Workshop Pembuatan Chunky Bag sebagai Strategi Promosi Ekowisata Kampung Keranggan, Tangerang Selatan, Banten
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.522Kata Kunci:
Branding Digital, Chunky Bag, Ekowisata, Literasi Digital, Promosi Wisata, WorkshopAbstrak
Ekowisata Kampung Keranggan di Tangerang Selatan menghadapi keterbatasan literasi digital pengelola wisata dan pelaku UMKM sehingga promosi destinasi belum optimal. Kegiatan Kuliah Peduli Negeri (KPN) merespons masalah tersebut melalui workshop Fun and Creative Learning yang memfokuskan pada pembuatan suvenir chunky bag sekaligus pelatihan branding dan pemasaran digital. Metode pelaksanaan mencakup asesmen kebutuhan, pendampingan teknis, dan evaluasi partisipatif. Sebanyak 30 peserta—pengelola desa wisata dan pelaku UMKM—mengikuti tujuh sesi materi tentang etika bermedia sosial, personal branding, copy-writing, fotografi produk, serta penggunaan Canva dan CapCut untuk konten kreatif. Hasil monitoring menunjukkan: (1) peningkatan skor literasi digital rata-rata peserta sebesar 46 %; (2) terciptanya 12 konten promosi baru di akun Instagram @ekowisata_keranggan dengan kenaikan engagement rate dari 0,8 % menjadi 3,4 %; dan (3) penjualan perdana tiga unit chunky bag pada hari pelaksanaan workshop. Temuan ini menegaskan efektivitas pendekatan kolaboratif berbasis kreativitas dalam memperkuat citra destinasi dan membuka peluang ekonomi lokal. Program lanjutan berupa klinik konten berkala dan integrasi marketplace direkomendasikan guna menjaga keberlanjutan dampak.
Referensi
Afrilia, A. M., Arifina, A. S., & Rumah, P. P. (2020). Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Penerbit Pustaka Rumah C1nta.
Arisandy, Dona (2019) Komunikasi Interpersonal Dalam Mengelola Konflik Pada Hubungan Jarak Jauh Suami – Istri (Studi Kasus Di Dusun Ngawurejo, Grobogan 27 Januari – 04 Maret 2019). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Arviana, N. (2023). Komunikasi Interpersonal: Panduan Membangun Keterampilan Relasional Kontemporer. Bumi Aksara.
Drs. Syahrul Abidin, MA. (2022). Komunikasi Antar Pribadi. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup
Gunawan, Ade Indra (2018) Komunikasi Interpersonal Dosen School Of Design Universitas Bina Nusantara Dalam Memotivasi mahasiswa Untuk Menyelesaikan Studi Tepat Waktu.
Hayya, Alika Fadya (2023) Pola Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Saat Di Rumah.
Nasor, M. (2017). Pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi interpersonal. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 11(1), 17-35.
Putriana, M., Puspitasari, W., Sugiarto, A., Muharam, Y. A., & Darmawan, T. (2023). Penerapan Komunikasi Interpersonal pada Media Sosial: SMK N 1 Babelan Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(4), 44-55.
Savira, Nasichah, dan Labiq (2023). “Penerapan Komunikasi Interpersonal pada Media Sosial.” Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial 1(4): 44–55. https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i4.1507.
Savira, R., & Labiq, A. (2023). Peran Komunikasi Interpersonal dalam Penyelesaian Konflik di Media Sosial. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 4(01), 37-43.
Savira, Rini, Nasichah, dan Ahmad Labiq. (2023). “Peran Komunikasi Interpersonal dalam Penyelesaian Konflik di Media Sosial.” Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 4(01): 37–43.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Reyna Anggun Puspita, Khairunisa Khalilah, Poppy Septiarani, Ageng Syahputra, Ajeng Yulia Cahyaningtyas, Oklin Fia Putri, Alifia Humaira

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.