Pelatihan Penggunaan Amperemeter dan Voltmeter untuk Siswa SMAN 1 Tambelang Bekasi

Penulis

  • Elsa Sagita Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia
  • Mardiana Ningsih Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia
  • Nunik Dwi Septiyani Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia
  • Imas Ratna Ermawati Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jpmii.583

Kata Kunci:

Amperemeter, Pelatihan, Voltmeter

Abstrak

Pelatihan dilatarbelakangi data observasi hasil belajar peserta pada penggunaan alat ukur Amperemeter dan Voltmeter. Merespon hal itu maka diadakan pelatihan alat ukur listrik dengan tujuan meningkatkan pemahaman peserta agar dapat memperoleh hasil yang akurat. Pelatihan ini dilakukan di SMAN 1 Tambelang Bekasi Jawa Barat dengan jumlah peserta 34 orang yang dibagi menjadi 4 kelompok. Metode yang digunakan yaitu penyampaian materi, diskusi, praktik, dan evaluasi. Pelatihan ini mendapatkan hasil pemahaman rata-rata peserta pada kelompok 1 yaitu 84%, pada kelompok 2 yaitu 85%, kelompok 3 yaitu 83%, dan kelompok 4 yaitu 82%. Hal ini membuktikan pelatihan efektif meningkatkan pemahaman peserta dalam menggunakan alat ukur listrik Amperemeter dan Voltmeter.

Referensi

Ali, N. and Muhlis, F. (2023) “Efektifitas Penggunaan Media ICT Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Pengukuran di Kelas X SMK Negeri 5 Tidore Kepulauan”, KUANTUM: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika, 4(2), pp. 97-108. https://doi: 10.5281/zenodo.10547770.

Amiluddin (2023). Peningkatan Kemampuan Menggunakan Alat Ukur Multimeter Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi: 10.32696/jip.v4i1.2329

Fadhilah Hanum (2023). Pemanfaatan Media Laboratorium Virtual Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Siswa. Humantech: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(8), 1782-1790. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3479.

Fadjar & Dwa Desa Warnana, H. (2016). Modul 1 Alat Ukur Listrik. Page 9-13. https://id.scribd.com/document/403437047/modul-alat-ukur-listrik-pdf

Hapsari, S. A. & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana, 18(2), 225 – 233. https://doi: 10.32509/wacana.v18i2.924

Lega, D. (2023). Tanggungjawab Pemerintah dan Kesenjangan Sosial Dalam Pendidikan. ADIL INDONESIA JURNAL, 55. https://doi.org/10.35473/aij.v4i2.2404

Muda, I. (2013). Elektronika Dasar. Malang. Penerbit Gunung Samudra.

Pradani, T. G. (2022).Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan,1(5),452-457. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i11.162

Puguh Santoso (2019). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Model Assure Untuk Membantu Guru Dalam Pembelajaran Fisika Tentang Alat Ukur Listrik. Jurnal Riset dan Konseptual. Vol.4 No.2. https://doi: 10.28926/briliant.v4i2.319

Wijaya, I., & Firmansyah, D. (2018). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 9–20. https://doi.org/10.35134/jpti.v5i2.9

Diterbitkan

05-10-2024

Cara Mengutip

Sagita, E. ., Ningsih, M., Septiyani, N. D., & Ermawati, I. R. (2024). Pelatihan Penggunaan Amperemeter dan Voltmeter untuk Siswa SMAN 1 Tambelang Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(5), 555–560. https://doi.org/10.54082/jpmii.583