Penguatan Branding Pelaku UMKM Kuliner melalui Media Digital di Kampung Bencongan, Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.498Kata Kunci:
Branding, Komunikasi Pemasaran, Kampung Bencongan, Media Sosial, UMKMAbstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan pendapatan masyarakat setempat. Seiring dengan perkembangan teknologi, digitalisasi semakin memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan keberlangsungan UMKM, dengan memberikan akses terhadap platform e-commerce, pembayaran digital, pemasaran online, dan alat manajemen bisnis. Pengembangan branding adalah langkah penting yang perlu dilakukan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan branding para pelaku UMKM Kuliner yang ada di Kampung Bencongan. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman akan pentingnya branding dalam konteks digital, keterampilan terbatas dalam pemasaran digital, serta minimnya pelatihan dan pendampingan mengenai strategi branding. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan pelatihan melalui program Kuliah Peduli Negeri. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman para pelaku UMKM Kuliner dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana yang dapat digunakan untuk mengembangkan maupun memperkuat branding usaha mereka, yang didukung dengan hasil kuesioner yang diberikan di akhir kegiatan.
Referensi
Atmojo, M. E., & Sofyan, N. (2022). BRANDING DAN PEMASARAN UMKM EMPING KETELA MELALUI MEDIA SOSIAL. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.41.808
Djakasaputra, A., & Candra, R. (2021). PELATIHAN MANAJEMEN UMKM DAN KEWIRAUSAHAAN DI PANTI ASUHAN ASIH LESTARI DADAP TANGERANG.
Elvira, N. (2022). FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN.
Fatmawati, E., Jusnita, R. A. E., Gymnastiar, I. A., & Indrawati, R. S. (2023). LEVERAGING SOCIAL-MEDIA: BUILDING EXCEPTIONAL BRAND IMAGE AND BRAND AWARENESS.
Mashuri, M. (2019). Analisis Strategi Pemasaran UMKM Di Era 4.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 215–224. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.175
Nurisna, A. B., Rochmaniah, A., Febriana, P., Amin, M. W., Abidin, I., & Umroh, L. A. (2023). Pelatihan Branding UMKM Pukis dan Piscok. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 3(2), 143–151. https://doi.org/10.37640/japd.v3i2.1833
Rifianita, V., Falah, R. M., Pangestu, S., & Metasari, A. (2022). PELATIHAN BRANDING PRODUK UMKM DAN DIGITAL BRANDING KERUPUK KULIT “RAMBAKKU“.
Sutrisno, A., Sugeng Edy Mulyono, Hosnol Wafa, & Indra Tjahyadi. (2021). Strategi Marketing UMKM di Desa Widoro Kecamatan Krejengan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 91–96. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.13
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Gadis Octory, Afifah Zahrah Khairunnisa, Kamila Triana Martiadini

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.