Pendampingan Perumusan Unique Selling Point sebagai Strategi dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan di Kampung Wisata Kali Gajah Wong, Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.663Kata Kunci:
Edukasi, Lingkungan, USP, WisatAbstrak
Kampung Wisata Kali Gajah Wong telah beroperasi beberapa tahun dan mengalami banyak perkembangan. Perkembangan terakhir adalah adanya rintisan budidaya maggot yang berpotensi se-bagai daya tarik wisata edukasi. Selain itu, pengembangan daya tarik wisata edukasi lainnya sudah da-lam rintisan. Terkait dengan hal ini, pengelola perlu melakukan pembenahan terutama dari sisi komu-nikasi pemasarannya karena adanya variasi yang cukup lebar antara daya tarik wisata yang satu dengan yang lain. Pengelola perlu merumuskan Unique Selling Points yang akan menjadi substansi dari semua komunikasi pemasaran yang dilakukan kepada publik. Melalui aktivitas Focus Group Discussion, tim pengabdi bersama mitra pengelola merumuskan bahwa Uniques Selling Point dari Kampung Wisata Gajah Wong adalah Wisata Edukasi Lingkungan (Eco-edutourism) di Wilayah Perkotaan. Melalui kegiatan PkM ini, mitra mendapatkan pengalaman mengenai tata kelola usaha jasa wisata berupa kampung wisata yaitu berupa perumusa Unique Selling Points yang kuat agar mampu bersaing dengan usaha jasa wisata yang lain.
Referensi
Akbar, Syahrul, Nurul Rochmah Pramadika (2021), Memahami Quality Tourism sebagai Strategi Pasca Pandemi Covid 19 di Destinasi Super Prioritas Borobudur. Warta Pariwisata. 19(2) 18-19. https://doi.org/10.5614/wpar.2021.19.2.07
Bisri (2023), Beraneka Ragam Manfaat Budidaya Maggot. https://www.rri.co.id/lain-lain/345234/beraneka-ragam-manfaat-budidaya-mag-got#:~:text=Maggot%20dibekali%20nutrisi%20yang%20amat,iguana%2C%20tokek%2C%20dan%20sebagainya
Defining Your USP [internet] – [cited 9 February 2024] available from https://www.tourismni.com/business-guidance/sector/mice-travel-trade/mice-and-travel-trade-growing-your-business/defining-your-usp/
Iswandi (2023). Unique Selling Points Desa Wisata. https://www.desawisataterong.com/berita/unique-selling-point-desa-wisata.html
Kawuryan, Megandaru Widhi, Aqil Teguh Fathani, Eko Priyo Purnomo, Lubna Salsabila, Novi-amirah Azmi, Deni Setiawan, Mochammad Iqbal Fadhlurrohman (2022). Sustainable Tour-ism in Indonesia: Bibliometric Review Analysis. Indonesian Journal of Geography. Pp 154-166, http://dx.doi.org/10.22146/ijg.64657
Lalisan, April Kim, Karisma Sri Rahayu, Rashid Ating, Aefre Gesmundo, Meta Samrach, Sereirath Ork, Rommel Gersalia (2024), Regenerative Tourism in the Philippines: Millennial Tourists’ Perspective and Intent to Participate. Media Konservasi. pp329-339. https://doi.org/10.29244/medkon.29.3.329
Moreton, Andrea.(2016) Why Your Destination Need to Find Its Unique Selling Proposition https://destinationthink.com/blog/destination-needs-find-unique-selling-proposi-tion/#:~:text=As%20a%20destination%20marketer%2C%20finding,seek%20to%20visit%20your%20destination.
Ristiawan, Raden Rucitarahma (2019) A Critical Perspective of Unique Selling Points for Sustain-able Tourism Development: Pentingsari Tourism Village. Gadjah Mada Journal of Tourism Studies. 1(2). 45-53. https://doi.org/10.22146/gamajts.v2i1.56848
Wang, Ying, Li Huang, Jixin Li, Yang Yang. The mechanism of tourism slogans on travel intention based on Unique Selling Proposition (USP) theory. 2019. Journal of Travel and Tourism Mar-keting VOL. 36, NO. 4, 415–427, https://doi.org/10.1080/10548408.2019.1568950
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Lucia Kurniawati, Yuliana Rini Hardanti, Theodorus Sutadi, Maria Theresia Ernawati, Josephine Wuri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.