Peningkatan Kualitas UMKM Melalui Pendaftaran NIB dan Sertifikat Halal Produk UMKM pada Kelurahan Pondok Pinang
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.340Kata Kunci:
Pengabdian Masyarakat, Sertifikat Halal, UMKMAbstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta 2023 telah dilaksanakan di Jl. H. Saikin, Rw.08, Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. KKN ini merupakan bentuk pengabdian Mahasiswa/i ITB-AD kepada masyarakat yang dapat meberikan bantuan ilmu dan tenaga melalui mitra, tujuan KKN ini adalah memberikan solusi bagi UMKM Pondok Pinang yang tidak paham mengenai cara pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Halal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan diskusi, pendampingan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil tersebut maka bahan alami yang kami berikan kepada UMKM Pondok Pinang telah tercapai, karena kami sudah membantu melakukan pendaftaran NIB dan sudah melakukan pendaftaran sertifikat halal sampai dengan nomor sertifikat halal tersebut terbit. Hal ini berguna untuk UMKM Pondok Pinang agar produksi makanan atau minuman yang dijual sudah memiliki standar halal dan mudah untuk dipercaya masyarakat lainnya.
Referensi
Chasanah, A. (2023). Kesadaran Masyarakat terhadap Pentingnya Sertifikasi Halal Pada UMKM Produk Makanan di Desa Singajaya: UMKM Aulia Desa Singajaya. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 289–294. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
Damayanti, A., Nelyumna, Azizah, W., & Lie, B. R. T. (2021). Pembukuan Keuangan Bagi UMKM Binaan Posdaya Cempaka. Jurnal Abdimas, (3) 1, 2--.
Gunawan, S., Juwari, J., Aparamarta, H., Darmawan, R., & Rakhmawati, N. A. (2021). Pendampingan Berkelanjutan Sistem Jaminan Halal Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sewagati, 5(1), 8. https://doi.org/10.12962/j26139960.v5i1.8120
Wahyuni, H. C., Handayani, P., & Wulandari, T. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 17. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i1.1271
Warto, & Samsuri. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803
Yani, D. A., Silalahi, P. R., & Tambunan, K. (2022). Analisis Kinerja UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Bubuk Kopi). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 78–81.
Yuliaty, T., Sarah Shafira, C., & Rafi Akbar, M. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong. Journal Management, 19(3), 2020.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Farhan Widopratama, Rafdi Ferdiansyah, Hendri Suprayetno, Muzdalifatun Nisa, Maulana Ihsan Kamil, Gresita Resta S, Erni Wati, M. Arie Laiq Amhar, Annisa Feby Lestari, Indri Prasetiani, Rahayu Nurfitriyani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.