Peningkatan Kecakapan Literasi Digital melalui Sosialisasi Interaktif kepada Peserta Didik SMPN 1 Depok

Penulis

  • Eka Anggraini Pramudita Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Nurul Yustika Fitria Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Najwa Anisa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Azriel Zamzami Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Faiq Rivaldy Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Al Ready Zidan Maulana Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Kadek Sukma Cahyani Wisnawa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Fahrul Hidayat Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Fauzia Lotama Putri Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Ida Ayu Putri Saraswati Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Yohanes Soreth Renaldi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jpmii.502

Kata Kunci:

Literasi Digital, Siswa, Sosialisasi

Abstrak

Siswa SMP memiliki permasalahan terhadap kurangnya literasi digital yang menyebabkan siswa tidak dapat menggunakan gadget secara bijak sehingga memberikan dampak buruk bagi aktifitas siswa. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep dan pentingnya literasi digital yang diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas siswa dalam menggunakan media digital, memberikan edukasi terhadap penggunaan internet dan social media yang aman dan bertanggung jawab serta membangun budaya literasi digital yang positif di SMPN 1 Depok. Metode yang digunakan adalah metode sosialisasi intraktif. Metode sosialisasi dengan cara menjalin interaksi dua arah dengan audience dalam pemaparan materi dan diskusi. Sosialisasi berlangsung pada taggal 11 juni 2024 pukul 07.30 sampai 09.00 WIB diruang kelas 8D SMPN 1 Depok. Kegiatan dilakukan dengan 4 tahapan yaitu, (1) memberikan pretest melalui google form yang disebarkan di grub whatsapp kelas (2) memberikan sosialisasi literasi digital kepada peserta didik secara tatap muka di ruang kelas VIII D SMPN 1 Depok (3) memberikan ice breaking sekaligus tanya jawab dengan peserta didik (4) memberikan post-test melalui google form yang disebarkan di grub whatsapp kelas. Berasarkan pengukuran yang dilakukan melalui pretest dan posttest diperoleh hasil terdapat peningkatan rata rata dari 93,75 menjadi 98,52 dengan rentang nilai yang mulanya 75-100 menjadi 90-100.

Referensi

Agustina, A. M. (2023). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Etika Bermedia Sosial Peserta Didik. Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 52-64.

Ameliah, R. (2022). Renewable Energy INVESTMENT OPPORTUNITIES IN KOREA Ringkasan Eksekutif. Kominfo.

Baiq Yuni Wahyuningsih1, N. A. (2024). SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI CALON GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 4(1), 8-14.

UNESCO. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. Canada: UNESCO Institute for Statistics.

BANDA ACEH Mainidar Sachiyati, K., Yanuar, D., Nisa, U., & Sachiyati, M. (2023). FENOMENA KECANDUAN MEDIA SOSIAL (FOMO) PADA REMAJA FENOMENA KECANDUAN MEDIA SOSIAL (FOMO) PADA REMAJA KOTA BANDA ACEH. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK (Vol. 8, Issue 4). www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Rimba Sastra Sasmita (Vol. 1).

Purwaningtyas, F. (2018). Literasi Informasi dan Literasi Media. In Jurnal Iqra’ (Vol. 12, Issue 02).

Ray, P. P. (2018). A survey on Internet of Things architectures. In Journal of King Saud University - Computer and Information Sciences (Vol. 30, Issue 3, pp. 291–319). King Saud bin Abdulaziz University. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2016.10.003

Rizky Idhartono, A. (n.d.). LITERASI DIGITAL PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAGI ANAK TUNAGRAHITA.

Diterbitkan

23-07-2024

Cara Mengutip

Pramudita, E. A., Fitria, N. Y., Anisa, N., Zamzami, M. A., Rivaldy, F., Maulana, A. R. Z., Wisnawa, K. S. C., Hidayat, M. F., Putri, F. L., Saraswati, I. A. P., & Renaldi, Y. S. (2024). Peningkatan Kecakapan Literasi Digital melalui Sosialisasi Interaktif kepada Peserta Didik SMPN 1 Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(4), 419–426. https://doi.org/10.54082/jpmii.502