Pelatihan Pembuatan Multimedia Interaktif Berbasis Community-Based Research untuk Guru SD IT Cendekia di Takengon, Aceh Tengah, Aceh
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.943Kata Kunci:
Community Based Research, Guru Sekolah Dasar, Multimedia Interaktif, Takengon AcehAbstrak
Guru-guru SD IT Cendekia belum terbiasa menggunakan aplikasi multimedia interaktif karena keterbatasan perangkat dan keterampilan. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah akan diadakannya pengabdian yang bertujuan memberikan pelatihan pembuatan multimedia interaktif untuk guru SD IT Cendekia Takengon. Metode pengabdian yang diterapkan adalah CBR. Berdasarkan hasil pengabdian diketahui adanya peningkatan pemahaman mengenai multimedia interaktif melalui kegiatan pretes dan postes. Selain itu tanggapan positif dari peserta yang meminta adanya pendampingan yang lebih intensif untuk pelatihan selanjutnya menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan dapat dikatakan berjalan dengan baik dan lancar. Dampak langsung yang dirasakan oleh guru-guru SD IT Cendekia yaitu meningkatnya keterampilan digital, motivasi guru, serta kesiapan dalam mengintegrasikan multimedia ke dalam pembelajaran di kelas
Referensi
Amatullah, D. C., & AB, J. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 15(1), 243–250.
Ayunda, Y. S., & Fitria, Y. (2022). Desain Multimedia Interaktif Berbantu Macromedia Flash 8 untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3086–3092. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Chandra Ramadhan, Mamok Andri Senubekti, & Nurdiansyah Nurdiansyah. (2025). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Media Interaktif Berbasis Multimedia. Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Informatika, 4(2), 41–46. https://doi.org/10.55606/jtmei.v4i2.5010
Effendi, M. I., Dewi, R. S. I., Nurjanah, L., Dibtasari, B. A., & Amaliya, F. N. (2024). Meningkatkan Kreativitas Guru Melalui Pelatihan Pembuatan Aplikasi Sederhana Berbasis Canva Web Prototype. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 2256–2266. https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5300
Ginting, D., Abda, M. I., Karina, M., Sari, I., Maq, M. M., & Sari, N. I. (2023). Pelatihan Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Filmora Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Journal of Human And Education, 3(3), 124. https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/329
H. Sujono AR. (2022). Mengembangkan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JT’dib:Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 20(1), 25–42.
Hamzari, S., S.Anwar, W., & Suchyadi, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran InteraktifBerbasis Macromedia Flash Pada Pelajaran Matematika Materi Sudut. Didaktik:Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(2), 556–567.
Hasani, B., Yasin, F. N., Jannah, A. U., Aprilia, D. N., & Sirojil, N. (2025). STUDI LITERATURE : PERAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS 4 SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 14(2), 252–259. https://doi.org/10.26418/jppk.v14i2.89870
Indar Sawitri, J., Novita Br Karo Sekali, T., Mutiara Br Barus, C., Adinda Sahara, R., & Cantika Budi, V. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif. POTENSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 96–102. https://journal.feb.undaris.ac.id/index.php/PotensiAbdimas
Munawir, M., Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 9(1), 63–71. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828
Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335
Raibowo, S., Restu Ilahi, B., Wijanarko, A., & Hiasa, F. (2024). Pelatihan Menjadi Guru Kreatif Dengan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Canva, Figma, Wordwall Di Era Merdeka Belajar. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(2), 286–294. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i2.30328
Strand, K., Marullo, S., Cutforth, N., Stoecker, R., & Donohue, P. (2003). Principles of Best Practice for Community-Based Research. Michigan Journal of Community Service Learning, 5–15. http://eric.ed.gov/?id=EJ671675
Supradaka. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis. Ikraith-Teknologi, 6(1), 62–68.
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Widiasanti, I., Ramadhan, N. A., Alfarizi, M., Fairus, A. N., Oktafiani, A. W., & Thahur, D. (2023). Pemanfaatan Sarana Multimedia dan Media Internet sebagai Alat Pembelajaran yang Efektif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1365–1375. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4939
Yanti, F., Ridoh, A., & Susanti, D. T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran SImulasi Komunikasi Digital. JIPTI (Journal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 4(2), 173–183.
Yuningsih, H., & Haeruddin, H. (2021). Peran Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran PAI di SDN 018 Balikapapan Barat. Journal of Educational Research and Practice, 2(2), 96–104.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Bettri Yustinaningrum, Nurul Qomariyah Ahmad

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.