Optimalisasi Peran Community Engagement dalam Pengelolaan Media Sosial UMKM Ratu Snack

Penulis

  • Muhammad Reviyanto Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Riska Rosdiana Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Emir Gibran Beka Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Rizvan Shafry Suyanto Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jpmii.850

Kata Kunci:

Community Engagement, Media Sosial, Pemasaran Digital, Pengabdian Masyarakat, UMKM

Abstrak

Perkembangan media sosial di era digital memberikan peluang besar bagi pelaku UMKM dalam memperluas jangkauan pasar secara efektif. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan media sosial UMKM Ratu Snack Box melalui pendekatan community engagement. Metode yang digunakan adalah manajemen proyek aplikatif dengan fokus pada platform Instagram, TikTok, dan Facebook. Kegiatan meliputi perencanaan konten, pengelolaan interaksi digital, serta pemantauan performa sosial media. Hasil menunjukkan adanya peningkatan jumlah pengikut, interaksi audiens, dan penjualan produk setelah strategi diterapkan. Temuan ini menegaskan bahwa community engagement berperan penting dalam memperkuat hubungan UMKM dengan konsumen serta meningkatkan visibilitas digital.

Referensi

Aini, K. N., Sari, C. M., Syanturi, H. T., Pertiwi, A. M., Sholekah, A. W., Azzulva, A., ... & Anam, C. (2024). Pendampingan UMKM Candaria dalam Branding dan Promosi Produk Olahan Nanas melalui Media Sosial. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 531-536.

Ausat, A. M. A., Suparwata, D. O., & Risdwiyanto, A. (2025). Optimalisasi digital competence sebagai strategi adaptasi dinamis wirausahawan dalam menghadapi disrupsi pasar di era digital. Jurnal Minfo Polgan, 14(1), 173-182.

ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY E. Jaakonmäki, B. Müller, and J. vom Brocke, “The Impact of Content, Context, and Creator on User Engagement in Social Media Marketing,” Proceedings of the 50th Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS), pp. 1152–1160, 2017. doi: 10.24251/HICSS.2017.136

Fadlila, M., & Mala, I. K. (2024). Transformasi Bisnis Digital: Peran, Fungsi, Dan Strategi Dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional, Inovasi Produk, Dan Pengalaman Pelanggan. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 4(2), 253-260.

Kadin Indonesia, “Digitalisasi UMKM untuk Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional,” Kamar Dagang dan Industri Indonesia, 2022. [Online]. Available: https://kadin.id

N. Nurlaelli, A. F. Putri, and A. H. Sari, “Pengaruh Strategi Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Masa Pandemi,” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), vol. 12, no. 2, pp. 101–110, 2021.

Rauf, R., Syam, A., & Randy, M. F. (2024). Optimalisasi transformasi digital dalam mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah di indonesia. BJRM (Bongaya Journal For Research in Management), 7(1), 95-102.

Sandiva, T. V., & Veri, J. (2024). Analisis Pengaruh Digital Marketing terhadap Pertumbuhan Penjualan UMKM Tinjauan Menggunakan Metode Systematic Literature Review: Analysis of the Influence of Digital Marketing on MSME Sales Growth Review Using the Systematic Literature Review Method. JOURNAL ISLAMIC ECONOMICS AD DIWAN, 4(1), 85-93.

Talib, N. R. A., & Sari, M. N. (2024). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Peningkatan Brand Awareness pada UMKM Kota Tangerang Selatan di Era Digital. Jurnal Ekonomi Akuntansi Manajemen Agribisnis, 2(2), 87-96.

U. Sivarajah and M. Kamal, “Social Media and the Performance of Public Sector Organizations: Empirical Insights from Local Authorities,” Government Information Quarterly, vol. 37, no. 1, pp. 1–16, 2020. doi: 10.1016/j.giq.2019.101409

Diterbitkan

31-08-2025

Cara Mengutip

Reviyanto, M., Rosdiana, R., Beka, E. G. ., & Suyanto, R. S. . (2025). Optimalisasi Peran Community Engagement dalam Pengelolaan Media Sosial UMKM Ratu Snack. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 3(4), 289–296. https://doi.org/10.54082/jpmii.850