Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD N 1 Karanglewas, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.893Kata Kunci:
Barang Bekas, Kreativitas, Media Pembelajaran, Pendidikan Jasmani, Pengabdian MasyarakatAbstrak
Pendidikan jasmani memegang peranan penting dalam mendukung tumbuh kembang siswa dengan aktivitas fisik dan media ajar yang menyenangkan. SD Negeri 1 Karanglewas memiliki keterbatasan dalam fasilitas media pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani atau PJOK. Pada kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan barang bekas sebagai solusi dari keterbatasan media pembelajaran PJOK di SD Negeri 1 Karanglewas. Metode yang digunakan melalui pendekatan partisipatif, edukatif, dan demonstratif dengan melibatkan siswa kelas 4 dan 6 serta guru PJOK dalam proses pembuatan media ajar dari wadah benang bekas. Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan bahwa siswa berhasil membuat 20 cone yang kemudian digunakan dalam permainan olahraga. Selain itu, kegiatan ini menunjukkan adanya antusiasme tinggi dari siswa dan guru serta meningkatkan keterampilan motorik, kreativitas, dan kepedulian lingkungan. Berdasarkan hasil tersebut, pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran terbukti efektif dalam mengatasi keterbatasan sarana sekaligus mendukung perkembangan aspek kognitif dan afektif siswa.
Referensi
Amelia, S. (2023). Penggunaan media ajar scramble untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 sekolah dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2250 - 2260. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.928
Anindito, F., & Nabillah, A. A. (2023). Peranan pendidikan olahraga dalam Meningkatkan pembelajaran dan pengembangan mahasiswa melalui aktivitas fisik: Sebuah Kajian Literatur . LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 171–180. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1174
Faishol, R., Meliantina, Ramiati, E., Putri, E. I. E., & Rahayu, S. M. (2021). Pendampingan kegiatan pembelajaran siswa dengan memanfaatkan barang bekas untuk meningkatkan minat dan kreativitas belajar pada masa pandemi covid-19. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 92–100. https://doi.org/10.29062/abdi _kami.v4i1.519
Hadi, M. D., & Saragih, M. P. (2024). Pemanfaatan bahan daur ulang sebagai media pembelajaran pjok yang kreatif dan edukatif. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(12), 182–186. https://ojs.co.id/1/index.php/jpi/article/view/2408
Febriani, I. R., Nurfajariyah, A. P., Anissa, P. N., & Hambali, B. (2024). Memperkuat karakter siswa sekolah dasar melalui permainan tradisional dalam pembelajaran pendidikan jasmani . Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 48-55. https://doi.org/10.36728/jis.v24i2.3586
Midayanti, D. P., Apriliani, D., Sofiyati, E., Novitasari, E., & Indarko, I. (2021). Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran sekolah dasar. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(2), 82–88. https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i1.1330
Mumpuni, A., Azizah, S., Rahma, S. A., Utami, D., Safitri, N. I., Tiana, F. A., Putri, D. A. K., & Pratama, A. A. (2022). Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan literasi numerasi peserta didik di Sekolah Dasar. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.748
Nugraha, D., Rizali, I., & Santika, B. (2024). Dampak pendidikan jasmani terhadap literasi dan kemampuan kognitif siswa SD di Era 4.0. Journal Olympic (Physical Education, Health and Sport), 4(2), 84–94. https://doi.org/10.36709/jolympic.v4i2.126
Oktapiani, N. M., Budianti, Y., & Rikmasari, R. (2023). Pelatihan pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran. Jurnal An-Nizam: Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 2(1), 75–83. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v2i1.5995
Sari, Y. Y., Ulfani, D. P., Ramos, M., & Padli. (2024). Pentingnya pendidikan jasmani olahraga terhadap anak usia sekolah dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657
Susanto, S. H., Ramadani, S. D., Sihite, A. C. R., & Rahmawati, Q. N. (2024). Botol Toga (BOGA) sebagai pemanfaatan barang bekas untuk meningkatkan pemahaman anak dalam menjaga lingkungan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 531–537. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2455
Takanjanji, E. K., Ekayanti, N. W., & Diarta, I. M. (2022). Mengasah kreativitas siswa dengan implementasi Project-Based Learning (PjBL) berbasis barang bekas. Jurnal Santiaji Pendidikan, 12(1), 26–33. https://doi.org/10.36733/jsp.v12i1.3724
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Eva Rahayu, Rafif Aji Pangestu, Clarista Dhanur Rifdha, Ayu Nurlita Sari, Urfa Tasbita Faqih, Diva Hardi Kusumaningrum, Haidar Zumara, Ika Wahyu Lestari, Nike Kholizatin Devani, Rahma Vania Elika, Rindy Afregeti Kesuma

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.