Pelatihan Buku Ajar bagi Mahasiswa Program Studi PBSI Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Baturaja

Penulis

  • Muhamad Rama Sanjaya Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikam, Universitas Baturaja, Indonesia
  • Aryanti Agustina Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikam, Universitas Baturaja, Indonesia
  • Erina Oktavia Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikam, Universitas Baturaja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jpmii.533

Kata Kunci:

Bahan Ajar, Pengabdian, Pelatihan

Abstrak

Permasalahan mitra dalam penyuluhan ini adalah sebagai berikut: mahasiswa kesulitan dalam mencari bahan ajar yang sesuai dan kontekstual untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran, minat mahasiswa dalam menyusun dan mengembangkan bahan ajar di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Baturaja sangat tinggi Adapun metode yang digunakan adalah metode pembelajaran secara langsung. Tujuan kegiatan yang ingin dicapai dalam pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang proses penyusunan bahan ajar, memberikan pemahaman, daya tarik dan sosialisasi tentang penyusunan bahan ajar. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran secara langsung. Sedangkan solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra secara sistematis sesuai dengan prioritas permasalahan di Program Studi Bahasa dan Sastra IndonesiaUniversitas Baturaja adalah dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan mengenai penyusunan bahan ajar dengan baik dan benar. Hasil kegiatan ini berisi proses penyusunan bahan ajar, memberikan pemahaman, daya tarik dan sosialisasi tentang penyusunan bahan ajar. Sedangkan solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra secara sistematis sesuai dengan prioritas permasalahan di Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Baturaja adalah dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan mengenai penyusunan bahan ajar dengan baik dan benar.

Referensi

Ariani, Nurlina, dkk. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Ginantara, A., & Aguss, R. M. (2022). Pengembangan bahan ajar permainan bola besar sebagai sumber belajar di SMA Negeri 1 Trimurjo. Journal Of Physical Education, 3(2), 26-33.

Inayati, M. (2023). Langkah-langkah Pengembangan Bahan Ajar PAI (Pendidikan Agama Islam). Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 115-123.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Magdalena, I., Kurniawati, A., & Pertiwi, D. (2020). Mengembangkan bahan instruksional melalui model-model pembelajaran di sekolah dasar negeri jati mulya 2. NUSANTARA, 2(3), 458-472.

Misrawati, M., & Suryana, D. (2022). Bahan ajar matematika berbasis model pembelajaran tematik terhadap kemampuan berhitung anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298-306.

Nasruddin, dkk. (2022). Pengembangan Bahan Ajar. Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.

Sujinah, dkk. (2022). Panduan Penetapan Bahan Ajar Sekolah.Surabaya: UM Surabaya.

Trinaldi, A., Bambang, S. E. M., Afriani, M., Rahma, F. A., & Rustam, R. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9304-9314.

Setiawan, Denny, dkk.. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wijaya, Candra, dkk. (2023). Manajemen Pengembangan Komp[etensi Guru. Medan: Umsu Press.

Diterbitkan

05-08-2024

Cara Mengutip

Sanjaya, M. R., Agustina, A., & Oktavia, E. (2024). Pelatihan Buku Ajar bagi Mahasiswa Program Studi PBSI Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Baturaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(4), 473–482. https://doi.org/10.54082/jpmii.533