Pelatihan Penggunaan Teknologi Digital guna Meningkatkan Penguasaan Materi Pembelajaran dan Literasi Digital pada Guru SMK
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.634Kata Kunci:
Algoritma, Coding, Desain, Literasi Digital, Teknologi DigitalAbstrak
Penggunaan metode dan strategi pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan kurangnya penguasaan teori dan praktek siswa. Hal ini disebabkan beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya pemahaman dan kemampuan guru dalam literasi digital. Kegiatan ini dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan penggunaan teknologi digital sehingga para guru dapat lebih meningkatkan penguasaan materi pembelajaran dan literasi digital. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan pendalaman materi dilakukan dengan memberikan penguatan materi kepada guru-guru terkait materi coding, desain dan algoritma. Selain itu juga diberikan pelatihan terkait dengan penggunaan teknologi digital. Berdasarkan hasil preetest dan hasil postest, responden 1 meningkat sebanyak 33,33%, responden 2 meningkat sebanyak 50%, responden 3 meningkat sebanyak 33,34%, responden 4,5,7 meningkat 66,67% dan responden 6-10 meningkat sebanyak 83,3%.
Referensi
Abdurrahman, A., Nurulsari, N., Maulina, H., Rahman, B., Umam, R., & Jermsittiparsert, K. (2019). Multi-level scaffolding: A novel approach of p teacher International Journal of Innovation, Creativity and Change, 7(8).
Alneyadi, S. S. (2019). Virtual lab implementation in science literacy: Emirati science teachers’ perspectives. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(12), em1786.
Al Irsyadi, F. Y., Gunawan, D., Santoso, B., & Kurniawan, Y. I. (2021). Peningkatan Literasi Media pada Guru Sekolah Luar Biasa Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara Surakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 63-68.
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2021). The development of prototype virtual laboratory through biology, technology, engineering, and mathematics (BTEM). Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 012171.
Arista, F. S., & Kuswanto, H. (2018). Virtual Physics Laboratory Application Based on the Android Smartphone to Improve Learning Independence and Conceptual Understanding. International Journal of Instruction, 11(1), 1–16.
Licorish, S. A., Owen, H. E., Daniel, B., & George, J. L. (2018). Students’ perception of Kahoot!’s influence on teaching and learning. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(1), 1–23.
Purwandari, R. D. (2015). Physics Laboratory Investigation of Vocational High School Field Stone and Concrete Construction Techniques in the Central Java Province (Indonesia). Journal of Education and Practice, 6(11), 85–92.
Saikkonen, L., & Kaarakainen, M.-T. (2021). Multivariate analysis of teachers’ digital information skills-The importance of available resources. Computers & Education, 168, 104206.
Warno, K. (2020). The factors influencing digital literacy of vocational high school teachers in Yogyakarta. Journal of Physics: Conference Series, 1446(1), 012068.
Widana, I. W. (2020). The effect of digital literacy on the ability of teachers to develop HOTS-based assessment. Journal of Physics: Conference Series, 1503(1), 012045
Widana, I. W., Sumandya, I. W., Sukendra, I. K., & Sudiarsa, I. W. (2020). Analysis of conceptual understanding, digital literacy, motivation, divergent of thinking, and creativity on the teachers skills in preparing hots-based assessments. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control SystemsJARDCS, 12(8), 459–466.
Zuhdi, M., & Busyairi, A. (2021). Misconception Profile of Prospective Physics Teachers Assessed from Various Representations of Electricity Subjects. Journal of Science and Science Education, 2(1), 33–37
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Kiky Rizky Nova Wardani, Endah Fitriani, Aan Restu Mukti, M. Kumroni Makmuri, Maria Ulfa, Nyimas Sopiah, Rahayu Amalia, Nina Paramitha Is
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.