Peningkatan Kecakapan Literasi Digital melalui Sosialisasi Interaktif kepada Peserta Didik SMPN 1 Depok
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.502Kata Kunci:
Literasi Digital, Siswa, SosialisasiAbstrak
Siswa SMP memiliki permasalahan terhadap kurangnya literasi digital yang menyebabkan siswa tidak dapat menggunakan gadget secara bijak sehingga memberikan dampak buruk bagi aktifitas siswa. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep dan pentingnya literasi digital yang diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas siswa dalam menggunakan media digital, memberikan edukasi terhadap penggunaan internet dan social media yang aman dan bertanggung jawab serta membangun budaya literasi digital yang positif di SMPN 1 Depok. Metode yang digunakan adalah metode sosialisasi intraktif. Metode sosialisasi dengan cara menjalin interaksi dua arah dengan audience dalam pemaparan materi dan diskusi. Sosialisasi berlangsung pada taggal 11 juni 2024 pukul 07.30 sampai 09.00 WIB diruang kelas 8D SMPN 1 Depok. Kegiatan dilakukan dengan 4 tahapan yaitu, (1) memberikan pretest melalui google form yang disebarkan di grub whatsapp kelas (2) memberikan sosialisasi literasi digital kepada peserta didik secara tatap muka di ruang kelas VIII D SMPN 1 Depok (3) memberikan ice breaking sekaligus tanya jawab dengan peserta didik (4) memberikan post-test melalui google form yang disebarkan di grub whatsapp kelas. Berasarkan pengukuran yang dilakukan melalui pretest dan posttest diperoleh hasil terdapat peningkatan rata rata dari 93,75 menjadi 98,52 dengan rentang nilai yang mulanya 75-100 menjadi 90-100.
Referensi
Agustina, A. M. (2023). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Etika Bermedia Sosial Peserta Didik. Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 52-64.
Ameliah, R. (2022). Renewable Energy INVESTMENT OPPORTUNITIES IN KOREA Ringkasan Eksekutif. Kominfo.
Baiq Yuni Wahyuningsih1, N. A. (2024). SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI CALON GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 4(1), 8-14.
UNESCO. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. Canada: UNESCO Institute for Statistics.
BANDA ACEH Mainidar Sachiyati, K., Yanuar, D., Nisa, U., & Sachiyati, M. (2023). FENOMENA KECANDUAN MEDIA SOSIAL (FOMO) PADA REMAJA FENOMENA KECANDUAN MEDIA SOSIAL (FOMO) PADA REMAJA KOTA BANDA ACEH. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK (Vol. 8, Issue 4). www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Rimba Sastra Sasmita (Vol. 1).
Purwaningtyas, F. (2018). Literasi Informasi dan Literasi Media. In Jurnal Iqra’ (Vol. 12, Issue 02).
Ray, P. P. (2018). A survey on Internet of Things architectures. In Journal of King Saud University - Computer and Information Sciences (Vol. 30, Issue 3, pp. 291–319). King Saud bin Abdulaziz University. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2016.10.003
Rizky Idhartono, A. (n.d.). LITERASI DIGITAL PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAGI ANAK TUNAGRAHITA.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Eka Anggraini Pramudita, Nurul Yustika Fitria, Najwa Anisa, Muhammad Azriel Zamzami, Faiq Rivaldy, Al Ready Zidan Maulana, Kadek Sukma Cahyani Wisnawa, Muhammad Fahrul Hidayat, Fauzia Lotama Putri, Ida Ayu Putri Saraswati, Yohanes Soreth Renaldi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.