Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Visual dalam Upaya Peningkatan Ekonomi UMKM Makanan, Fashion, Mebel Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Penulis

  • Mellasanti Ayuwardani Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Semarang, Indonesia
  • Bagus Yunianto Wibowo Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Semarang, Indonesia
  • Nanang Adie Setyawan Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Semarang, Indonesia
  • Vinda Setya Kartika Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang, Indonesia
  • Hamsar Suci Amalia Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jpmii.877

Kata Kunci:

Digital Marketing, Foto, Pemasaran Produk, Visual Produk

Abstrak

Perkembangan teknologi telah membiasakan kita untuk menikmati hasil visual yang menarik, tidak terkecuali penggunaan teknologi dalam dunia bisnis dan pemasaran. Masyarakat mulai berlomba-lomba menyajikan visual yang mampu menarik para pelanggannya. Pengabdian kali ini ditujukan untuk membantu mengatasi masalah UMKM KPM PKH Graduasi Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang meski sudah paham akan pentingnya visual yang menarik namun belum mampu mewujudkannya. Pengabdian dilakukan kepada 5 anggota UMKM KPM PKH Graduasi Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang dengan melakukan pendampingan dalam memanfaatkan teknologi visual. Tim pengabdian juga berusaha menyediakan beberapa perlengkapan dan peralatan guna mendukung pembuatan visual pemasaran produk yang menarik. Kelima UMKM itu terdiri dari UMKM dengan usaha kuliner (Kue dan Keripik), Reseler Baju dan usaha kerajinan (Mebel). Dalam pelatihan pembuatan foto produk langsung menggunakan produk yang dimiliki oleh UMKM. Hasil yang diperoleh dalam pengabdian ini yaitu, 5 anggota UMKM KPM PKH Graduasi Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang memiliki kemampuan dasar dalam mencipkan visual foto pemasaran yang menarik. Visual pemasaran yang menarik dapat menarik pelanggan meski produk yang kita jual sederhana.

Referensi

Ayuwardani, M., A Alhafhizd, MD Kamal, RW Febrian, S Wibowo. (2025). Mengkomunikasi Visual Bisniskan UMKM dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Online. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat. 3 (1), 315-323.

Ayuwardani, M., BY Wibowo, NA Setyawan. (2021). Analysis of Mie Gacoan Customer Loyalty through Customer Experience and Perceived Quality. Jurnal Sains Sosio Humaniora. 5 (2). 936-945.

Ayuwardani, M., BY Wibowo, NA Setyawan. VS Kartika. (2023). Pemanfaatan Sosial Media Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Komunitas Kpm Graduasi Kecamatan Suruh. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 5 (1).

Ayuwardani, M., BY Wibowo, NA Setyawan. VS Kartika, HS Amalia. (2024). Penerapan Teknologi Pembuatan Vidio Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi UMKM Makanan, Fashion, Mebel Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat. 2 (1). 67-70.

Ayuwardani, M. (2021). The impact of Compensation and Work Environment towards the Employee Performances Mediated by the Job Satisfaction. Jurnal Admisi dan Bisnis. 22 (1). 13-24.

BPS. (2023). Statistik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Hamzah, B. Uno. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Jacobsen, A., Paul Eggen, Donald Kauchak. (2009). Methods for Theaching Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Katadata Insight Center. (2023, September 29). 10 provinsi dengan usaha e-commerce terbanyak 2022. Jakarta: Katadata. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2023/09/29/10-provinsi-dengan-usaha-e-commerce-terbanyak-2022

Kemenkop UKM. (2023–2024). Laporan Realisasi Program BPUM dan KUR.

Sudjana. (2005). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Wahyu, C. et al. 2021. Pengembangan Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah Di Dusun Sawohan Sidoarjo, 01(02), pp. 1–7.

Intermedia, Beon. (2022). Foto Produk: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tips Foto. https://www.jagoanhosting.com/blog/foto-produk/

Purnamasari, E., M Ayuwardani. (2022). Peningkatan Produktivitas Usaha melalui Kegiatan Pendampingan Sosial sebagai Rangkaian Program Kewirausahaan Sosial pada Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 4 (2). 176-184.

Setiawan, A., M Ayuwardani, I Malebra, BY Wibowo. (2022). Penerapan Manajemen Layanan “Value Co-Creation” pada Usaha Pangkas Rambut “Madura” Kota Semarang Sebagai Solusi Masalah UMKM Di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 4 (1).

Setyawan, N.A., BY Wibowo, M Ayuwardani. (2021). Analysis Of Entrepreneurship Interest On Business Productivity. Jurnal Sains Sosio Humaniora. 5 (1). 628-639.

Setyawan, N.A., M Ayuwardani, BY Wibowo, VS Kartika, I Malebra. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan & Produktivitas Bagi Komunitas KPM PKH. Jurnal Abdimas Mandiri. 7 (2). 69-76

Wibowo, BY, A Setiawan, I Malebra, BS Nugroho, M Ayuwardani, E Sulistiyani, Aimi Anuar. (2022). Digital Marketing Training In The" Madura" Barbershop Business In Semarang City As A Solution To Msmes' Problems In The Era Of The Marketing Revolution 5.0. International Journal of Community Service. 2 (4). 407-412.

Wibowo, BY, M Ayuwardani. (2021). Quality of Online Learning Services in Graphic Design And Publishing Courses During The Covid-19 Pandemic. Al-Kharaj: Journal of IslamicEconomic and Business. 3 (2). 148-156.

Diterbitkan

31-08-2025

Cara Mengutip

Ayuwardani, M., Wibowo, B. Y., Setyawan, N. A., Kartika, V. S., & Amalia, H. S. . (2025). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Visual dalam Upaya Peningkatan Ekonomi UMKM Makanan, Fashion, Mebel Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 3(4), 313–318. https://doi.org/10.54082/jpmii.877