Penguatan Jiwa Wirausaha Komunitas Usaha Mikro dan Menengah Melalui Pelatihan Digital Marketing di Desa Purwokerto Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.167Kata Kunci:
Digital Marketing, UMKM, WirausahaAbstrak
Bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) teknologi informasi dan internet menjadi sangat penting dalam mengenalkan dan memasarkan produk-produk secara nasional maupun global. Kegiatan peningkatan kemampuan pemasaran produk diyakini dapat membantu memberdayakan ekonomi masyarakat terutama pelaku UMKM dalam memasarkan produk penjualan UMKM melalui Digital Marketing. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu observasi dan sosialisasi yang terdiri dari ceramah, diskusi, dan monitoring. Tujuan kegiatan ini untuk menerapkan konsep digital marketing berbasis SEO (Search Engine Optimization) dalam strategi pemasaran. Mitra dalam kegiatan ini adalah UMKM Binaan di Desa Purwokerto Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Kegiatan ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memberdayakan ekonomi masyarakat, terutama pelaku UMKM di wilayah tersebut, dengan memungkinkan mereka untuk memasarkan produk-produk mereka secara lebih efektif melalui digital marketing.
Referensi
Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.102
Arifin, B., Muzakki, A., & Kurniawan, M. W. (2019). KONSEP DIGITAL MARKETING BERBASIS SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) DALAM STRATEGI PEMASARAN. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.24967/ekombis.v4i2.474
Ariza, R. A., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Digital di Kota Medan. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 188–194. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.834
Budiwitjaksono, G. S., Chairinnisa, A. R., Nurcahyani, D. I., Nicolas, D. D. R., & Pandya, T. (2023). Sosialisasi Pentingnya Digital Marketing Sebagai Salah Satu Strategi dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Turi Kota Blitar. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79–88.
Kartika, R. F., Rohmah, S., Saidah, K., Fakhrurazi, F., & Safira, N. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI CALON KONSELOR PADA MAHASISWA HKI FAI UMJ MELALUI PELATIHAN KONSELING. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 7. https://doi.org/10.24853/an-nas.2.1.7-12
Mladenović, D., Rajapakse, A., Kožuljević, N., & Shukla, Y. (2023). Search engine optimization (SEO) for digital marketers: Exploring determinants of online search visibility for blood bank service. Online Information Review, 47(4), 661–679. https://doi.org/10.1108/OIR-05-2022-0276
Nurpratama, M., & Anwar, S. (2020). Penerapan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) di kelurahan karangmalang kecamatan indramayu kabupaten indramayu: Implementation Of Digital Marketing For Micro, Small And Businesses Medium (UMKM) In Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu. Jurnal Investasi, 6(2), 87–102.
Peter, M. K., & Dalla Vecchia, M. (2021). The Digital Marketing Toolkit: A Literature Review for the Identification of Digital Marketing Channels and Platforms. Dalam R. Dornberger (Ed.), New Trends in Business Information Systems and Technology (Vol. 294, hlm. 251–265). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-48332-6_17
Pramadyanto, M. R. (2022). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS BRAND FASHION STREETWEAR URBAIN INC. Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 14(1), 69–92. https://doi.org/10.23917/komuniti.v14i1.16841
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dias Satria, Citra Indraswari, Nada Fikriyah Atifah, Aurenshia Monica, Cornelia Grace Marsela

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



