Pelatihan Ekonomi Kreatif untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat

Penulis

  • I Gede Adiputra Program Studi S1 Manajemen, Universitas Tarumanagara Jakarta, Indonesia
  • Celine Kimnova Program Studi S1 Manajemen, Universitas Tarumanagara Jakarta, Indonesia
  • Robert Deviana Program Studi S1 Manajemen, Universitas Tarumanagara Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jpmii.506

Kata Kunci:

Industri Kreatif, Kewirausahaan, Pengembangan

Abstrak

Semakin menipisnya sumber daya alam dapat dimitigasi melalui kehadiran sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam bidang pembangunan ekonomi, kewirausahaan agak terabaikan, padahal peranannya sangat penting. Kecamatan Lembang di Kabupaten Bandung Barat menggunakan strategi pengembangan ekonomi kreatif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan. Hal ini melibatkan pelaksanaan sesi pelatihan, ceramah, dan diskusi yang berfokus pada pengembangan pemikiran kreatif. Metode yang digunakan mengutamakan pertanyaan dan bimbingan yang berorientasi pada peserta. Tujuan Pelatihan Ekonomi Kreatif UMKM di Kabupaten Lembang adalah untuk menumbuhkan pola pikir kewirausahaan, dengan mempertimbangkan semakin berkembangnya tantangan global dan persaingan yang menuntut UMKM cerdas dan terampil. Penerima pengabdian kepada masyarakat yang dituju adalah para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.  Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, diskusi, pendampingan berkelanjutan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan kegiatan ini berhasil, meskipun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Semua peserta memberikan umpan balik positif melalui pengisian formulir Google. Terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat akan meningkatkan pemahaman dan keahlian para pelaku UMKM dalam menjalankan operasional usahanya, sehingga memudahkan mereka untuk terus tumbuh dan berkembang.

Referensi

Achmad, N., Saputro, E., & Handayani, S. (2016). Kewirausahaan Di Era Digital. Jakarta: Direktorat Penelitian Pengabdian Masyarakat Dirjen Dikti.

Destiani, D. P. (2016). Penerapan Marketing Publik Relations pada Industri Farmasi Sebagai Strategi Dalam Peningkatan Daya Saing Industri Farmasi Sebagai Strategi Dalam Meningkatan Daya Saing Industri.

Dyanasari, & Asnah. (2018). Buku manajemen Usaha Kecil dan Kewirausahaan .

Hapsari, D., & A.N., H. (2017). Model Pembukuan Sederhana Bagi Usaha Mikro Di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. Jurnal Akuntansi, 4(2), 36.

Hasanah, M. (2015). Pengaruh Pemberian Hadiah Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V NU Pakis Malang. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hasyim, D. (2013). Kualitas Manajemen Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus Pada Distribution Store (Distro) Di Kota Medan). Jurnal Jupiis, 5(2).

Hubeis, M. (2009). Prospek Usaha Kecil dalam Wadah Inkubator Bisnis. Ghalia Indonesia.

Ika Sari Dewi, S. S. , M. Si., & I.K. Sihombing, M. S. (2019). Buku Kewirausahaan dan Manajemen Strategis UKM Pedesaan (Bidang Ilmu Ekonomi).

Undang-Undang No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Diterbitkan

23-07-2024

Cara Mengutip

Adiputra, I. G., Kimnova , C., & Deviana, R. (2024). Pelatihan Ekonomi Kreatif untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(4), 427–434. https://doi.org/10.54082/jpmii.506