Pelatihan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran bagi Masyarakat Desa Beji Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah

Penulis

  • Jalallludin Jalalludin Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah Indonesia
  • Aqilah Rahma Adiningrum Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah Indonesia
  • Puji Astuti Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah Indonesia
  • Nurdila Haerani Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah Indonesia
  • Alfi Nuraeni Program Studi Farmasi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.206

Kata Kunci:

Beji, Pemasaran, Media Sosial, Teknologi

Abstrak

Pemasaran digital menuntut masyarakat untuk memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan upaya sosialisasi dan pelatihan bagi masyarakat terutama pihak pelaku UMKM untuk mengenal teknologi informasi dan komunikasi. Pengabdian masyarakat melalui program bina desa ini bertujuan untuk menginspirasi pelaku UMKM di Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dalam menggunakan media sosial sebagai alat yang efektif dalam menjalankan bisnis. Metode yang digunakan selama kegiatan berlangsung, yakni ceramah dengan diskusi  berbasis audiovisual. Hasil pelaksanaan program yang telah dilakukan menunjukan adanya tingkat pemahaman mitra terkait  materi yang disampaikan  sebesar 79,66%. Hasil tersebut menunjukan bahwa mitra mampu memahami materi pengolahan dan pemasaran secara maksimal dan cukup baik karena dilakukan implememtasi kegiatan terkait pengolahan dan pemasaran produk sehingga proses penyampaian materi menjadi lebih efektif dan materi yang disampaikan lebih mudah untuk dipahami.

Referensi

Aini, F. N., & Purboyo, T. (2021). Mengkaji Efektivitas Badan Usaha Milik Desa Sebagai Penopang Perekonomian Desa (Studi Kasus Kegagalan Bumdes di Desa Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas). Majalah Ilmiah Dinamika Administrasi (MIDA), 18(1).

Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan metode ceramah dan diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur'an, 10(2), 119-131.

Arfianto, A. E. W., & Balahmar, A. R. U. (2014). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Ekonomi Desa. JKMP (Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik), 2(1), 53-66.

Astuti, S. J. W., Supriyanto, S., & Sujani, S. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sumber Daya Lokal Melalui Produk Olahan Terong Di Desa Sido Jangkung)[Local Resources Based Community Empowerment (Through The Eggplant Processed Products In Sido Jangkung Village)]. Sinergi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 4(1), 26-37.

Atiek S, S., & Haryanto, B. S. (2022). Peran Digital Marketing Untuk Umkm di Banyumas. In Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed (Vol. 11, No. 1).

Kim, J., & Lennon, S. J. (2013). Effects of reputation and website quality on online consumers' emotion, perceived risk and purchase intention: Based on the stimulus‐organism‐response model. Journal of Research in Interactive Marketing, 7(1), 33-56.

Magrath, V., & McCormick, H. (2013). Marketing design elements of mobile fashion retail apps. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, 17(1), 115-134.

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184-204.

Nurpratama, M., & Anwar, S. (2020). Penerapan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di kelurahan karangmalang kecamatan indramayu kabupaten indramayu: Implementation Of Digital Marketing For Micro, Small And Businesses Medium (UMKM) In Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu. Jurnal Investasi, 6(2), 87-102.

Nurasia, N., Hidayat, R., & Al Anshori, F. (2021). Pendampingan Pengolahan Pangan dan Pengemasan Produk bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) Bidang Pangan di Kecamatan Bua Kabupaten Luwu. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(4), 49-54.

Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi. 8 (1), 93-103.

Permatasari, M. P., & Endriastuti, A. (2020). Pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran bagi UMKM di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 91-99.

Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (umkm) di “mas pack” terminal kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67-76.

Diterbitkan

02-12-2023

Cara Mengutip

Jalalludin, J., Adiningrum, A. R. ., Astuti, P. ., Haerani, N., & Nuraeni, A. (2023). Pelatihan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran bagi Masyarakat Desa Beji Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 631–638. https://doi.org/10.54082/jippm.206