Greensumerism: Edukasi Produk Ramah Lingkungan dan Konsumsi Berkelanjutan pada Generasi Z melalui TikTok @aksibumi.id
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.571Kata Kunci:
Generasi Z, Konsumsi Berkelanjutan, Pemberdayaan Konsumen, Produk Ramah Lingkungan, TiktokAbstrak
Keseimbangan antara produksi yang berkelanjutan dan konsumsi yang bertanggung jawab menjadi permasalahan konsumen yang penting untuk diperhatikan. Di Indonesia, upaya ini didukung oleh beberapa kebijakan yang berfokus pada isu konsumsi berkelanjutan, salah satunya kerangka kerja strategi yang disusun oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, guna mencapai konsumsi dan produksi berkelanjutan di Indonesia tahun 2020–2030. Salah satu targetnya adalah informasi yang relevan, kesadaran terhadap pembangunan berkelanjutan, serta gaya hidup yang selaras dengan alam. Berkaitan dengan ini, istilah Pendidikan Konsumsi Berkelanjutan menjadi relevan, mendorong program pemberdayaan konsumen mengenai konsumsi berkelanjutan semakin potensial, terlebih dengan pemanfaatan ruang digital dan konsumen generasi Z sebagai katalisator yang signifikan. Hal ini mendukung berkembangnya Greensumerism, yakni program pemberdayaan konsumen yang berfokus pada praktik konsumsi berkelanjutan melalui TikTok. Menjadikan pengikut akun @aksibumi.id berusia 18–24 tahun sebagai sasaran pemberdayaan, Greensumerism bertujuan meningkatkan pengetahuan terhadap produk ramah lingkungan dan konsumsi berkelanjutan. Pelaksanaan program dimulai dari Persiapan Program, Pre-Greensumerism, Pretest, Greensumerism Series, dan Post-test. Capaian program ialah peningkatan pengetahuan terhadap produk ramah lingkungan dan konsumsi berkelanjutan sebesar 48%, yang diukur melalui pengisian pretest dan post-test. Secara keseluruhan, program Greensumerism sebagai intervensi dalam memberdayakan konsumen generasi Z telah terlaksana secara efektif dan tepat sasaran.
Referensi
[KLHK] Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, [BAPPENAS] Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2020. Kerangka Kerja Strategi Pencapaian Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan Indonesia Tahun 2020-2030. Jakarta: Pusat Standarisasi Lingkungan dan Kehutanan.
[YPB] Yayasan Pembangunan Berkelanjutan, [UNEP] United Nations Environment Programme. 2014. Pengantar Pemahaman Pendidikan Konsumsi Berkelanjutan (PKB) Di Indonesia: Rekomendasi nasional dan panduan bagi pengambil kebijakan dan pendidik.
Bennett N, Hays D, Sullivan B. 2022. 2019 Data Show Baby Boomers Nearly 9 Times Wealthier Than Millennials. United States Census. [diunduh 2024 Apr 2]. Tersedia pada: https://www.census.gov/library/stories/2022/08/wealth-inequality-by-household-type.html
Bur R, Ayuningtyas F, Muqsith MA. 2023. Pemanfaatan TikTok sebagai media informasi baru generasi Z. J. Komun. Nusant. 5(2):189–198. doi:https://10.33366/jkn.v%vi%i.260.
Dragolea LL, Butnaru GI, Kot S, Zamfir CG, Nuţă AC, Nuţă FM, Cristea DS, Ştefănică M. 2023. Determining factors in shaping the sustainable behavior of the generation Z consumer. Front. Environ. Sci. 11(January):1–21. doi:10.3389/fenvs.2023.1096183.
Gomes S, Lopes JM, Nogueira S. 2023. Willingness to pay more for green products: A critical challenge for Gen Z. J. Clean. Prod. 390(July 2022):1–8. doi:10.1016/j.jclepro.2023.136092.
Khairunnisa H, Komsiah S. 2023. Pengaruh konten tiktok terhadap pengetahuan seputar karir kerja bagi mahasiswa. J. Ilmu Komun. 7(3):401–410.
Listiana I, Efendi I, Mutolib D A, Rahmat A. 2019. The behavior of extension agents in utilizing information and technology to improve the performance of extension agents in Lampung Province. J. Phys. Conf. Ser. 1155(1). doi:10.23960/jsp.v1i1.11.
Sali AHP. 2023. Indonesian gen Z work values, preference between startups and corporations, and intention to apply. J. Ekon. dan Kewirausahaan West Sci. 1(03):236–245. doi:10.58812/jekws.v1i03.518.
Somad KMSA, Fatmasari AE. 2024. Predicting sustainable consumption behavior among generation Z: Role of nature relatedness and environmental concern. Psychol. Res. Urban Soc. 7(1):25–38. doi:10.7454/proust.v7i1.1154.
Vidyana AN, Atnan N. 2022. Pengaruh konten edukasi tiktok terhadap pengetahuan mahasiswa: Sebuah kajian sosiologi pendidikan. J. Basicedu. 6(4):7131–7144. doi:10.31004/basicedu.v6i4.3453.
Yuliati LN, Simanjuntak M. 2022. Pendidikan dan Perlindungan Konsumen. Bogor: IPB Press: IPB Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Frishe Maulidiannisa Pangestu, Megawati Simanjuntak, Andika Januar Saleh
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.