Mengembangkan Karakter Entrepreneur Siswa Melalui Pelatihan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Sidrap

Penulis

  • Andika Isma Prodi Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Rakib Prodi Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nur Halim Prodi Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.32

Kata Kunci:

Entrepreneur, Karakter, Pelatihan Kewirausahaan

Abstrak

Pelatihan kewirausahaan merupakan kegiatan yang menjadi salah satu solusi untuk mengembangkan karakter Entrepreneur siswa. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah SMK Negeri 1 Sidrap, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Salah satu permasalahan khususnya bagi siswa SMK yaitu banyak dari mereka yang membantu usaha/bisnis orangtua, akan tetapi kebanyakan dari siswa belum memiliki pemahaman mengenai cara berwirausaha. Oleh karena itu, perlu adanya motivasi, pemahaman, dan pelatihan tentang bagaimana mengembangkan karakter kewirausahaan bagi siswa. Metode pelaksanaan pengabdian ini yakni ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik, dan pendampingan. Prosedur pelaksanaan kegiatan yaitu Pretest dan post-test, penyajian materi, praktik, dan pendampingan. Untuk mengukur tingkat keberhasilan program kegiatan ini dilakukan dengan mengukur: (1) tingkat partisipasi Mitra, (2) tingkat keaktifan peserta pelatihan, dan (2) tingkat pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan. Hasil pelaksanaan pengabdian ini, daintaranya: (1) Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman Mitra mengenai kewirausahaan, (2) Mengembangkan karakter siswa dalam berwirausaha, (3) Meningkatnya motivasi siswa untuk menjadi seorang Entrepreneur, (4) Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman Mitra mengenai pengelolaan bisnis atau usaha yang baik, dan (5) Meningkatnya keterampilan Mitra dalam membuat/mendirikan usaha atau bisnis.

Referensi

Andayani, E., Hariani, L. S., & Ain, N. (2019). Langkah Awal Memulai Usaha Melalui Bisnis Plan. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 92-96.

Damasanti, I. A. R. (2014). Kesiapan kerja ditinjau dari motivasi kerja, sikap kewirausahaan, dan kompetensi keahlian busana wanita pada siswa SMKN. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 114-124.

Daoed, T. S., Nasution, M. A., & Firah, A. (2020). Pengembangan Peran Sekolah Dan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Meningkatkan Karakter Kewirausahaan Berbasis Kurikulum 2013 Pada Siswa/I SMKS TIK Darussalam Medan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 56-64.

Diniaty, A., & Atun, S. (2015). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) industri kecil kimia berorientasi kewirausahaan untuk SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 46-56.

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pretest dan post-test terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW, DEV.100.2.A pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 1(2), 81-88.

Ermawati, N., Soesilowati, E., & Prasetyo, P. E. (2017). Pengaruh need for achivment dan locus of control terhadap intensi berwirausaha melalui sikap siswa kelas xii smk negeri se kota semarang. Journal of Economic Education, 6(1), 66-74.

Habibie, F. H., Purnama, B. E., & Triyono, R. A. (2014). Pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Calon Tenaga Kerja Secara Online Berbasis Web Pada Bursa Kerja Khusus Smk Ganesha Tama Boyolali. Jurnal TIK Provisi, 5(2).

Harto, B. (2020). Pelatihan pembuatan business plan menggunakan aplikasi excel bagi UMKM Juara Kota Bandung. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(1), 18-22.

Jatmoko, D. (2013). Relevansi kurikulum SMK kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan terhadap kebutuhan dunia industri di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Kurniasari, D., & Isnani, G. (2015). Analysis of Implementation of the World Cooperation SMK Enterprises/Analisis Pelaksanaan Kerjasama SMK dengan Dunia Usaha. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen), 1(1), 24-33.

Kusumastuti, R. (2013). Upaya SMK bidang studi bisnis manajemen dalam memenuhi kebutuhan softskill dunia industri. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).

Lelahester, R. İ. N. A., Murtini, W., & Indriayu, M. (2018). Establishment of Entrepreneurial character in the foundation based school system through project based learning. International Journal of Educational Research Review, 3(4), 128-140.

Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2).

Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 117-133.

Paramitasari, F. (2016). Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan PengetahuanKewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Rina, L. (2019). Student Leadership in School: Internalization of Entrepreneurial Competence and Character. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 21(1), 1-8.

Samad, A., & Jamaluddin, J. (2016). Efektivitas Pengembangan Sumber Daya Pegawai Di SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Jurnal Office, 2(2), 195-202.

Siagian, I., Paturahman, M., & Chadis, C. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga Pada Smk Pgri 16 Jakarta. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 223-234.

Sudjono, A. (2001) Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutianah, C. (2020). Pengembangan Karakter Wirausaha Siswa Melalui Pembelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(05), 96-103.

Sutikno, A., Ariani, S. R. D., & Saputro, S. (2013). Profil pelaksanaan pembelajaran kimia produktif, kualitas produk, dan minat berwirausaha siswa kelas xi semester 1 kompetensi keahlian kimia industri smk n 2 Sukoharjo tahun 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 75-84.

Sutrisno, B. (2017). Profil model pembelajaran soft-skill pada SMK bidang Ekonomi di Surakarta (Kajian aspek apa; mengapa; dan bagaimana). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 115-135.

Tahir, T., Hasan, M., Dinar, M., & Supatminingsih, T. (2020). Minat dan Perilaku Wirausaha Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran yang Mengikuti Praktik Bisnis pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel di SMKN 1 Gowa. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(04), 26-34.

Widarto, P., & Widodo, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Soft Skills bagi Siswa SMK dalam Menyiapkan Tenaga Kerja yang Diperlukan Dunia Usaha dan Industri. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.

Widodo, W. N. P. (2012). Pengembangan model pembelajaran soft skills dan hard skills untuk siswa SMK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3).

Wiyanto, W. (2021). Pelatihan Penerapan Berfikir Kritis dengan Model PBL bagi Siswa SMK YPUI Parung Bogor. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(3), 417-423.

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 89, 2008.

Diterbitkan

23-11-2022

Cara Mengutip

Isma, A., Rakib, M., & Halim, N. (2022). Mengembangkan Karakter Entrepreneur Siswa Melalui Pelatihan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Sidrap. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 93–104. https://doi.org/10.54082/jippm.32