Pelatihan Penggunaan Amperemeter dan Voltmeter untuk Siswa SMAN 1 Tambelang Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.583Kata Kunci:
Amperemeter, Pelatihan, VoltmeterAbstrak
Pelatihan dilatarbelakangi data observasi hasil belajar peserta pada penggunaan alat ukur Amperemeter dan Voltmeter. Merespon hal itu maka diadakan pelatihan alat ukur listrik dengan tujuan meningkatkan pemahaman peserta agar dapat memperoleh hasil yang akurat. Pelatihan ini dilakukan di SMAN 1 Tambelang Bekasi Jawa Barat dengan jumlah peserta 34 orang yang dibagi menjadi 4 kelompok. Metode yang digunakan yaitu penyampaian materi, diskusi, praktik, dan evaluasi. Pelatihan ini mendapatkan hasil pemahaman rata-rata peserta pada kelompok 1 yaitu 84%, pada kelompok 2 yaitu 85%, kelompok 3 yaitu 83%, dan kelompok 4 yaitu 82%. Hal ini membuktikan pelatihan efektif meningkatkan pemahaman peserta dalam menggunakan alat ukur listrik Amperemeter dan Voltmeter.
Referensi
Ali, N. and Muhlis, F. (2023) “Efektifitas Penggunaan Media ICT Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Pengukuran di Kelas X SMK Negeri 5 Tidore Kepulauan”, KUANTUM: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika, 4(2), pp. 97-108. https://doi: 10.5281/zenodo.10547770.
Amiluddin (2023). Peningkatan Kemampuan Menggunakan Alat Ukur Multimeter Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi: 10.32696/jip.v4i1.2329
Fadhilah Hanum (2023). Pemanfaatan Media Laboratorium Virtual Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Siswa. Humantech: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(8), 1782-1790. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3479.
Fadjar & Dwa Desa Warnana, H. (2016). Modul 1 Alat Ukur Listrik. Page 9-13. https://id.scribd.com/document/403437047/modul-alat-ukur-listrik-pdf
Hapsari, S. A. & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana, 18(2), 225 – 233. https://doi: 10.32509/wacana.v18i2.924
Lega, D. (2023). Tanggungjawab Pemerintah dan Kesenjangan Sosial Dalam Pendidikan. ADIL INDONESIA JURNAL, 55. https://doi.org/10.35473/aij.v4i2.2404
Muda, I. (2013). Elektronika Dasar. Malang. Penerbit Gunung Samudra.
Pradani, T. G. (2022).Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan,1(5),452-457. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i11.162
Puguh Santoso (2019). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Model Assure Untuk Membantu Guru Dalam Pembelajaran Fisika Tentang Alat Ukur Listrik. Jurnal Riset dan Konseptual. Vol.4 No.2. https://doi: 10.28926/briliant.v4i2.319
Wijaya, I., & Firmansyah, D. (2018). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 9–20. https://doi.org/10.35134/jpti.v5i2.9
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Elsa Sagita, Mardiana Ningsih, Nunik Dwi Septiyani, Imas Ratna Ermawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.