GreenZ: Campaign Green Lifestyle dengan Konten Edukatif melalui TikTok @aksibumi.id
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.590Kata Kunci:
Edukasi Lingkungan, Generasi Z, Green Lifestyle, Media Sosial, TiktokAbstrak
Masalah pengelolaan sampah di Indonesia masih memprihatinkan, dengan 6.667.044 ton sampah yang tidak terkelola pada tahun 2023. Salah satu solusi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah adalah melalui penerapan green lifestyle. Program pengabdian masyarakat, GreenZ dirancang untuk mengedukasi generasi Z mengenai gaya hidup ramah lingkungan melalui konten edukatif di platform TikTok. TikTok dipilih karena mayoritas penggunanya merupakan generasi Z, yang memiliki potensi besar untuk diubah menjadi agen perubahan dalam isu lingkungan. Program ini dilaksanakan melalui akun TikTok @aksibumi.id dengan enam seri konten, meliputi konten terkait pengurangan sampah, penghematan kertas, dan gaya hidup minimalis. Metode yang digunakan mencakup pembuatan konten kreatif yang relevan dengan minat generasi Z serta evaluasi engagement melalui indikator views, likes, comments, shares, dan saves. Hasil program menunjukkan setiap konten berhasil melampaui target indikator keberhasilan, dengan konten mengenai skincare dan paperless mendapatkan lebih dari 2.000 views. Kesimpulannya, platform TikTok efektif sebagai media untuk menyebarkan edukasi mengenai green lifestyle. Program ini membuktikan pentingnya pemanfaatan media sosial dalam kampanye lingkungan yang kreatif dan relevan untuk meningkatkan kesadaran generasi Z mengenai isu keberlanjutan lingkungan.
Referensi
Datareportal. (2024). Digital 2024: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Goodstats. (2024). Sekali Akses TikTok, Mayoritas Gen Z Habiskan Lebih Dari 1 Jam. Goodstats. https://data.goodstats.id/statistic/pierrerainer/sekali-akses-tiktok-mayoritas-gen-z-habiskan-lebih-dari-1-jam-ka1eC
Hasdiansa, I. W., Hasbiah, S., & Aswar, N. F. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Pembelian Ramah Lingkungan Generasi Milenial Dan Generasi Z. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(1), 49–60. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i1.3804
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), Volume 10(1), 12. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1
Islamiati, D. F., & Saputra, P. P. (2021). Analisis Fenomena Tren Green Lifestyle Pada Mahasiswa Universitas Bangka Belitung. Jurnal Studi Inovasi, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i2.22
Pratiwi, C., Yunarti, S., & Komsiah, S. (2023). Peran Mahasiswa Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Dengan Memanfaatkan Media Sosial. Sosial Dan Humaniora, 7(3), 390–404.
SIPSN. (2023). Capaian kinerja pengelolaan sampah. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/
Wallaroo. (2024). TikTok Statistics – Updated Jan 2024. https://wallaroomedia.com/blog/social-media/tiktok-statistics/
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aurelia Vania Alsyah, Megawati Simanjuntak, Andika Januar Saleh
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.