Pengoptimalan Spasial Skill dan Jiwa Kewirausahaan Siswa SDIT Al-Kautsar Kebonduren Ponggok Kabupaten Blitar, Jawa Timur, melalui Batik Ecoprint Berbasis Pola Spasial
DOI:
https://doi.org/10.54082/ijpm.654Kata Kunci:
Ecoprint, Jiwa Kewirausahaan, Keterampilan SpasialAbstrak
Pelatihan pembuatan batik ecoprint ini bertujuan untuk mengoptimalkan minimnya pengembangan keterampilan spasial dan jiwa kewirausahaan siswa SD Islam Terpadu Al Kautsar yang terletak di Jl. Onggoleksono No.01 RT.02 RW.05 Desa Kebonduren, Kec. Ponggok, Kabupaten Blitar. Selain itu juga untuk memberikan wawasan, melatih, dan mendampingi siswa selama proses pembuatan batik ecoprint. Subjek pelatihan ini adalah 60 siswa SDIT Al Kautsar yang terdiri dari kelas 3, 4, dan 5. Metode pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi tiga tahapan. Tahap pertama adalah tahap persiapan yaitu menyiapkan alat dan bahan untuk pembuatan pola batik eco print berupa totebag yang sudah di mordan, palu kayu, plastik, daun-daunan. Tahap kedua adalah tahap pelaksanaan yaitu pembuatan pola batik ecoprint mulai dari memperkenalkan ecoprint hingga pengaturan komposisi dan pola daun pada kain. Tahap ketiga yaitu evaluasi kegiatan. Metode yang digunakan untuk menyampaikan materi yaitu ceramah dan tanya jawab sedangkan metode untuk memperkenalkan teknik ecoprint menggunakan metode demonstrasi dan praktik. Hasil dari kegiatan pelatihan ini yaitu siswa lebih paham dan menguasai keterampilan spasial beserta kewirausahaan. Setiap batik ecoprint yang sudah dibuat oleh siswa memiliki motif yang unik, mencerminkan kreativitas masing-masing siswa dalam menggunakan keterampilan spasial.
Referensi
Atit, K., S. T., & A. H. (2020). Spatial Skills and Their Importance in Navigation and Geography Education: A Review. Educational Psychology Review, 32(2), 295-318
Borriello, G. & Liben, L. (2018). Spatial Skills and Mathematical Achievement: A Comprehensive Review. Journal of Educational Psychology, 110(5), 675-689.
Buckley, S., Whelan, K., & McMahon, C. (2018). The Importance of Spatial Skills in STEM Careers: A Review of Current Research. Journal of STEM Education Research, 1(2), 45-62.
Carbonell-Carrera, C., Gutiérrez-Esteban, P., & Hernández-Torrano, D. (2021). The Impact of Spatial Skills on Mathematics Performance: Evidence from a Study in Secondary Education. Mathematics Education Research Journal, 33(2), 227-250.
Dhian, A., Fidda, R., Viona, K., Agus, M., Alfin, B., & Ruldy, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Kerajinan Ecoprint sebagai Pengembangan Kreativitas Anak di Sekolah Dasar Negeri Wonomerto 1. Jurnal Kreativitas Pendidikan, 12(1), 78-89.
Gagnier, K. M., & Fisher, A. (2020). Spatial Skills as a Predictor of Success in STEM Fields: A Systematic Review. International Journal of STEM Education, 7(1), 1-15.
Gilligan, K., Rittle-Johnson, B., & Schneider, M. (2019). The Role of Spatial Skills in Mathematics: Evidence from a Meta-Analysis. Educational Psychology Review, 31(1), 1-28.
Hapsari, R. U., Maulidiyah, N., Diyah, A., Rohmah, N., Pangastuti, E., Satria, D., Pradana, S., Adjie, D. P., Puspitasari, A., Ariska, N. P., A’isy Putri, N., Hendar, M., Santoso, B., & Wijayanto, S. (2023). Pelatihan Ecoprint Sebagai Peluang Usaha Warga Desa Tegalsari, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1014–1021.
Hawes, S. W., Ruhl, K. J., & Hargrove, R. (2017). Developing Spatial Skills in Education: Implications for Curriculum Design. Educational Psychology Review, 29(3), 445-460.
Hikmah, A. R., & Retnasari, D. (2021). Ecoprint Sebagai Alternatif Peluang Usaha Fashion yang Ramah Lingkungan. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana FT UNY, 16(1).
Irianingsih, N. (2018). Keunikan Ecoprint: Variasi Warna dan Bentukan Jejak Tumbuhan. Surabaya: Kreasi Alam.
Izard, V. (2020). The Role of Spatial Skills in Problem Solving: Insights from Geometry Education. Journal of Educational Psychology, 112(4), 725-737.
Kustomo, A. (2022). Kompetensi Kewirausahaan dalam Pendidikan: Konsep dan Penerapan. Jakarta: Penerbit Pendidikan.
Luneta, K. (2015). The Role of Spatial Skills in Various Professions: Implications for Education and Practice. Journal of Applied Psychology, 100(3), 829-836.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Nindita, F., Madyawati, S., Ratih, D., Restina, R., & Heriyanti, N. (2021). Pengenalan Ecoprint untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Pemanfaatan Bahan Alam. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 8(2), 123-135.
Nining. (2018). Ecoprint: Teknik Pengolahan Kain dengan Pewarna Alami dari Tumbuhan. Jakarta: Pustaka Alam.
Purwana, A., & Wibowo, S. (2017). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep dan Implementasi dalam Kurikulum. Jakarta: Penerbit Pendidikan.
Rittle-Johnson, B., Schneider, M., & Star, J. R. (2019). The Importance of Spatial Skills for Mathematics Learning: Insights from Research. Mathematics Education Research Journal, 31(1), 23-39.
Saptutyningsih, E., & Wardani, D. T. K. (2019). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengembangan Produk Ecoprint di Dukuh IV Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. WARTA LPM, 21(2), 18–26.
Sarwi, K., Kholifatul, & Nur Afni. (2023). Pengenalan Metode Ecoprint pada Siswa Siswi SDN 4 Butuh: Upaya Peningkatan Keterampilan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 45-55.
Setyowati, T., & Wijayanti, A. (2021). Ecoprint: Inovasi Pewarnaan Kain dengan Bahan Alami dari Tumbuhan. Yogyakarta: Penerbit Nusantara
Sorby, S. A., & Panther, D. J. (2021). The Importance of Spatial Skills in Career Success: Evidence and Recommendations. International Journal of Engineering Education, 37(2), 675-683.
Sumino, H. (2013). Eksplorasi Pewarna Alami dari Tumbuhan: Studi pada 150 Jenis Tanaman. Bandung: Pustaka Hijau.
Suryanto, & Abas. (2004). Kewirausahaan dalam Lembaga Pendidikan: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Uttal, D. H., Dale, T. J., & Newcombe, N. S. (2013). The Malleability of Spatial Skills: A Meta-Analysis of Training Studies. Psychological Bulletin, 139(2), 352-404.
Wakabayashi, T., & Ishikawa, T. (2011). The Role of Spatial Skills in Navigation and Geographic Problem Solving. Journal of Geography, 110(3), 103-114.
Widyaningsih, W. P., Margana, Supriyo, Mulyono, Wahyono, Bono, Suwoto, G., Herlambang, Y. D., & Roihatin, A. (2020). Pembuatan Batik Tulis Alami (Ecoprint). Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Polines, 3, 627–633.
Yang, Y., Liu, Y., & Li, J. (2020). The Importance of Spatial Skill Development in Education: A Comprehensive Review of Recent Studies. Journal of Educational Research, 113(4), 245-256.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Musdalifah Putri Sonia, Indah Setyo Wardhani, Ika Dian Rahmawati, Bian Dwi Pamungkas

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.