Optimalisasi Skills Pemecahan Masalah Perkalian Siswa Kelas V SDN Getas 02 Nganjuk melalui Penggunaan Media Batang Napier
-
DOI:
https://doi.org/10.54082/ijpm.379Kata Kunci:
Batang Napier, Optimalisasi, Skills Pemecahan MasalahAbstrak
Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan latar belakang fakta adanya kesenjangan skills pemecahan masalah perkalian antara siswa berkemampuan tinggi dan siswa berkemampuan sedang-rendah. Siswa berkemampuan sedang-rendah cenderung: 1) kesulitan memilih cara dalam menyelesaikan masalah perkalian, 2) kerap memerlukan waktu yang lama dalam menyelesaikan masalah perkalian, dan 3) tidak akurat dalam menyelesaikan masalah perkalian. Kecenderungan ini mengakibatkan skills pemecahan masalah perkalian siswa berkemampuan sedang-rendah kurang optimal. Sementara, skills pemecahan masalah perkalian merupakan salah satu aspek yang harus dikuasai siswa sekolah dasar. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan batang napier untuk mengoptimalkan skills pemecahan masalah perkalian pada siswa kelas V SDN Getas 02 Nganjuk. Tahapan pelatihan berupa: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap evaluasi kegiatan. Hasil pelatihan berupa skills pemecahan masalah perkalian yang berkembang dengan optimal. Dampak penelitian berupa kebiasaan siswa dalam menggunakan media batang napier dalam aktivitas pembelajaran sehingga memudahkan dalam menyelesaikan masalah perkalian. Implementasi pelatihan berupa penerapan media batang napier dalam pembelajaran matematika di kelas.
Referensi
Khayroiyah, S & Napitupulu, S. (2021). Workshop Penggunaan Media Pembelajaran Batang Napier di MIS Nurus Salam Deli Tua. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021. Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah medan 27-29 April 2021.
Malalina, M. (2019). Pemanfaatan Batang Napier untuk menghitung Operasi Perkalian dan Pembagian. Jurnal Pengabdian Barelang, 1(02), 17–23. https://doi.org/10.33884/jpb.v1i02.1053
Merdja, J., & Restianim, V. (2022). Penggunaan Batang Napier Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Matematika SDK Onekore 1. Jurnal Pendidikan Tambusai. Halaman 47-57, Volume 6, Nomor 2, Tahun 2022. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4388
National Cauncil of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Cauncil of Teachers of Mathematics.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Subanji., Kusumawati, E., Wardhani, I.S. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Prior Knowledge. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v11i2.17141.
Wardhani, I.S., Nusantara, T., Parta, I.N., Permadi, H., (2023). The Model of Geometry Learning With Spatial Skills Features: Is It Possible?. Journal of Higher Education Theory & Practice. Vol. 23 Issue 14, p225-240. 16p. DOI: /10.33423/jhetp.v23i14.6397.
Wardhani, Indah Setyo. (2023). Identifikasi Karakteristik Spatial Questions Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), Vol.9 No.2, (369-381). https://doi.org/10.29100/jp2m.
v9i2.4746.
Wardhani, Indah Setyo. (2023). Why Orientation Spatial Strategies Are Important In Learning Geometry? The 2nd International Conference on Mathematics Education and Technology (ICOMET). Universitas Islam Malang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Indah Setyo Wardhani, Galih Cahyo Ambodo
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.