Pelatihan Digital Public Speaking untuk Pembentukan Personal Branding di Media Sosial bagi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Tangerang melalui Metode Workshop Interaktif

Penulis

  • Nurul Aidin Universitas Mercu Buana Kampus Menara Bhakti, Indonesia
  • Suryaning Hayat Universitas Mercu Buana Kampus Menara Bhakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.519

Kata Kunci:

Digital Public Speaking, Media Sosial, Personal Branding

Abstrak

Perkembangan teknologi digital mendorong generasi muda untuk aktif dalam berbagai platform media sosial, termasuk dalam membentuk identitas personal. Namun, kemampuan berbicara di ruang digital atau digital public speaking masih belum dimiliki secara optimal oleh sebagian besar remaja. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital public speaking sebagai upaya pembentukan personal branding di media sosial. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Tangerang dengan melibatkan siswa kelas XI jurusan DKV sebagai peserta. Metode yang digunakan berupa workshop interaktif yang melibatkan ceramah, diskusi, dan praktik langsung membuat konten live menggunakan fitur-fitur media sosial. Evaluasi program dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan skala Likert terhadap 10 indikator kepuasan. Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata skor kepuasan sebesar 4,23, dengan skor tertinggi pada aspek kepuasan umum (4,60) dan manfaat kegiatan (4,30). Kegiatan ini berdampak positif terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa dalam berbicara di ruang digital. Disimpulkan bahwa pelatihan ini relevan dan bermanfaat, namun keberlanjutan pelatihan secara berkala sangat disarankan untuk memperkuat kompetensi digital public speaking secara konsisten.

Referensi

Alisoy, H. (2024). Navigating Impromptu Speaking Strategies for Successful Spontaneous Conversations. Web of Semantics: Journal of Interdisciplinary Science, 2(1), 1-8.

Cahyani, I., Wintoro, H., & Syafa’ah, N. (2024). Pelatihan Public Speaking untuk Meningkatkan Soft Skill Siswa MA Al Fatah Banjarnegara. Jurnal Ragam Pengabdian, 1(3), 77-85.

Haroen, D. (2014). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Anda Berkiprah Di Dunia Politik. Gramedia.

IDN Research Institute. (2024). Indonesia Gen Z. IDN Research Institute, 102.

Marden, O. S., Carnegie, D., Esenwein, J. B., & Dickson, H. (2024). PUBLIC SPEAKING: The Art Of Public Speaking, How To Speak In Public & The Manual of Public Speaking: Mastering the Oratory Craft: Transformative Insights on Public Speaking. Good Press.

Munz, S. M., McKenna-Buchanan, T., & Wright, A. M. (Eds.). (2024). The Routledge handbook of public speaking research and theory. Routledge.

Napitupulu S. (2023). Public speaking: Arti, Metode, Manfaat, Tujuan, Dan Cara meningkatkan skill-nya. Glints.Com. https://glints.com/id/lowongan/kemampuan-public-speaking/

Novita, D., Aerwanto, A., Arfian, M. H., Hanifah, H., Susanto, S., Purwati, S., & Rusmana, H. (2024). Personal Branding Strategi Untuk Memenangkan Pasar. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(2), 953-960.

Rudnick, J. J., Roberts, D., Sonsalla, T., Fowler, V., & Webb, C. (2024). Delivery Modes, Elements, and Exceptions: Exploring and Troubling the Canon of Delivery in Public Speaking. In The Routledge Handbook of Public Speaking Research and Theory (pp. 121-132). Routledge.

Style, I. (2024). Memorized Style. The Routledge Handbook of Public Speaking Research and Theory, 121.

Taman, P., Anwar, M., & Amraj, M. A. K. (2024). How Public Speaking Promotes Critical Thinking Skills: Manuscript Method. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 2(1), 199-208.

Yong, V., Saccomandi, A., Chin, K., Lutzow, L., DuCette, J. P., Bueno, R., & Erkmen, C. P. (2024). Impromptu Speaking: Teaching an Essential Leadership Skill. Journal of Surgical Education, 81(12), 103313.

Diterbitkan

26-06-2025

Cara Mengutip

Aidin, N., & Hayat, S. (2025). Pelatihan Digital Public Speaking untuk Pembentukan Personal Branding di Media Sosial bagi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Tangerang melalui Metode Workshop Interaktif. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.54082/ijpm.519