Digitalisasi Data dan Roadmap Pengembangan IKM (Industri Kecil dan Menengah) di Kabupaten Tuban

Penulis

  • Dias Satria Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Citra Rahayu Indraswari Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Muhammad Rizqy Purwanto Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.195

Kata Kunci:

Digitalisasi Data, Inovasi, Roadmap IKM

Abstrak

Industri Kecil dan Menengah (IKM) memiliki peran penting dalam ekonomi Indonesia, terutama dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan, dan mengurangi pengangguran serta kemiskinan. Pemerintah Indonesia telah meluncurkan berbagai program untuk memajukan sektor IKM, seperti One Village One Product (Ovop), Creative Business Incubator, Indonesian Food Innovation, dan Modest Fashion Project. Digitalisasi data IKM menjadi kunci dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas produk, dengan manfaat yang melibatkan pemerintah, pelaku IKM, dan masyarakat. Kabupaten Tuban memiliki potensi besar untuk pengembangan IKM, tetapi masih menghadapi tantangan seperti kualitas produk yang rendah dan akses yang terbatas. Digitalisasi data diharapkan dapat membantu mengatasi masalah ini dengan memungkinkan akses yang lebih mudah, pengambilan keputusan yang lebih baik, dan peningkatan produktivitas. Selain digitalisasi data, dibutuhkan sebuah roadmap pengembangan yang untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh IKM di Kabupaten Tuban. Pengabdian tentang Digitalisasi Data dan Roadmap Pengembangan IKM di Kabupaten Tuban menganalisis tantangan dan peluang yang dihadapi oleh IKM di Kabupaten Tuban. Pelaksanaan kegiatan ini menunjukan bahwa data digitalisasi memiliki peran kunci dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas produk di sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Tuban Regency, Indonesia. Beberapa rekomendasi program seperti inkubasi, akselerasi, dan promosi perlu dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tuban sebagai bagian dari pengembangan IKM di Kabupaten Tuban.

Referensi

Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., Rachmawan Putra, M. A., Wardana, B. S., Cahya, R. A., Ramadhan, R. T., & Arum, D. P. (2022). PENERAPAN BRANDING PRODUK DAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740–746. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4702

Bischoff, K., & Volkmann, C. K. (2018). Stakeholder support for sustainable entrepreneurship—A framework of sustainable entrepreneurial ecosystems. International Journal of Entrepreneurial Venturing, 10(2), 172. https://doi.org/10.1504/IJEV.2018.092714

Clark, D. N., Reboud, S., Toutain, O., Ballereau, V., & Mazzarol, T. (2020). Entrepreneurial education: An entrepreneurial ecosystem approach. Journal of Management & Organization, 1–21. https://doi.org/10.1017/jmo.2020.26

Haratua, A., & Wijaya, C. (2020). Membangun Ekosistem Kewirausahaan untuk Usaha Mikro dan Kecil Di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur. JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 18(2), 36–47.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). PENDAMPINGAN BRANDING DAN PACKAGING UMKM IKATAN PENGUSAHA AISYIYAH DI KOTA MALANG. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1). https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188

Santoso, A. B., & Dewi, M. U. (2022). Digitalisasi UMKM untuk Optimalisasi Sistem Informasi dan Integrasi Layanan Aplikasi Website Transaksi Online di Masa Pandemi. Jurnal Abdidas, 3(1), 198–205. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.560

Stam, F., Spigel, B., & others. (2016). Entrepreneurial ecosystems. USE Discussion Paper Series, 16(13).

Sussan, F., & Acs, Z. J. (2017). The digital entrepreneurial ecosystem. Small Business Economics, 49(1), 55–73. https://doi.org/10.1007/s11187-017-9867-5

Telaumbanua, E. (2021). Kajian Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Di Taman Jajanan Pasar Kota Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 1045–1058. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.464

Wijayanto, G., Jushermi, J., Restu, R., Pramadewi, A., & Rama, R. (2022). Pemulihan Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Digitalisasi Markeing Pada Sektor UMKM. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 630–635. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.378

Diterbitkan

29-10-2023

Cara Mengutip

Satria, D., Indraswari, C. R. ., & Purwanto, M. R. (2023). Digitalisasi Data dan Roadmap Pengembangan IKM (Industri Kecil dan Menengah) di Kabupaten Tuban. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 571–580. https://doi.org/10.54082/jippm.195