Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD N 1 Karanglewas, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

Penulis

  • Eva Rahayu Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Rafif Aji Pangestu Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Clarista Dhanur Rifdha Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Ayu Nurlita Sari Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Urfa Tasbita Faqih Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Diva Hardi Kusumaningrum Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Haidar Zumara Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Ika Wahyu Lestari Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Nike Kholizatin Devani Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Rahma Vania Elika Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Rindy Afregeti Kesuma Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jpmii.893

Kata Kunci:

Barang Bekas, Kreativitas, Media Pembelajaran, Pendidikan Jasmani, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Pendidikan jasmani memegang peranan penting dalam mendukung tumbuh kembang siswa dengan aktivitas fisik dan media ajar yang menyenangkan. SD Negeri 1 Karanglewas memiliki keterbatasan dalam fasilitas media pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani atau PJOK. Pada kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan barang bekas sebagai solusi dari keterbatasan media pembelajaran PJOK di SD Negeri 1 Karanglewas. Metode yang digunakan melalui pendekatan partisipatif, edukatif, dan demonstratif dengan melibatkan siswa kelas 4 dan 6 serta guru PJOK dalam proses pembuatan media ajar dari wadah benang bekas. Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan bahwa siswa berhasil membuat 20 cone yang kemudian digunakan dalam permainan olahraga. Selain itu, kegiatan ini menunjukkan adanya antusiasme tinggi dari siswa dan guru serta meningkatkan keterampilan motorik, kreativitas, dan kepedulian lingkungan. Berdasarkan hasil tersebut, pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran terbukti efektif dalam mengatasi keterbatasan sarana sekaligus mendukung perkembangan aspek kognitif dan afektif siswa.

Referensi

Amelia, S. (2023). Penggunaan media ajar scramble untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 sekolah dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2250 - 2260. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.928

Anindito, F., & Nabillah, A. A. (2023). Peranan pendidikan olahraga dalam Meningkatkan pembelajaran dan pengembangan mahasiswa melalui aktivitas fisik: Sebuah Kajian Literatur . LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 171–180. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1174

Faishol, R., Meliantina, Ramiati, E., Putri, E. I. E., & Rahayu, S. M. (2021). Pendampingan kegiatan pembelajaran siswa dengan memanfaatkan barang bekas untuk meningkatkan minat dan kreativitas belajar pada masa pandemi covid-19. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 92–100. https://doi.org/10.29062/abdi _kami.v4i1.519

Hadi, M. D., & Saragih, M. P. (2024). Pemanfaatan bahan daur ulang sebagai media pembelajaran pjok yang kreatif dan edukatif. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(12), 182–186. https://ojs.co.id/1/index.php/jpi/article/view/2408

Febriani, I. R., Nurfajariyah, A. P., Anissa, P. N., & Hambali, B. (2024). Memperkuat karakter siswa sekolah dasar melalui permainan tradisional dalam pembelajaran pendidikan jasmani . Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 48-55. https://doi.org/10.36728/jis.v24i2.3586

Midayanti, D. P., Apriliani, D., Sofiyati, E., Novitasari, E., & Indarko, I. (2021). Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran sekolah dasar. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(2), 82–88. https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i1.1330

Mumpuni, A., Azizah, S., Rahma, S. A., Utami, D., Safitri, N. I., Tiana, F. A., Putri, D. A. K., & Pratama, A. A. (2022). Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan literasi numerasi peserta didik di Sekolah Dasar. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.748

Nugraha, D., Rizali, I., & Santika, B. (2024). Dampak pendidikan jasmani terhadap literasi dan kemampuan kognitif siswa SD di Era 4.0. Journal Olympic (Physical Education, Health and Sport), 4(2), 84–94. https://doi.org/10.36709/jolympic.v4i2.126

Oktapiani, N. M., Budianti, Y., & Rikmasari, R. (2023). Pelatihan pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran. Jurnal An-Nizam: Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 2(1), 75–83. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v2i1.5995

Sari, Y. Y., Ulfani, D. P., Ramos, M., & Padli. (2024). Pentingnya pendidikan jasmani olahraga terhadap anak usia sekolah dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657

Susanto, S. H., Ramadani, S. D., Sihite, A. C. R., & Rahmawati, Q. N. (2024). Botol Toga (BOGA) sebagai pemanfaatan barang bekas untuk meningkatkan pemahaman anak dalam menjaga lingkungan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 531–537. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2455

Takanjanji, E. K., Ekayanti, N. W., & Diarta, I. M. (2022). Mengasah kreativitas siswa dengan implementasi Project-Based Learning (PjBL) berbasis barang bekas. Jurnal Santiaji Pendidikan, 12(1), 26–33. https://doi.org/10.36733/jsp.v12i1.3724

Diterbitkan

14-09-2025

Cara Mengutip

Rahayu, E., Pangestu, R. A., Rifdha, C. D., Sari, A. N., Faqih, U. T., Kusumaningrum, D. H., Zumara, H., Lestari, I. W., Devani, N. K., Elika, R. V., & Kesuma, R. A. (2025). Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD N 1 Karanglewas, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah . Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 3(5), 327–332. https://doi.org/10.54082/jpmii.893