Pelatihan Manajemen Investasi di Era Digital dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga bagi Karang Taruna Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat

Penulis

  • I Gede Adiputra Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonom dan Bisnis, Universitas Trumanagara, Indonesia
  • Micshella Agustina Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonom dan Bisnis, Universitas Trumanagara, Indonesia
  • Vinsson Khosasih Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonom dan Bisnis, Universitas Trumanagara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jpmii.716

Kata Kunci:

Manajemen Investasi, Investasi Saham, Perencanaan Keuangan

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi dan pendampingan kepada masyarakat akan pentingnya menginvestasikan sebagian pendapatan yang mereka miliki dan memberikan pelatihan edukasi tentang salah satu bentuk investasi yaitu pasar modal. Hal ini perlu dilakukan mengingat sangat kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya berinvestasi untuk meningkatkan nilai kekayaan mereka di masa yang akan datang agar tidak tergerus oleh inflasi. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah tutorial dan pelatihan pengenalan pasar modal serta pelatihan dan pendampingan cara bertransaksi saham, memilih saham, bagaimana menentukan saham yang baik dan buruk, strategi bertransaksi saham, serta menjaga kestabilan psikologis seorang investor individu. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Karang Taruna Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat yang dibina oleh Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera. Hasil kegiatan ini adalah pengetahuan serta keterampilan peserta tentang pentingnya perencanaan keuangan dan pengelolaan investasi telah mengalami peningkatan, para peserta pengabdian sudah dapat melakukan Analisa findamental dan Analisa teknikal untuk identifikasi terhadap saham-saham perusahaan yang layak untuk dikoleksi sebagai investasi.

Referensi

Ady, S.U (2019). Psychology’s Factors of Stock Buying and Selling Behavior in Indonesian Stock Exchange (Phenomenology Study of Investor Behavior in Surabaya), IOSR (International Organization of Scientific Research) Journal of Business and Management Vol. 7 No. 3/pp. 11-22, January-February 2019, ISSN: 2278-487X

Emi Suwarni E., Sedyastuti K.,Mirz A.H., (2018), Peluang Dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro Pada Era Ekonomi Digital, Ikraith Ekonomika Vol 2 No 2

Undang-Undang RI No. 83 Tahun 2005 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna Simandjuntak, B.2008. Membina dan Mengembangkan Generasi Muda, Tarsito. Bandung.

Hidayat Wiweko dan Restu, Difa Prabowo. (2019).” Pengaruh Kinerja Keuangan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 11. Hal 1125-1136

Hans Victor Sitepu, Muhamad Awaludin ( 2019), Analisis Laporan Keuangan Guna Menilai Kinerja Perusahaan Pada CV 878 Bogor, Depok-GICI Business School-2020

Nafik H.R, M., (2019). Bursa Efek dan Investasi Syari’ah, Cetakan I. PT Serambi Ilmu Semesta.

PT. KSEI, (2014), Press Reliese Sosialisasi Fasilitas Akses PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia. https://sumut.bps.go.id/

Sriwidodo, U., dan Sumaryanto, (2017), Strategi Pengelolaan Keuangan Usaha Kecil Dan Kewirausahaan Karang Taruna Gebang Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari Surakarta, ADIWIDYA, Volume I Nomor 1

Diterbitkan

27-01-2025

Cara Mengutip

Adiputra, I. G., Agustina, M., & Khosasih, V. (2025). Pelatihan Manajemen Investasi di Era Digital dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga bagi Karang Taruna Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 3(1), 51–58. https://doi.org/10.54082/jpmii.716