Perkotaan Studi Kasus: Pembangunan Rptra Di Jakarta. In http://repository.uki.ac.id/. http://repository.uki.ac.id/2324/1/PROSESSOSIALDANFISIK.pdf

Solihin, S. R., & Fiandra, Y. (2022). Perancangan Handbook Fotografi Produk Menggunakan Smartphone Untuk Pemilik Bisnis Online Di Kabupaten Bandung. KREATIF(Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental Dan Inovatif), 4(1), 17–26. https://journalkreatif.sttbandung.ac.id/index.php/files/article/view/32/28

Tanjung, M. R. (2016). Fotografi Ponsel (Smartphone) Sebagai Sarana Media Dalam Perkembangan Masyarakat Modern. Jurnal Proporsi Universitas Potensi Utama, 1(2), 224–234. https://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/PROPORSI/article/download/527/666

Diterbitkan

23-11-2022

Cara Mengutip

Susilowati, S., Giantika, G. G. ., Munanjar, A. ., & Utomo, I. W. (2022). Pelatihan Penggunaan Smartphone untuk Melakukan Foto Produk dan Editing Foto sebagai Pembuatan Iklan Produk bagi Anggota RPTRA Payung Tunas Teratai Jakarta Timur. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 123–134. https://doi.org/10.54082/jippm.34