Penumbuhan Spasial Skill dan Jiwa Kewirausahaan Siswa SDIT Al-Kautsar Kebonduren, Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur melalui Pelatihan Pengasinan Telur Bebek

Penulis

  • Maulidia Indah Mega Putri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Indah Setyo Wardhani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Ika Dian Rahmawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Bian Dwi Pamungkas Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Bhinneka PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.657

Kata Kunci:

Jiwa Kewirausahaan, Keterampilan Spasial, Pengasinan Telur Bebek

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan spatial skill dan jiwa kewirausahaan siswa SDIT Al Kautsar Kebonduren, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Pelaksanaan kegiatan melibatkan siswa SDIT Al Kautsar khususnya kelas 3, 4, dan 5 dengan jumlah partisipan 60 siswa. Tahapan metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan observasi yang dilakukan, diketahui bahwa spatial skills dan jiwa kewirausahaan siswa belum optimal. Hal ini karena siswa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan bangun datar dan bangun ruang, siswa kesulitan memandang obyek dalam orientasi tertentu, dan jiwa kewirausahaan siswa masih rendah, yaitu siswa mudah menyerah dan kurang berani dalam mengemukakan pendapat. Berdasarkan kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan di SDIT Al Kautsar, kesimpulan yang diperoleh yaitu kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan mampu menumbuhkan spatial skill dan jiwa kewirausahaan dalam diri siswa melalui pelatihan pengasinan telur bebek. Berdasarkan evaluasi kegiatan, siswa dan dewan guru menunjukkan antusiasme tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan. Pelatihan ini diadakan bukan hanya untuk mengajarkan keterampilan anak dalam melakukan pengasinan telur bebek, tetapi juga dapat mengaitkan teori-teori yang telah dipelajari dikelas dengan praktik nyata sehingga membuat pembelajaran jauh lebih bermakna dan kontekstual. Selain itu, siswa dapat dibekali keterampilan kewirausahaan dan spatial skill yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

Candra, D. (2023). EDUKASI PENTINGNYA MENANAMKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SEJAK DINI. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 2(1), 1694-1698.

Dewi, M. K. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 37-51.

Giyato, G., & Sridiyatmiko, G. (2022). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Muatan Pelajaran IPS. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 58-63.

Mahardika, N. S., Pangestu, N., & Setyowati, M. D. (2024). Program Pengabdian Masyarakat dalam Pelestarian Budaya Desa dan Regenerasi Pengrajin Gerabah di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 399-406.

Purwaningsih, D., & Al Muin, N. (2021). Mengenalkan Jiwa wirausaha pada anak sejak dini melalui pendidikan informal. Jurnal Usaha, 2(1), 34-42.

Ridwan, N., & Ihsan, H. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 10(1), 50-67.

Sasmita, N. N. N., Lestari, T. A., & Bahri, S. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 59-64.

Wardhani, I. S. (2020, February). Geometri dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis). In Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami (Vol. 3, No. 1, pp. 124-129).

Wardhani, I. S., Nusantara, T., Parta, I. N., & Permadi, H. (2023). The Model of Geometry Learning With Spatial Skills Features: Is It Possible?. Journal of Higher Education Theory & Practice, 23(14).

Wardhani, I. S. (2023). Identifikasi Karakteristik Spatial Questions Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 369-381.

Wardhani, I. S. (2023). Identifikasi Karakteristik Spatial Questions Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 369-381.

Wardhani, I. S. (2024). Pengembangan model pembelajaran imajinatif spasial untuk menumbuhkan keterampilan spasial siswa Sekolah Dasar/Indah Styo Wardhani (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Wardhani, I. S. (2023, December). WHY ORIENTATION SPATIAL STRATEGIES ARE IMPORTANT IN LEARNING GEOMETRY?. In The 2nd International Conference on Mathematics Education and Technology (ICOMET).

Wardhani, I. S. (2024). Learning Model Products: Is It Valid?(Study on Geometry Learning Model). Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(3), 398-412.

Wardhani, I. S. (2024). PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATERI GEOMETRI UNTUK MENUMBUHKAN SPATIAL SKILLS SISWA SEKOLAH DASAR. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 277-289.

Wulansari, A. N. (2020). Analisis kemampuan spasial matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).

Diterbitkan

08-02-2025

Cara Mengutip

Putri, M. I. M., Wardhani, I. S., Rahmawati, I. D., & Pamungkas, B. D. (2025). Penumbuhan Spasial Skill dan Jiwa Kewirausahaan Siswa SDIT Al-Kautsar Kebonduren, Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur melalui Pelatihan Pengasinan Telur Bebek. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 537–544. https://doi.org/10.54082/ijpm.657