Pendampingan Perumusan Unique Selling Point sebagai Strategi dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan di Kampung Wisata Kali Gajah Wong, Yogyakarta

Penulis

  • Lucia Kurniawati Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Yuliana Rini Hardanti Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Theodorus Sutadi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Maria Theresia Ernawati Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Josephine Wuri Rini

DOI:

https://doi.org/10.54082/jpmii.663

Kata Kunci:

Edukasi, Lingkungan, USP, Wisat

Abstrak

Kampung Wisata Kali Gajah Wong telah beroperasi beberapa tahun dan mengalami banyak perkembangan. Perkembangan terakhir adalah adanya rintisan budidaya maggot yang berpotensi se-bagai daya tarik wisata edukasi. Selain itu, pengembangan daya tarik wisata edukasi lainnya sudah da-lam rintisan. Terkait dengan hal ini, pengelola perlu melakukan pembenahan terutama dari sisi komu-nikasi pemasarannya karena adanya variasi yang cukup lebar antara daya tarik wisata yang satu dengan yang lain. Pengelola perlu merumuskan Unique Selling Points yang akan menjadi substansi dari semua komunikasi pemasaran yang dilakukan kepada publik. Melalui aktivitas Focus Group Discussion, tim pengabdi bersama mitra pengelola merumuskan bahwa Uniques Selling Point dari Kampung Wisata Gajah Wong adalah Wisata Edukasi Lingkungan (Eco-edutourism) di Wilayah Perkotaan. Melalui kegiatan PkM ini, mitra mendapatkan pengalaman mengenai tata kelola usaha jasa wisata berupa kampung wisata yaitu berupa perumusa Unique Selling Points yang kuat agar mampu bersaing dengan usaha jasa wisata yang lain.

Referensi

Akbar, Syahrul, Nurul Rochmah Pramadika (2021), Memahami Quality Tourism sebagai Strategi Pasca Pandemi Covid 19 di Destinasi Super Prioritas Borobudur. Warta Pariwisata. 19(2) 18-19. https://doi.org/10.5614/wpar.2021.19.2.07

Bisri (2023), Beraneka Ragam Manfaat Budidaya Maggot. https://www.rri.co.id/lain-lain/345234/beraneka-ragam-manfaat-budidaya-mag-got#:~:text=Maggot%20dibekali%20nutrisi%20yang%20amat,iguana%2C%20tokek%2C%20dan%20sebagainya

Defining Your USP [internet] – [cited 9 February 2024] available from https://www.tourismni.com/business-guidance/sector/mice-travel-trade/mice-and-travel-trade-growing-your-business/defining-your-usp/

Iswandi (2023). Unique Selling Points Desa Wisata. https://www.desawisataterong.com/berita/unique-selling-point-desa-wisata.html

Kawuryan, Megandaru Widhi, Aqil Teguh Fathani, Eko Priyo Purnomo, Lubna Salsabila, Novi-amirah Azmi, Deni Setiawan, Mochammad Iqbal Fadhlurrohman (2022). Sustainable Tour-ism in Indonesia: Bibliometric Review Analysis. Indonesian Journal of Geography. Pp 154-166, http://dx.doi.org/10.22146/ijg.64657

Lalisan, April Kim, Karisma Sri Rahayu, Rashid Ating, Aefre Gesmundo, Meta Samrach, Sereirath Ork, Rommel Gersalia (2024), Regenerative Tourism in the Philippines: Millennial Tourists’ Perspective and Intent to Participate. Media Konservasi. pp329-339. https://doi.org/10.29244/medkon.29.3.329

Moreton, Andrea.(2016) Why Your Destination Need to Find Its Unique Selling Proposition https://destinationthink.com/blog/destination-needs-find-unique-selling-proposi-tion/#:~:text=As%20a%20destination%20marketer%2C%20finding,seek%20to%20visit%20your%20destination.

Ristiawan, Raden Rucitarahma (2019) A Critical Perspective of Unique Selling Points for Sustain-able Tourism Development: Pentingsari Tourism Village. Gadjah Mada Journal of Tourism Studies. 1(2). 45-53. https://doi.org/10.22146/gamajts.v2i1.56848

Wang, Ying, Li Huang, Jixin Li, Yang Yang. The mechanism of tourism slogans on travel intention based on Unique Selling Proposition (USP) theory. 2019. Journal of Travel and Tourism Mar-keting VOL. 36, NO. 4, 415–427, https://doi.org/10.1080/10548408.2019.1568950

Diterbitkan

21-02-2025

Cara Mengutip

Kurniawati, L., Hardanti, Y. R., Sutadi, T., Ernawati, M. T. ., & Wuri, J. (2025). Pendampingan Perumusan Unique Selling Point sebagai Strategi dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan di Kampung Wisata Kali Gajah Wong, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 3(1), 79–86. https://doi.org/10.54082/jpmii.663